Investasi Saham Online dengan Modal Sedikit Bisa Untung Selangit, Gak Percaya?

by DuitPintar 1.999 views0

investasi saham online

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Saat mendengar kata saham, banyak orang yang biasanya langsung manyun lima senti. Soalnya, saham dipandang sebagai sesuatu yang wah, sukar dipahami, ajaib dan sebagainya.

 

Padahal saham, khususnya investasi saham, ramah juga buat pemula kok. Keliru kalau mengira butuh modal gede untuk berinvestasi saham.

 

Hanya dengan duit ratusan ribu pun kita juga bisa berstatus investor saham. Meski begitu, potensi keuntungannya sangat besar.

 

Cara Kerja Investasi Saham

Seperti dijelaskan Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah suatu tanda penyertaan modal di perusahaan atau perseroan terbatas (PT). Jadi, jika kita punya saham di PT Trans Corp, misalnya, artinya kita ikut memodali perusahaan itu.

 

Atas penyertaan modal ini, kita berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham PT Trans Corp. Laba perusahaan yang disebut dividen juga akan dibagi kepada kita sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

[Baca: Untungnya Investasi Saham Blue Chips Cari Tahu Lebih Yuk]  

 

 

Jangan cepat senang dulu ya. Jika perusahaan itu merugi, duit kita juga terkikis. Karena itu, performa perusahaan sangat mempengaruhi hasil investasi saham.

 

Ketika performa perusahaan turun, otomatis harga sahamnya ikut merosot. Demikian juga sebaliknya.

 

investasi saham online

Aduuuh, pening kepalaku kalau merosot terus! Sabar masbro hehehe

 

 

Misalnya kita beli saham 100 lembar saham dengan harga Rp10 ribu per lembar. Artinya, duit yang kita keluarkan Rp1 juta. Jika kemudian performa perusahaan naik dan harga saham meningkat menjadi Rp20 ribu per lembar, nilai saham kita menjadi Rp2 juta.

 

Selain itu, laba tentu mengikuti performa perusahaan yang naik. Jadi, dividen yang dibagikan ke pemegang saham otomatis meningkat pula.

 

Menjadi Investor Saham

Untuk menjadi investor saham, gak perlu pakai dasi dan jas dengan rambut klimis kekinian. Cukup datangi perusahaan sekuritas atau pialang/broker saham. Ada dua jenis perusahaan ini, yakni swasta (asing dan nasional) serta BUMN.

 

Perusahaan itu antara lain Mandiri Sekuritas dan BNI Sekuritas. Mendaftar ke perusahaan sekuritas sama kayak nabung di bank, jadi jangan khawatir. Siapkan dana untuk disetorkan dan berkas persyaratan, antara lain

– Fotokopi KTP

– Fotokopi NPWP

– Formulir aplikasi

 

Setoran dana minimum untuk bikin rekening saham biasanya Rp 1 juta. Setelah punya rekening saham, tinggal mainkan investasi ini.

 

1. Investasi saham online

Investasi saham jadi mudah berkat teknologi. Kamu tahu gak kalau kini ada yang namanya investasi saham online. Jual-beli saham bisa dikendalikan lewat gadget loh.

 

investasi saham onlne

Zaman serba canggih masa kamunya kudet sih!

 

Sejumlah perusahaan sekuritas punya aplikasi yang bisa diunduh dan dipasang di smartphone, contohnya MOST Mobile Mandiri Securities. Untuk bertransaksi saham, cukup buka aplikasi itu.

 

[Baca: Investasi Saham Online Murah Modal Cuma Rp 300 Ribu Siapa yang Nggak Tergiur]

 

 

2. Pilih saham

Untuk memastikan keuntungan, pilih saham dari perusahaan yang kinerjanya bagus. Kita bisa memantau kinerjanya lewat aplikasi online di atas.

 

Lihat rekam jejak perusahaan, apakah grafiknya meningkat, menurun, atau turun-naik. Yang kita pilih tentunya yang grafiknya naik.

 

3. Beli saham

Beli saham lewat aplikasi online cukup dengan sentuhan jari. Gak perlu sampai datang ke kantor perusahaan sekuritas. Untuk membeli saham online, kita bisa menyetor dana dulu untuk dipotong kemudian.

 

Menurut aturan, 1 lot saham sekarang terdiri atas 100 lembar saham. Dulu, 1 lot itu 500 lembar. Jadi, sekarang aturan lebih ringan dan ramah bagi investor pemula berkantong terbatas.

 

Dalam investasi saham, kita mesti rajin mengikuti berita ekonomi dan pasar tiap hari. Gunanya, bisa memilih perusahaan yang performanya bagus.

 

investasi saham online

Jangan cuma senang nonton berita gosip artis dong mbaksis, berita ekonomi dan pasar ikutin juga ya

 

 

Sebaiknya alokasikan juga dana cadangan untuk keperluan mendadak. Untuk jaga-jaga, jika kondisi pasar ambruk sehingga membuat harga saham terjun bebas.

 

[Baca: Siapa Bilang Investasi Reksa Dana Saham Bikin Rugi Ini Bukti Keungguannya]

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.bekasibusiness.com/cms/wp-content/uploads/2015/09/8187a955f969f87de10bb9897a4e7c7a-700×400.jpg
  • http://media.suara.com/thumbnail/api/images/2016/01/21/o_1a9gq3rtdg31l641r855aqmva.jpg?s=653×366&watermark=true
  • http://1.bp.blogspot.com/-3xXCI4psckA/UPz37HkgcTI/AAAAAAAAVmc/_Rz_Gjqc-xU/s1600/streaming-metro-tv-online.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com