Nyari Ide Olahraga Tanpa ke Gym, Gratis dan Gak Perlu Keluar Duit, Contek Ini!

by DuitPintar 4.426 views1

olahraga tanpa ke gym

Belakangan ini tujuan orang nge-gym bukan sekadar rawat kebugaran tubuh saja. Kadang ada motif tersembunyi lain seperti mendongkrak status sosial. Maklum, sekarang nge-gym bisa jadi tempat anjangsana sama kolega bahkan jadi ajang ngegosip.

 

Terlepas dari itu, sebenarnya nge-gym itu bisa jadi aktivitas yang buang-buang waktu plus duit juga. Coba bayangkan berapa duit yang keluar untuk menebus keanggotaan gym. Paling murah di kisaran Rp 300 ribuan per bulan. Kadang saat registrasi di awal mesti lunasi sekian bulan dulu.

 

Setelah bayar keanggotaan, yakin bisa komitmen datangi lokasi gym? Gimana kalau tiba-tiba males geser ke sana? Entah dengan alasan sibuk, jalanan macet, atau waktu yang terbatas. Enggak mungkin pengelola gym mau ganti duit yang sudah disetorkan, bukan?

 

Belum lagi kepikiran kalau gym itu sebenarnya tempat umum. Yup, di situ berkumpul banyak orang. Bisa-bisa enggak kebagian alat gym. Kalau mau pakai alat itu mesti antre dulu sama orang lain. Kalau pun pas gilirannya pakai, sudah ditunggu sama orang lain. Mana bisa konsen angkat barbel bila ditungguin orang yang mau pakai juga!

 

Beberapa hal itu bisa jadi alasan buat nge-gym di rumah saja. Toh, tujuan awalnya kan membuat tubuh bugar sekaligus membuat daya tahan fisik makin oke. Jadi member gym juga bukan secara otomatis tubuh langsung bugar.

 

Sebenarnya ada latihan fisik yang bisa dilakukan secara sederhana di rumah. Hasilnya pun tak jauh beda kalau nge-gym. Yang penting itu niat. Dan yang pasti lebih murah dibanding mengeluarkan duit sampai jutan demi  alasan otot kencang dan perut six pack.

 

Berikut aktivitas fisik sederhana yang hasilnya setara latihan di gym.

 

Jogging

olahraga tanpa ke gym 1

 

 

Di gym pasti ada alat yang namanya treadmill. Peralatan ini cocok bagi yang ingin latihan cardio. Dengan treadmill bisa diatur kecepatan berjalan maupun berlari. Rata-rata latihan ini bisa membakar rata-rata 300 kalori per 30 menit.

 

Sebenarnya latihan itu sama saja kalau jogging keliling kompleks. Kecepatannya pun bisa ditentukan sendiri. Sayangnya, kalau jogging ‘manual’ begini tak bisa mengukur berapa kalori yang berhasil dibuang, jarak tempuh, dan waktu.

 

Beda dengan treadmill yang biasanya terdapat layar berisikan informasi tersebut. Hanya nilai plusnya, jogging itu free alias gratis. Yang pasti faktanya jogging selama satu jam per hari bisa bakar 748 kalori.

 

Dumbel

olahraga tanpa ke gym 2

 

 

Berat dumbel bervariasi. Ada yang mulai 2 kg sampai 22 kg. Alat itu membantu otot menjadi lebih kencang dan kuat. Alat ini hukumnya wajib ada di gym. Tapi alat ini bisa dibeli kok dalam bentuk satuan atau paketan.

 

Belinya tentu tergantung kebutuhan dan tak perlu paketan yang harganya di atas Rp 2 juta. Lagi pula apa yakin rajin digunakan secara rutin? Bila beli satuan paling banter kurang dari setengah jutaan. Kalau mau lebih murah lagi ya bikin sendiri dari cetakan semen!

 

Kemudian bagaimana cara latihan dumbel? Tak usah pusing. Banyak kok petunjuk menggunakan dumbel yang diperoleh gratisan, misalnya lewat internet atau YouTube.  Latihan rutin dumbel ini bisa membakar lemak sampai 145 kalori dalam 15-20 menit.

 

Kuncinya dalam penggunaan dumbel itu bukan pada berapa banyak pengulangan gerakan yang dilakukan tapi seberapa berat beban yang dipilih. Contohnya dumbel 5 kg bakal kurang efektif bakar kalori dibanding dumbel seberat 10 kg. Bahkan kalori tetap terbakar 25% lebih banyak meski sudah menyelesaikan gerakan.

 

Lompat tali

olahraga tanpa ke gym 3

 

 

Jangan sepelekan latihan lompat tali karena aktivitas ini selama dua menit bisa membakar 111 kalori. Enaknya lagi, aktivitas ini terbilang murah banget dan bisa sambil nonton TV.

 

Beli alatnya enggak sampai Rp 30 ribu. Bikin pun juga bisa misalnya dengan karet gelang yang disambung-sambung seperti mainan anak kecil itu.

 

Naik turun tangga

olahraga tanpa ke gym 4

 

 

Tahu enggak kalau naik turun tangga itu efektif bakar kalori sampai 500? Lihat saja studi American College of Sports Medicine yang menyebut naik turun tangga selama 30 menit bisa melenyapkan 500 kalori.

 

Jadi manfaatkan saja tangga yang menghubungkan lantai atas menjadi ‘track’ olahraga. Enggak keluar duit sama sekali bukan?

 

Bersih-bersih rumah

olahraga tanpa ke gym 5

Siapa sangka membersihkan rumah itu menyehatkan. Benaran lho! Menyapu dan membersihkan ruangan di rumah bisa membakar 123 kalori. Kalori yang dibuang bisa makin banyak bila ditambah dengan mencuci baju. Sedangkan aktivitas mengelap debu di lemari, sofa, kaca, dan sebagainya bisa membakar 127 kalori.

 

Sudah enggak pakai modal, rumah lebih bersih bukan? Bahkan kalau rutin dilakukan tiap hari, tak tertutup kemungkinan bakal kaget karena badan susut sekian kilo!

 

 

 

Banyak keuntungan melakukan olahraga tanpa ke gym. Di sisi lain pun, tanpa perlu membeli alat-alat gym, latihan fisik pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan kursi, tiang, galon air untuk angkat berat, atau perabotan lainnya. Di samping itu ada pula olahraga yang tak perlu alat seperti push up dan sit up.


Selain murah, keuntungan tambahan lainnya berolahraga di rumah adalah tak perlu menghabiskan waktu di jalan untuk menuju lokasi gym dan tak buang-buang bensin. Terus terhindar juga dari lapar mata ketika melintas restoran. Maklum, sehabis olahraga pasti bawaannya lapar. Eh ujung-ujungnya keluar duit lagi beli dua mangkok bakso, ngaku deh!

 

 

 

Image credit:

  • http://3.bp.blogspot.com/-qzOCjfYj9Rc/VEMxlCA5uiI/AAAAAAAAPnM/DA6ncl-LyK8/s1600/IMG_9458.JPG
  • http://static.kvltmagz.co/wp-content/uploads/2015/05/Olahraga-di-Rumah_14.jpg
  • http://jacksfitness.net/wp-content/uploads/2015/02/Jumping-Rope-after-Weight-Loss-Surgery.jpg
  • http://www.prevention.com/sites/prevention.com/files/styles/article_main_image_2200px/public/articles/2015/04/opener_0.jpg?itok=gLKRADg0
  • http://i3.mirror.co.uk/incoming/article2464004.ece/ALTERNATES/s615/Housework.jpg

Komentar (1)

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com