Rekan Kerja Gak Bersemangat? Bantu dengan 5 Cara Ini

by Tifanny 469 views0

Rekan Kerja Gak Bersemangat

Sesekali Ali menghela nafas panjang dan berat sambil terus menatap ke luar jendela ruang kerjanya. Dito, yang duduk di sebelahnya pun mau gak mau jadi kepo. “Kenapa, bro? Ada masalah?”

“Lagi jenuh banget Dit sama kerjaan aku nih, bawaannya pengin liburan atau apalah gitu!” jawab Ali sambil memainkan smartphone-nya.

Kejenuhan, penat, stres, dan semua rasa yang gak enak dalam pekerjaan memang bisa kapan saja datang menyerang. Coba untuk lebih peduli sama rekan kerja deh, mungkin ini saatnya saling menyemangati.

Kita juga pasti bakal merasa terbantu jika ada rekan kerja yang peduli pas kita butuh support di kerjaan, kan? Mengingat kita menghabiskan sebagian besar waktu di kantor, jadi siapa lagi yang bisa jadi penyemangat handal kalau bukan rekan kerja?

Nah, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini untuk membantu rekan kerja bersemangat lagi.

1. Memberi contoh

Rekan Kerja Gak Bersemangat
Belajar dari Penguin yang di depan selalu memberi contoh yang baik dalam hal “ngantri” (memberi contoh/we thinker)

Mulai dengan memberi teladan alias contoh dari diri sendiri. Saat kita merasa punya kualitas profesionalisme yang bagus dan sering diapresiasi atasan, manfaatin buat hal-hal yang positif.

Ajak rekan kerja yang sedang jenuh buat bangkit lagi dengan menginspirasi mereka. Gak hanya membantu, kita juga sekaligus menjaga kualitas sebagai karyawan yang baik.

Punya tanggung jawab dan disiplin dalam pekerjaan bisa jadi hal-hal baik yang patut ditiru. Mulai dari gak pernah terlambat datang, serahin deadline tepat waktu, dan lainnya.

2. Komunikasi

Jadi rekan kerja yang peduli dong, masa sih lihat rekan kerja gak semangat kita gak peduli? Coba deh ajak bicara dari hati ke hati dan motivasi mereka secara personal. Mungkin mereka menunggu ada yang bertanya, ya ini saatnya.

Gak jarang ada yang merasa sulit mengakui kejenuhan dalam bekerja. Dengan berkomunikasi, paling gak bisa sedikit meringankan beban. Ini juga bisa membuat mereka gak merasa sendirian atau bersalah.

Kualitas seorang karyawan tuh gak semata dari pencapaian pribadi. Kepedulian sesama rekan kerja juga jadi nilai plus.

3. Diskusi soal pekerjaan

Namanya juga manusia, bukan robot yang gak punya perasaan. Pasti suatu saat bisa timbul rasa jenuh dan penat dengan kerjaan. Bisa jadi ada kendala dalam pekerjaan sehingga bikin rekan kerja kita jadi gak bersemangat.

https://wethinker.com/2014/08/10/3331/
Ajak dia berdiskusi bicara seputar kerjaan atau yang lain (diskusi/cfeduex)

Cari waktu yang pas dan ajak diskusi serius empat mata soal pekerjaan. Tanyakan soal apa yang sedang dirisaukan dan harapan mereka dalam pekerjaan. Mungkin tugas yang selama ini mereka lakukan sudah mulai terasa monoton sehingga mereka merasa butuh tantangan.

4. Apresiasi

Memberikan apresiasi alias penghargaan atas  ide rekan kerja itu juga bisa memotivasi mereka. Walaupun mungkin ide mereka agak sulit untuk direalisasikan, tapi bukan berarti ditepis atau ditolak begitu saja.

Alih-alih, kita bisa mencoba menstimulus ide-ide mereka supaya lebih tajam. Dengan demikian, mereka akan merasa punya peran. Gak ada satu pun orang yang suka jika idenya ditepis mentah-mentah, apalagi dengan cara yang kasar. Belajarlah menghargai perasaan rekan kerja.

5. Berikan kritik membangun

Gak ada manusia yang sempurna ya. Saat kita melakukan kesalahan dan ditegur oleh rekan kerja, ya harus menerima. Begitu juga saat rekan kerja kita melakukan hal yang sama, jangan ragu untuk menegur. Tentu saja semua ini dilakukan dengan cara yang baik.

Rekan Kerja Gak Bersemangat?
Kritik boleh, tapi jangan lantas menghakimi (kritik itu mengeutkan/aboutmeditation.com)

Beri pengertian bahwa teguran atau kritik yang kita sampaikan sifatnya konstruktif, bukan sentimen pribadi. Tawarkan bantuan saat mereka benar-benar membutuhkan untuk meringankan beban kerjaan. Bisa jadi ini salah satu faktor yang bikin mereka gak semangat bekerja.

Semua orang pasti ingin menjadi yang terbaik, apapun bidangnya. Balik lagi ke sisi manusiawi, akan ada saat di mana perasaan jenuh dan penat jadi kendala. Gak ada salahnya dong rekan kerja saling aware dengan permasalahan masing-masing dan bisa saling support?

Dengan begitu, tidak hanya suasana kerja yang kondusif, kita juga bisa saling belajar untuk bersaing dengan cara yang sehat. Jangan jadi rekan kerja yang susah lihat teman senang dan senang lihat teman susah.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Begini Nih Cara Biar Bisa Nyambung Sama Teman Kerja yang Beda Generasi]

[Baca: Biar Makin Produktif, Begini Nih Trik Atasi Rasa Penat Saat Jam Kerja]

[Baca: Hindari Deh Berkonflik di Tempat Kerja, Gini Tipsnya]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com