Gak Perlu Pusing KTA Ditolak, Coba Over Kredit Kendaraan ke Leasing Buat Dapat Dana Segar

by DuitPintar 5.878 views0

over kredit kendaraan

Bagi sebagian orang, dunia serasa runtuh saat permohonan kredit tanpa agunan (KTA) ditolak. Mereka belum tahu sih, ada cara lain buat dapat dana segar secara aman dan praktis dari lembaga resmi.

 

[Baca: Aplikasi Kredit Sering Ditolak? Coba Cek Status Blacklist BI Kamu]

 

Kalau di rumah punya kendaraan yang masih dalam masa cicilan alias kredit, tawarkan saja alat transportasi itu ke pihak lain dengan cara over kredit. Kita bisa dapat duit yang dibutuhkan dari skema over kredit ini.

 

Biasanya over kredit dilakukan orang per orang. Tapi cara ini tentunya cukup ribet karena bakal memerlukan tiga pihak yang terlibat:

 

  1. Pemilik kendaraan
  2. Yang mau ambil over kredit
  3. Leasing

 

Masing-masing pihak harus tanda tangan berkas ini-itu. Ngurus dokumen BPKB yang belum jadi. Semuanya harus dengan diketahui tiga pihak itu.

 

Beda kalau over kredit itu dilakukan langsung ke pihak leasing alias perusahaan pembiayaan. Tapi tentu bukan ke leasing yang menangani kredit kendaraan kita. Lah, emangnya bisa? Bisa, dong….

 

[Baca: 3 Trik untuk Mengambil Keputusan Kredit Motor dengan Bijak]

 

Baik mobil maupun sepeda motor yang masih dikredit di leasing A bisa dialihkan cicilannya ke leasing B. Tapi, ada sederet syarat yang harus dipenuhi.

 

Berikut ini persyaratan yang umumnya ditetapkan dalam over kredit kendaraan ke leasing:

 

Unit Sepeda Motor

  • Sisa angsuran maksimum 6 x bayar atau sisa pokok utang bisa ditutup dengan perhitungan yang ditentukan sendiri oleh leasing tersebut.
  • BPKB di leasing sebelumnya dipastikan bisa langsung keluar saat cicilan lunas.
  • Ada print out bukti pembayaran kredit.
  • Pelat nomor kendaraan sesuai dengan domisili leasing dan pemilik kendaraan.
  • Tahun produksi kendaraan di atas 2005.

 

over kredit kendaraan

 

Unit Mobil

  • Sisa angsuran maksimum 12 x bayar atau sisa pokok utang bisa ditutup dengan perhitungan yang ditentukan sendiri oleh leasing tersebut.
  • BPKB di leasing sebelumnya dipastikan bisa langsung keluar saat cicilan lunas.
  • Ada print out bukti pembayaran kredit.
  • Pelat nomor kendaraan dari seluruh Indonesia.
  • Tahun produksi kendaraan di atas 2005.

 

Skema over kredit kendaraan ke leasing untuk mendapat dana segar ini adalah leasing A akan mengambil alih pembayaran cicilan ke leasing B sampai BPKB keluar. Sedangkan pemilik kendaraan akan mendapat dana pinjaman dari leasing A untuk dilunasi kemudian.

 

Besarnya dana yang bisa cair bergantung pada sisa angsuran dan ketetapan leasing A. Jaminan over kredit ini adalah BPKB yang didapat dari leasing B tadi.

 

Misalnya Pak Adi butuh dana segar Rp 5 juta. Permohonan KTA-nya ditolak, tapi dia gak ada aset yang bisa dijadikan jaminan buat dapet kredit multiguna. Dia hanya ada motor mio tahun 2014 yang masih dikredit, jadi belum ada BPKB.

 

Dalam masalah kayak gini, solusi buat Pak Adi adalah over kredit motor itu untuk dapet duit tunai. Sisa cicilannya 6 x sebesar Rp 700 ribuan per bulan ke leasing PT ABC. Nah, dia mau over kredit kendaraan itu ke leasing PT XYZ.

 

Perinciannya:

  • Sisa cicilan ke PT ABC= 6 X Rp 700 ribu= Rp 4,2 juta
  • Motor Mio pak Adi dihargai sebesar Rp 9 juta oleh PT XYZ
  • PT XYZ memberi pinjaman sebesar Rp 9 juta, dengan syarat:
    • Rp 4,2 juta dari dana yang dikirim PT XYZ harus dibayarkan Pak Adi ke PT ABC untuk melunasi motornya
    • BPKB motor kemudian dipegang oleh PT XYZ sebagai jaminan

 

Dengan begitu, total dana segar yang diperoleh Pak Adi:

 

= Pinjaman dari PT XYZ – sisa kredit motor ke PT ABC

= Rp 9 juta – Rp 4,2 juta

= Rp 4,8 juta

 

Dengan begitu, Pak Adi kini hanya berutang pada PT XYZ sebesar Rp 9 juta. Pak Adi pun mengambil skema pembayaran selama 12 bulan.

 

Meski demikian, tentu saja terdapat bunga dalam proses over kredit kendaraan ini.  Sekarang, Pak Adi harus membayar sebesar Rp 875 ribu per bulannya.

 

over kredit kendaraan

 

 

Simpel, kan? Tinggal siapkan saja berkas-berkas yang bakal diminta. Biasanya berkas yang diperlukan untuk over kredit kendaraan ke leasing ini antara lain fotokopi:

  • KTP
  • KK
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Slip gaji/surat keterangan penghasilan/laporan keuanga usaha

[Baca: Tidak Mampu Bayar Cicilan Mobil? Ini Solusinya]

 

Jadi, aplikasi KTA ditolak bukan masalah besar. Mirip dengan KTA, proses over kredit ini gak membutuhkan waktu yang panjang. Paling seminggu diurus, dana segar sudah bisa keluar.

 

Tapi ingat, over kredit ini bukan cara untuk lolos dari utang. Sebab utang itu tetap ada, cuma membayarnya ke tempat yang beda.

 

Over kredit pun ada aturannya, yaitu harus dilakukan secara resmi dengan memberitahu pihak leasing awal. Dalam kasus Pak Adi, PT ABC harus tahu bahwa cicilan Pak Adi akan dilunasi PT XYZ.

 

Selain itu, hindari over kredit ke individu. Apalagi tanpa diketahui pihak leasing. Kalau individu itu gak melanjutkan cicilan, kita yang akan ditagih leasing karena pembelian motor itu masih atas nama kita.

 

over kredit kendaraan

 

 

Yang pasti, kalau KTA ditolak jangan sampai datang ke rentenir. Memang, duit pinjaman bisa keluar saat itu juga. Tapi risikonya itu lho.

 

Rentenir itu sifatnya individu, gak ada peraturan dari pemerintah soal bunga dan penagihan pinjaman. Mau dibebani bunga super tinggi dan diteror debt collector yang kerjanya nagih pakai kekerasan?

 

[Baca: Melaporkan Rentenir ke Polisi Itu Kira-kira Gimana Ya?]

 

Mending over kredit ke leasing banget lah ya. Untuk mengetahui persyaratan yang ditentukan untuk over kredit, tanyakan langsung ke leasing terkait karena tiap leasing punya kebijakan berbeda-beda.

 

 

 

DuitPintar.com memberi berbagai pilihan produk kredit multiguna di Indonesia. Anda dapat membandingkan untuk mendapatkan produk yang paling tepat untuk Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung mengajukan aplikasi online untuk produk pilihan Anda.

 

 

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com