Mau Renovasi Rumah Tapi Gak Punya Duit Cash? Pakai 5 Cara Renovasi Rumah Ini

by Tifanny 5.599 views0

Mau Renovasi Rumah Tapi Gak Punya Duit Cash- Pakai 5 Cara Renovasi Rumah Ini (1)

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Saat tetiba atap rumah sudah bocor, dinding retak, keramik pecah. Penginnya sih renovasi, tapi gak ada duit cash tersedia. Apakah harus bertahan hidup di rumah dengan kondisi kayak gitu?

Jangan khawatir dulu. Selama rumah itu bersertifikat atas nama sendiri, kita bisa mengupayakan solusi renovasi. Kalau rumah kontrakan mah, pikir seribu kali deh buat renovasi. Mending pindah cari kontrakan lain.

[Baca: Perlu Renovasi Rumah Mending Pakai KTA atau Kredit Renovasi Rumah]

Salah satu solusi yang bisa diambil sebagai cara renovasi rumah saat duit gak punya cash adalah kredit ke bank. Bank punya sederet layanan khusus buat yang mau renovasi rumah, tapi gak punya dana tunai.

1. Kredit tanpa agunan (KTA)

KTA bisa dibilang sangat mudah pencairannya. Sediakan saja berkas dan isi formulir, gak perlu pakai jaminan motor, apalagi rumah. Prosesnya paling makan waktu 1 minggu.

Tapi, nilai kreditnya kecil dibandingkan kredit serbaguna (dengan pinjaman). Bunganya juga lebih gede. Untuk menyiasatinya, coba kombinasikan KTA dengan tabungan pribadi.

cara renovasi rumah
Siapa sih yang gak tahu KTA, udah kayak artis nih fasilitas satu ini hehehe

Misalnya tabungan Rp 10 juta, KTA Rp 10 juta. Bukan Rp 20 juta langsung dari KTA ya. Jadi, beban melunasi KTA gak berat-berat amat.

2. Refinancing

Refinancing bisa dipakai kalau rumah kita udah lunas. Cara renovasi rumah dengan refinancing mirip dengan kredit pemilikan rumah (KPR). Yaitu dengan cara menjaminkan sertifikat rumah.

Bank akan menilai rumah kita dan biasanya mengucurkan 80 persen dari nilai rumah tersebut.  Contohnya nilai rumah Rp 300 juta, berarti dana refinancing yang turun Rp 240 juta.

Sama dengan KPR, proses refinancing juga melibatkan notaris, provisi, dan lain-lain. Kita harus mengeluarkan biaya untuk hal-hal itu. Prosesnya juga lebih lama ketimbang KTA, bisa sampai 1 bulan.

3. Kredit Renovasi

Bank juga punya layanan khusus kredit renovasi. Mereka bekerjasama dengan perusahaan material semen. Kita juga bisa berkonsultasi soal bagaimana enaknya renovasi dari segi desain dan harga. Lebih simpel, karena kita gak perlu cari konsultasi dari tukang renovasi.

cara renovasi rumah
Mbak, mas ngapain sih hehehe

[Baca: Kredit Multiguna atau Kredit Renovasi Rumah yang Mana Bisa Jadi Solusi Dana Renovasi Rumah]

4. Top Up KPR

Nah, buat yang KPR-nya belum lunas, bisa pakai top up KPR dari bank. Lewat top up KPR, artinya kita memperoleh KPR baru.

Rumah akan dinilai lagi oleh bank. Selisih nilai dari KPR awal ini yang bisa dijadikan dana renovasi rumah.

Tapi minimal KPR harus berjalan separuh dari tenor. Misalnya KPR 20 tahun, berarti cicilan harus jalan 10 tahun dulu baru bisa top up.

5. Over Kredit

Yang rumahnya masih KPR juga bisa pakai pilihan over kredit. Prosesnya mirip dengan top up, tapi melibatkan dua bank yaitu bank yang menyediakan KPR dan bank lain.

Cari bank yang bunganya lebih rendah, ya, bukan malah lebih tinggi. Nantinya selisih plafon yang ditawarkan bank kedua yang bisa dipakai untuk renovasi.

Itulah lima pilihan jasa dari bank buat renovasi rumah kalau gak ada duit cash. Selain itu, ada dua pilihan lain, yaitu kredit BPJS Ketenagakerjaan dan cicilan kartu kredit.

cara renovasi rumah
Inga-inga, jangan salah pilih bank ya, pilih yang paling sesuai kantong bro!

BPJS kerja sama dengan BTN untuk memberikan kredit renovasi maksimal Rp 35 juta. Tapi syaratnya kita minimal sudah 5 tahun punya BPJS Ketenagakerjaan.

[Baca: 5 Cara Renovasi Rumah Murah Tanpa Utang]

Kalau pakai cicilan kartu kredit, tinggal hubungi toko material yang punya jasa ini. Prosesnya sama kayak beli dengan kartu kredit lainnya.

Jangan tunggu sampai rumah rusak dan ambruk baru renovasi, ya. Pilih salah satu opsi yang dianggap terbaik. Yang jelas, kredit yang diambil harus dilunasi, gak mau dikejar debt collector kan?

Image Credit:

  • http://pinjaman-tanpaagunan.org/wp-content/uploads/2016/03/dana-tunai-bank-asing-lokal-kta-bank-dbs-scb-hsbc-danamon-niaga-mandiri-dana-bantuan-sahabat-kredit-tanpa-agunan-proses-cepat-cair-marketing-handal.png
  • https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/07/15/150/1023829/kpr-sekaligus-kredit-renovasi-3V3.jpg
  • http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1361688070.jpg

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com