Sebelum Kredit Mobil Bekas, Kenali Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Bekas Ini

by Tifanny 5.080 views0

Sebelum Kredit Mobil Bekas, Kenali Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Bekas Ini (1)

Banyak orang pengin punya mobil, entah untuk kebutuhan mobilitas atau hanya demi prestige. Nah, gimana dengan kamu, apakah sedang berniat membeli mobil bekas dalam waktu dekat ini?

Kalau iya, udah mikirin soal pembayarannya gak bro? Mau bayar sistem kontan atau dengan menggunakan kredit?

[Baca: Ketahui Hal Ini Sebelum Kredit Mobil Baru atau Bekas]

Sebelum melakukan simulasi kredit mobil bekas, pahami dulu deh beberapa istilah yang sering muncul saat melakukan simulasi kredit mobil bekas. Simak nih penjelasannya:

 

1. Harga On The Road (OTR)

Harga On The Road (OTR) adalah harga beli mobil ditambah semua pajak kendaraan dan berbagai dokumen (STNK dan BPKB). Jadi, harga on the road itu ya harga mobil yang layak digunakan ya.

2. Harga Off The Road

Harga Off The Road adalah harga beli mobil, gak termasuk dokumen ya. Jadi kita harus mengeluarkan biaya tambahan buat mengurus semua pajak kendaraan dan berbagai dokumen (STNK dan BPKB).

kredit mobil bekas
Jangan gak update informasi bro, siapin dana yang dibutuhin deh

3. Tenor atau Periode Pinjaman

Tenor atau periode pinjaman adalah berapa lama atau jangka waktu pinjaman yang ditentukan dalam satuan bulan atau tahun. Biasanya tuh tenor kredit mobil bekas jangka waktunya lebih pendek dibandingkan tenor kredit mobil baru.

 

4. Down Payment (Uang Muka)

Down payment (DP) atau uang muka adalah biaya yang harus dibayar di awal sebagai tanda jadi pembelian kendaraan. Biasanya nih uang muka untuk kredit mobil bekas atau kredit mobil baru sebesar 25% – 30% dari harga mobil.

[Baca: Cihuuy Beban Uang Muka Kredit Mobil dan Motor Enggak Berat Lagi]

 

5. Plafon Kredit

Nah, kalau plafon kredit adalah jumlah utang yang harus dibayarkan oleh debitur (orang yang mengajukan kredit). Plafon kredit dihitung dengan cara harga beli kendaraan dikurangi dengan DP mobil. Sementara bunga utang dihitung dari plafon kredit ya, bukan dari harga jual mobil.

 

6. Polis dan Premi Asuransi

Polis dan premi asuransi adalah kontrak atau perjanjian yang terkait dengan perlindungan kendaraan. Perjanjian ini dibuat antara pembeli kendaraan dengan perusahaan pihak asuransi. Pembeli harus membayar biaya administrasi untuk mengurus polis asuransi.

Jangan khawatir bro, biaya administrasi ini cuma dibayar sekali pas registrasi. Premi asuransi adalah biaya yang harus dibayarkan setiap tahunnya sebagai bentuk kewajiban peserta asuransi.

kredit mobil bekas
Sayang jangan cuma sama pacar, kendaraan juga dong!

 

Perusahaan asuransi kendaraan biasanya bakal nawarin dua jenis asuransi kendaraan yaitu all risk dan total lost only.

 

7. Comprehensive atau All Risk Comprehensive

Comprehensive atau asuransi all risk adalah asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap semua jenis kerusakan (yang tertulis di dalam polis).

Besaran premi ditentukan dalam persentase, yakni sekitar 1,5-3% dari harga OTR mobil. Jangan lupa ya, harga bakal update setiap tahun.

 

8. Total Loss Only

Asuransi total lost only adalah asuransi kendaraan yang menjamin kerugian total saat terjadi kehilangan akibat pencurian atau kerusakan berat.

Definisi kerusakan berat apa ya? Yaitu saat kerusakan kendaraan akibat kecelakaan yang total kerusakan di atas 70%. Biaya asuransi TLO lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk, kurang lebih 1% dari harga OTR per tahunnya.

 

9. Biaya Administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli buat ngurus kredit mobil. Biaya ini dibayarkan hanya sekali juga yaitu pas kita ngurus kredit.

 

10. Biaya Jaminan Fidusia

Fidusia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah: fidusia/fi·du·sia/ n pendelegasian wewenang pengolahan uang dari pemilik uang kepada pihak yang didelegasi.

kredit mobil bekas
Karena dunia ini ada hukum legal yang berlaku ya, bukan kayak hutan belantara

 

Biaya jaminan fidusia adalah biaya buat ngurus perjanjian utang-piutang yang menyatakan kendaraan (mobil atau motor) yang sedang diajukan kreditnya ini adalah milik debitur (orang yang mengajukan kredit) secara sah. Namun pada kenyataannya BPKB kendaraan tersebut dijadikan agunan.

[Baca: Wajib Bermain Angka dalam Ilustrasi Sebelum Putuskan Kredit Kendaraan]

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 130/PMK 010/2012 tentang Pendaftaran Fidusia, perusahaan leasing wajib ngedaftarin jaminan fidusia paling lambat 30 hari sejak perjanjian kredit ditandatangani.

Jadi, saat kamu lagi ngajuin kredit kendaraan, jangan malu atau ragu nanyain soal fidusia ke pihak leasing ya.

Biasanya sih biaya fidusia akan dikenakan di awal dan di akhir perjanjian kredit. Besaran biaya jaminan fidusia disesuaikan dengan harga kendaraan, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000. So, jadilah pembeli yang cermat dan bijak ya!

 

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

 

 

Image Credit:

  • http://www.ototaiment.com/wp-content/uploads/2015/06/Membeli-Mobil-640×427.jpg
  • http://www.teropongku.com/wp-content/uploads/2016/04/Asuransi-Mobil-Garda-Oto-Fotolia-770×4302.jpg
  • http://thepresidentpostindonesia.com/wp-content/uploads/2013/07/president-post-perjanjian-jaminan-fidusia.jpg

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com