Investor Pemula Harus Pahami Dulu Untung Rugi Investasi Ruko Sebelum Memutuskan

by Tifanny 625 views1

untung rugi investasi ruko

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Kini makin banyak orang gak takut terjun ke dalam investasi, khususnya investasi properti. Emang sudah bukan rahasia lagi kalau investasi properti jadi salah satu jenis investasi favorit para investor pemula.

Salah satu properti yang paling populer dijadikan sebagai instrumen investasi adalah Ruko atau rumah toko. Kenapa bisa jadi populer sih? Karena selain berfungsi sebagai rumah, properti ini dapat dijadikan tempat buka usaha.

Terbukti sudah banyak orang yang memilih ruko sebagai tempat usaha rumahan dan kantor. Sejatinya sih berinvestasi properti itu jangan hanya karena ikut-ikutan orang lain atau ikut trend.

Properti ada banyak sekali pilihannya mulai dari rumah tapak, apartemen, properti komersial seperti ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), tempat usaha di pusat perbelanjaan dan lainnya.

Investasi ruko memiliki keunikan tersendiri, karena orang yang membeli ruko memiliki motivasi untuk membuka usaha. Jarang ada orang yang membeli ruko, hanya sebagai rumah tinggal saja.

Buat para investor pemula, sebelum memutuskan, pahami dulu deh untung ruginya investasi ruko. Supaya gak ada penyesalan di kemudian hari.

Keuntungan Berinvestasi Ruko

– Investasi ruko lebih pas untuk rencana investasi jangka panjang, minimum 2 tahun. Orang yang mengontrak ruko, pasti memiliki pertimbangan untuk menjalankan usaha. Untuk pebisnis, menyewa ruko lebih minim resiko. Karena rata-rata bisnis di Indonesia membutuhkan waktu balik modal setelah 1 tahun.

untung rugi investasi ruko
Paling enak nih buka usaha di ruko, selain lebih murah, berasa kayak di rumah ya! (Ruko Tempat usaha / Gambar-rumah)

– Selain itu orang lebih suka mengontrak minimal 2 tahun, untuk mendapatkan harga kontrak yang terbaik (best price).

– Gak menutup kemungkinan orang yang mengontrak akan memperpanjang masa kontrak sebelum habis masa kontrak, jika bisnisnya makin maju.

– Permintaan ruko relatif cukup tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah wirausaha kini

Kekurangan Investasi Ruko

– Harga ruko, sangat bergantung pada lokasi, aksesbilitas dan tingkat ekonomi di sekitar lokasi. Ruko yang ramai biasanya punya lokasi strategis. Semisal, ada di pinggir jalan raya, dekat kawasan industri, dekat pusat kota, di jalan-jalan utama sebuah kota, dekat jalan tol dan lainnya.

– Investasi ruko juga sangat bergantung dan sensitif terhadap kondisi perekonomian sebuah tempat. Coba bandingkan harga ruko-ruko di daerah yang pusat ekonomi dan daerah bukan pusat ekonomi.

Nah, kalau sudah tahu untung ruginya investasi ruko, lalu apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum merealisasikannya?

1. Lokasi Ruko

Ingat ya, lokasi ruko akan sangat mempengaruhi harga sewa. Carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atau daerah dengan kondisi ekonomi yang hidup.

untung rugi investasi ruko
Lokasi strategis itu penting buat investasi ruko (Lokasi Ruko / Urabnindo)

2. Harga Beli Ruko

Belilah ruko dengan harga yang masih wajar. Robert T. Kiyosaki, seorang penasehat keuangan Amerika mengatakan, raihlah keuntungan saat membeli ruko, bukan saat menjualnya nanti. Artinya berusahalah mendapatkan ruko dengan harga yang bagus (harga diskon).

3. Cicilan

Salah satu ciri investor pemula dan investor berpengalaman adalah modal. Investor yang berpengalaman akan menggunakan uang orang lain. Maksudnya di sini, kita dapat menggunakan utang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Jangan lupa, lakukan perbandingan beberapa penawaran KPR untuk mendapatkan penawaran yang terbaik (dari segi bunga, kemudahan pembayaran dan manfaat lainnya).

4. Harga Sewa Ruko

Harga sewa ruko adalah pertimbangan penting, karena kita berniat membeli ruko untuk investasi. Gak ada salahnya kok melakukan perbandingan harga sewa ruko atau properti di sekitar lokasi.

5. ROI dan BEP Investasi

ROI dan BEP investasi tentu perlu diperhitungkan. Bandingkan antara harga sewa ruko dengan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hitung rasio pengembalian modal (return of investment – ROI) dan waktu balik modal (break even point).

untung rugi investasi ruko
Investasi tuh pasti mau dapetin untung kan, jadi harus cermat berhitung ya! (Return Investasi / Pgimgs)

Semoga penjelasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan saat investasi ruko. Selamat berburu ruko yang dapat menghasilkan keuntungan ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Beli Tanah Rumah Buat Investasi Saat Usia 20-an Banget]

[Baca: Nggak Perlu Takut Investasi Properti Ini Cara Menghadapi Pengembang Nakal]

[Baca: Jangan Tergiur Keuntungan Dulu Ini Dia Kelemahan Investasi Properti]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Komentar (1)

  1. Pengen bgt investasi properti, tp apa daya. 😀 semoga sy bs mewujudkannya. amin.. 😂

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com