5 Tips Nyari Kost Yang Pantas Mendapatkan Duitmu Tiap Bulan

by DuitPintar 498 views0

mencari kos-kosan thumbnail

Kamu mau mulai kerja di tempat yang jauh dari tempat tinggalmu. Mengingat kamu bukan kura-kura, opsi untuk bawa rumah sendiri kayaknya susah ya?

 

Kamar kost pun jadi pilihan paling menarik untuk kamu yang kerja di kota, tapi rumah di pinggiran. Soalnya, jujur aja nih, gaji belum cukup untuk sewa apartemen, apalagi beli properti di tengah kota deh!

 

Nah, nyari kamar kost yang yahud gimana? Coba 5 tips nyari kost berikut ini deh!

 

1. Cari, cari dan cari.. di Mbah Google

Untuk gantiin usaha mondar-mandir, tinggal browsing deh
Untuk gantiin usaha mondar-mandir, tinggal browsing deh

 

 

Kalau zaman dulu, nyari info tentang rumah kost mungkin sebatas iklan baris di surat kabar yang ga ada fotonya. Ga jarang orang sudah capek-capek datang ingin survey tempat, eh ga taunya bangunan kost-nya cuma 500m dari Kali Ciliwung.

 

Ada juga metode nyari kost dengan tanya-tanya ke teman atau kerabat, alias berita dari mulut ke mulut. Tapi itu berarti pilihan terbatas. Syukur-syukur kalau ada yang bisa ngasih info. Kalau enggak? Ya alamat keburu jenggotan nyari kamar kost.

 

Nah kalau di zaman modern ini? Untung, ada mbah Google!

 

Tinggal ketik kata kunci yang berisi bujet bulanan untuk bayar kamar kost, beserta daerah yang diinginkan. Keluar deh tuh hasil penelusuran yang bejibun.

 

Tapiiii…., ada tapinya nih. Bukan berarti semua iklan online itu terpercaya dan bonafide. Jadi kamu musti tetap pintar-pintar milih dan waspada.

 

Kalau iklannya kadaluarsa, ya jangan ditindaklanjuti. Kalau iklannya ga punya foto atau deskripsi yang jelas, ya dilewatin aja.

 

Namun, saat kamu nemu sesuatu yang menurutmu menjanjikan, periksa lebih lanjut. Langsung hubungi telpon kost tersebut dan tanya-tanya lebih lanjut: apakah kost tersebut sesuai dengan semua kriteriamu?

 

Boleh tanya harga sewa bulanan, boleh juga tanya penghuninya kebanyakan cewek atau cowok jika kamu niat cari jodoh. Intinya, dengan ‘investigasi’ via telpon ini, kamu bisa memutuskan untuk lanjut survey kost itu atau ga. Jadi kamu ga buang-buang waktu untuk mendatangi kost yang menurutmu nggak menjanjikan.

 

2. Nongkrong di warkop terdekat

ngopi sambil gali informasi
Ngopi sambil gali informasi

 

 

Nah, saat kamu sudah mutusin untuk mendatangi kost itu untuk survey lebih lanjut, coba pantau lingkungan sekitar. Kehidupanmu di tempat tinggal baru pasti akan terikat erat dengan daerah sekitar, kan?

 

Makanya, coba sisihkan waktu untuk nongkrongin lingkungannya tersebut. Apakah di sekitar kamu diisii dengan karyawan-karyawan kantoran? Mahasiswa? Atau mungkin berandal-berandal lokal yang kerjaannya mabok dan cari masalah?

 

Setelah mempelajari hal yang harus dihindari, sekarang yang harus dicari. Perhatikan di sekitar kost apakah ada warung, toko, maupun rumah makan yang masih di dalam jangkauan jalan kaki untuk menghemat pengeluaran transportasi.

 

Gak perlu susah-susah kok, dimana ada kost, biasanya dalam radius 50m ada warkop alias warung kopi.

 

Agar sekali menyelam minum air, tongkrongin deh tuh warkop dan ajak ngobrol orang-orang yang lagi di situ. Jangan sombong-sombong. Dari obrolan itu kamu bisa membayangkan lingkungan calon kost-mu itu. Itung-itung sambil cari kenalan baru.

