Jangan Ge-er Dulu, Asuransi Perjalanan Terbaik Pun Nggak Mengkover 5 Hal Ini

by DuitPintar 353 views0

asuransi perjalanan terbaik

Entah mimpi apa si Boni semalem. Liburan ke Singapura yang udah direncanain jauh hari buat melepas penat mendadak jadi mimpi buruk. Padahal dia udah nyiapin semuanya dengan matang.

 

Tiket pesawat udah di-booking sejak enam bulan lalu. Reservasi hotel udah beres. Izin cuti kantor selama seminggu udah dia kantongin. Asuransi perjalanan pun udah dibeli. “Ini bakal jadi liburan paling oke tahun ini,” begitu pikir Boni.

 

Tapi apa daya.

 

Malem pertama di hotel Boni langsung bikin party bareng temen-temen. Boni kelewat batas sampe mabuk nggak karuan. Pas mau turun tangga buat beli camilan, Boni terpeleset. Tangan kanannya kepentok anak tangga hingga patah tulang.

 

[Baca: Kalau Sudah Beli Travel Insurance, Pasti Gak Bakal Marah-marah di Sosmed]

 

Merasa pede udah beli asuransi perjalanan terbaik, Boni terlihat santai pas di kamar rumah sakit. Mukanya berubah pucat pasi tatkala pihak asuransi menolak klaim tersebut. Alasannya, kecelakaan akibat pengaruh alkohol adalah pengecualian dan nggak ditanggung sama sekali. Nah lo!

Lima Hal yang Termasuk Dalam Pengecualian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan emang penting. Fungsinya untuk meminimalisir risiko selama perjalanan kita karena namanya musibah nggak bisa diprediksi. Benefitnya lumayan banyak mulai dari perlindungan barang hilang hingga perlindungan jiwa.

asuransi perjalanan terbaik

Cek dulu asuransi perjalanan kamu. Biar dana buat beli oleh-oleh tetap nggak terganggu hehe

 

Tapi jangan merasa pede dulu. Ada beberapa hal yang masuk dalam pengecualian asuransi perjalanan. Beberapa penerbit asuransi perjalanan memiliki kebijakan berbeda, tapi lima hal ini rata-rata masuk dalam pengecualian yang nggak di-cover oleh pihak asuransi.

 

Apa aja tuh? Ini dia:

1. Musibah Akibat Pengaruh Alkohol dan Obat-Obatan

Sama kayak cerita Boni di atas. Perusahaan asuransi rata-rata nggak bakal menerima klaim atas musibah akibat penyalahgunaan obat-obatan. Walaupun yang namanya kecelakaan memiliki unsur ketidaksengajaan, jika kamu berada di bawah pengaruh obat-obatan, tetap saja klaim kamu bakal ditolak.

 

Contoh selain kasus Boni, kamu mengkonsumsi obat sirup gara-gara tenggorokan nggak nyaman akibat batuk semalaman. Padahal sejam lagi nih kamu kudu nyetir mobil karena mau mengunjungi situs wisata paling beken.

 

Nggak disangka mobil yang kamu tumpangi terlibat kecelakaan karena kamu ngantuk akibat pengaruh obat. Hal seperti ini termasuk penyalahgunaan obat yang nggak bakal dikover oleh asuransi.

2. Kecelakaan yang Disengaja

Hal semacam ini jarang sih kejadian. Kecuali kamu emang bener-bener nekat. Pihak asuransi tentu bakal investigasi terlebih dahulu sebelum menyetujui klaim.

 

Misalnya nih, kamu sengaja terjun dari lantai dua hotel dan mengalami patah kaki *adduuhh. Ini kamu lakukan semata buat ngedapetin uang tunjangan. Nah, jika terbukti kejadian tersebut di sengaja, pihak asuransi bakal menolak mentah-mentah klaim yang kamu ajukan.

3. Kejadian Force Majeure Seperti Huru-Hara, Perang, dsb

Misal kamu lagi jalan-jalan di pusat kota Bangkok dan nggak sengaja terjebak di tengah demo Kaos Merah yang berubah rusuh. Seandainya kamu terluka akibat kerusuhan tersebut, pihak asuransi biasanya nggak bakal mengkover klaim kamu. Ini juga termasuk perang, terorisme atau kudeta.

asuransi perjalanan terbaik

Kalo ada yang rame-rame kayak gini, mending melipir aja deh bro. 

4. Sakit Sebelum Perjalanan

Beberapa waktu sebelum berangkat liburan kamu tiba-tiba sakit dan dokter menyarankan untuk istirahat total. Tapi karena kamu udah ngebet liburan dan nggak mau membatalkan semua reservasi, kamu nekat berangkat.

 

Walhasil, kamu jatuh sakit lagi setibanya di tempat tujuan, tambah parah pula! Seandainya kamu mengajukan klaim ke pihak asuransi, bukan nggak mungkin bakal ditolak. Pasalnya, kamu telah mengabaikan peringatan dokter untuk istirahat total.

5. Hamil atau Keguguran

Satu hal umum yang biasanya dikecualikan adalah kehamilan, keguguran atau melahirkan. Jadi ada baiknya jika dalam kondisi hamil menghindari perjalanan jauh.

Nah, sebelum melakukan perjalanan, sangat dianjurkan jika kamu konsultasi dulu kepada pihak asuransi. Pilihlah asuransi perjalanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sekedar premi paling murah.

asuransi perjalanan terbaik

Sebelum capcus liburan, perhatikan lagi semua benefit dan pengecualian asuransi perjalanan biar semakin tenang

 

Karena dengan mengetahui benefit dan pengecualiannya, asuransi perjalanan bakal ngasih manfaat yang maksimal dari apa yang kamu bayar. Liburan kamu pun jadi tenang deh.

 

Selamat berlibur!

 

[Baca : Pahami Jenis-Jenis Asuransi yang Anda Butuhkan]

Image credit:

  • http://rmjmarket.com/wp-content/uploads/2014/08/pitfalls-of-cheap-travel-insurance.jpg
  • http://radarcirebon.com/wp-content/uploads/2012/11/20121108213220-RUSUH-LAMTENG-1.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/657083/big/liburan.jpg

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com