Ikuti Prosedur Klaim Kendaraan yang Rusak Ini, Sebelum Mencak-Mencak Karena Ditolak

by DuitPintar 3.970 views0

prosedur klaim kendaraan

Pernah lihat pengendara mobil marah-marah tak karuan di jalan karena mobilnya diserempat sepeda motor? Mungkin saja dia tak punya asuransi kendaraan bermotor. Itu sebabnya dia dongkol bahkan sampai adu otot, soalnya sudah membayangkan bakal keluar duit banyak buat perbaikan.

Kalau mobilnya sudah diasuransikan, emosinya mungkin bisa lebih ditahan. Karena duit yang dia keluarkan untuk membuat mobil kembali mulus lebih sedikit. Mungkin, ya…

Begitu juga dengan pengendara sepeda motor yang harganya terbilang tinggi. Sebut saja Honda CBR 250 cc yang harganya di atas Rp 40 juta. Pengendara motor mahal itu bakal lebih tenang melaju di jalanan kalau motornya sudah diasuransikan. [Baca: Asuransi Motor All Risk Pas untuk Tunggangan yang Harganya Puluhan Juta ke Atas]

Tapi gak cuma motor mahal yang bisa diasuransikan. Motor standar juga bisa dapat asuransi. Biasanya motor standar asuransinya total loss only atau hanya bisa klaim kalau motor hilang. Kalau motor rusak hingga lebih dari 75 persen juga akan mendapat klaim asuransi . [Baca: Alasan Logis Memilih Asuransi TLO (Total Loss Only) Adalah …]

Harus Ikuti Prosedur

Jika terjadi insiden, cukup klaim ganti rugi kerusakan ke pihak asuransi, dan mobil/motor bisa sembuh seperti sedia kala tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Tapi, untuk memastikan klaim asuransi kendaran bermotor cair, pastikan ikuti prosedur klaim kendaraan dengan benar. [Baca: Ini Aturan Kredit Kendaraan Bermotor yang Jarang Diketahui]

orang lagi klaim asuransi mobil
Kalau prosedur bisa dilompat-lompati, semua orang bakal klaim sembarangan, bisa jadi pohon uang ni asuransi. Wah, saya juga mau dong. (beli asuransi mobil/Asuransi mobil)

Prosedur klaim asuransi mobil/motor cukup mudah, kok. Yang penting kita teliti dan tak menganggap enteng urusan administrasi.  Berikut ini tahap klaim asuransi kerusakan kendaraan bermotor:

1. Langkah pertama

Jika terjadi kecelakaan yang membuat kendaraan rusak, langsung foto bagian yang rusak. Ini terutama kalau kendaraan itu rusak berat atau bahkan sampai tak bisa jalan. Foto ini penting sebagai bukti saat klaim asuransi nanti.

2. Siapkan dokumen

Dalam polis asuransi ada informasi tentang dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan klaim. Siapkan semua berkas itu untuk dibawa ke bengkel. Syarat itu antara lain:

  1. Fotokopi polis asuransi
  2. Fotokopi SIM dan STNK
  3. Surat keterangan kepolisian (jika kendaraan rusak berat dalam kecelakaan parah)

3. Datangi bengkel rekanan

Setelah berkas terkumpul, datangi bengkel rekanan dan bilang hendak klaim asuransi. Bengkel rekanan akan menghubungi perusahaan asuransi dan menyurvei kerusakan. Jangan datangi bengkel yang bukan rekanan dan langsung melakukan servis. Kalau begitu, ya siap-siap saja klaim ditolak.

bengkel rekanan
Seandainya bisa klaim di bengkel mana saja, bisa nih minta dibenerin di bengkel milik saudara. Bisa digelembungin biayanya (Spooring/Rommy Jaya Motor)

Bila kecelakaan yang membuat mobil rusak terjadi di luar kota, segera hubungi kantor perwakilan perusahaan asuransi di daerah tersebut. Lalu ceritakan insiden itu dan minta petunjuk untuk melakukan klaim di sana. Batas maksimal untuk menghubungi perusahaan asuransi adalah 3 x 24 jam setelah kecelakaan.

4. Isi formulir

Saat berada di bengkel, kita akan disodori formulir klaim. Isilah formulir tersebut dengan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya. Jangan menganggap enteng detil-detil kejadian seperti jam berapa, nomor jalan, dan sebagainya. Terus, jangan coba-coba berbohong, karena mereka pasti akan mengecek.

Kalau tidak begitu, berarti tidak niat untuk dapat klaim. Pasalnya, jika data pada formulir tidak sesuai dengan yang ada di lapangan, seratus persen bakal ditolak deh!

Setelah semua tahap di atas dilalui, tinggal tunggu kabar dari bengkel. Jika kerusakan hanya lecet sedikit, paling 2-3 hari sudah kelar. Maksimal 7 hari.

Tapi kalau kerusakannya parah sekali, bisa dua minggu bahkan sampai sebulan waktu perbaikan. Apalagi jika harus mendatangkan spare part dari luar negeri alias impor. Barang tersebut baru tersedia setelah mendapat order.

Jadi kalau bengkel mengatakan harus order spare part dulu, minta kepastian kapan kendaraan bisa diambil. Khusus mobil, kebanyakan perusahaan asuransi sekarang menyediakan kendaraan pengganti buat mobil yang harus menginap di bengkel dalam jangka waktu lama.

Tapi ya itu, biasanya ada stiker “mobil pengganti PT bla..bla..bla..” tertempel di mobil tersebut. Kalau tak merasa risih dengan adanya stiker itu, kita bisa meminta mobil lainnya. Tapi bantuan itu umumnya berakhir 5 x 24 jam setelah mobil kita masuk bengkel.

mobil lecet lagi dibenerin
Seandainya benerin hati yang pecah sama cepetnya kayak benerin mobil yang lecet….huft (poles body mobil/Nasmoco)

Itulah tahap demi tahap prosedur klaim asuransi mobil dan motor pada umumnya. [Baca: Bayar Premi, Tapi Klaim Asuransi Mobil Ditolak? Sakitnya Tuh di Siniii]

Pastikan lalui tahapannya sesuai dengan aturan agar klaim asurasi cair. Jadi, premi yang sudah dibayar tidak mubazir dan kita tak perlu mencak-mencak.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com