 

3. Kenali kost

Kamu bakal nempatin bangunan ini dalam waktu yang lama. Pastiin kamu suka.
Kamu bakal nempatin bangunan ini dalam waktu yang lama. Pastiin kamu suka.

 

 

Kamu sudah mempelajari suasana eksternal kost yang kamu incar. Sekarang waktunya pahami gimana situasi di dalam.

 

Dua contoh simpel yang sering dilewatkan dan ujung-ujungnya bikin nyesel di kemudian hari :

 

– Pemilik kost yang rese’ atau suka ngegosip

– Larangan membawa peralatan elektronik sendiri

 

Pahami apa yang akan kamu butuhkan dan pastikan calon kostmu bisa mengakomodir kebutuhanmu. Contohnya, kalau kamu bisa masak, ada beberapa kost yang menyediakan dapur untuk penghuni. Ini bisa jadi penghematan daripada musti selalu makan di luar.

 

4. Pelajari sistem pembayaran

Gak pake gocengan juga kaliiiii
Gak pake gocengan juga kaliiiii

 

 

Ini bisa jadi titik paling krusial dalam upaya penghematanmu. Beberapa kost punya sistem di mana konsumsi air dan listrik sudah termasuk dalam uang sewa bulanan. Cuma mungkin peralatan elektronikmu akan dibatasi. Misalnya, cuma bisa pakai kipas angin, atau gak boleh bawa kulkas.

 

Nah, sekarang tergantung kamu. Apakah mau menghemat dalam membayar uang bulanan? Apakah mau tidur dengan kipas angin saja atau butuh AC? Apakah mau berbagi kulkas dengan penghuni lainnya? Semuanya terserah kamu!

 

Tapi ada juga yang memiliki sistem bayar sendiri listrik dan air yang digunakan, dan biasanya yang menggunakan sistem tersebut memiliki tarif uang sewa bulanan yang lebih murah. Tinggal kamu sendiri deh pilih yang menurutmu cocok.

 

Dan satu lagi, poin tambahan yang penting dipertimbangkan..

 

5. Musim ramai = harga sewa melonjak

Mungkin kamu suka dengan keramaian, tapi bukan pas nyari kost
Mungkin kamu suka dengan keramaian, tapi bukan pas nyari kost kan?

 

 

Kamu butuh tempat tinggal baru di area yang dekat dengan kantormu. Begitu juga kamu dan ratusan, bahkan ribuan orang lain!

 

Jangan sampai kejebak di situasi di mana kamu butuh tempat tinggal cepat, sementara pilihan-pilihan yang bagus sudah direbut orang lain. Nanti kamu bisa jadi putus asa dan ngambil pilihan yang sebenernya jelek karena kepepet. Belum lagi ada beberapa pemilik yang suka menaikkan harga sewa di musim ramai.

 

Jadi, sebisa mungkin rencanakan, cari, dan kalau memungkinkan,segera DP kost incaranmu, bayar didepan jadi kamu bisa “jaga” biar gak keburu ditempatin orang lain. Sebisa mungkin jauhi musim ramai, seperti pergantian tahun ajaran sekolah/kampus. Tau sendiri kan jumlah siswa dan mahasiswa yang selalu membludak tiap awal tahun?

 

 

Intinya, musti cermat dan rela meluangkan waktu untuk berencana sih. Karena, kamu pasti kan gak mau tinggal di tempat kost yang bikin kamu cemberut kayak orang sakit gigi. Ya kaannn?

 

 

 

Image credit:

  •  http://seniorscomputer.net/wp-content/uploads/2012/06/stockvault-woman-using-computer115011.jpg
  • http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2013/09/1378145261698838362.jpg
  • https://kostpranacitra.files.wordpress.com/2009/06/gpc1.jpg
  • http://3.bp.blogspot.com/-0XpE_oWz08I/TfOcmj0D8eI/AAAAAAAAARU/bnzEOrqioy0/s1600/Foto0252.jpg
  • http://murtiyarini.staff.ipb.ac.id/files/2013/04/20130424_121153-1024×768.jpg

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com