Tekan Bujet Nikah Kamu dengan Undangan Pernikahan Online

by DuitPintar 4.402 views0

undangan pernikahan online

Orang yang berencana mau nikah pasti kayak nano-nano alias rame rasanya. Mulai dari seneng, gak sabar, khawatir, gugup. deg-degan, sampai pusing.

 

Lah kok pusing? Ya iya lah, wong ngeluarin duit.

 

Gak sedikit lho, orang yang nunda-nunda pernikahan gara-gara bujetnya mepet. Ujung-ujungnya malah ada yang nikah di KUA doang atau nunggu ada acara pernikahan massal dari pemerintah yang gratis.

 

[Baca: Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah!]

 

Nikah ngeluarin duit itu wajar. Momen bersejarah, gitu loh. Pastinya gak ada yang mau ngulangin momen ini alias kawin-cerai-kawin lagi. Kita hanya perlu bersiasat agar pengeluaran itu gak boros.

 

Punya e-mail, Facebook, Twitter? Handphone-nya Android, atau bahkan keluaran Apple?

 

Kalau teknologi tersebut kamu punya, bisa banget tekan bujet nikahmu. Caranya, pakai undangan online.

 

Gak cuma ngurus STNK atau SIM online aja yang bikin keuangan terjaga. Nikah pakai undangan online juga begitu. Selain bisa nekan bujet, undangan online juga bermanfaat dalam hal lain, lho.

 

[Baca: Bye Calo, Kita Bisa Perpanjang SIM Lewat Online Tahun Ini]

 

Berikut ini alasan pakai undangan online untuk pernikahan:


1. Bikin sekali doang

Beda dengan undangan cetak, yang harus dicetak berkali-kali sesuai dengan jumlah undangan, undangan online bikinnya sekali doang. Satu undangan itu bisa langsung disebar baik lewat e-mail, Facebook, Twitter, WhatsApp, BBM, dan lain-lain.

 

Jadi, kita gak perlu keluar ongkos cetak undangan. Kita hanya perlu sekali bayar biaya pembuatan undangan online tersebut.

 

undangan pernikahan online 1

 

 

2. Bisa direkrut Walhi

Tahu Walhi? Ya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia. Organisasi ini getol menyuarakan pelestarian lingkungan. Terus apa hubungannya dengan undangan online?

 

Gini. Kalau undangan cetak kan berarti pakai kertas, tuh. Kertas dibikin dari kayu. Artinya, untuk membuat undangan cetak, harus ada kayu yang ditebang. Iya kalau nebangnya sesuai hukum, kalau sembarangan?

 

Jadi, undangan online bisa mengantisipasi pelanggaran yang merusak kelestarian alam itu. Siapa tahu dari undangan online ini kita tertarik jadi anggota Walhi dan ikut merawat lingkungan.

 

3. Alamat lebih jelas

Pernah gak dapet undangan cetak terus peta lokasi resepsi dibuat seadanya. Kayak formalitas doang, yang penting ada gitu. Bukannya membantu, malah bisa bikin tamu tersesat.

 

Dengan undangan online, kita bisa kirim koordinat lokasi resepsi dalam bentuk bar code. Lewat aplikasi QR Code yang tersambung dengan Google Maps, tamu bisa langsung menuju lokasi tanpa takut kesasar.

 

4. Tak kenal batas

Kebayang dong kalau harus kirim undangan cetak ke kerabat atau kawan di luar negeri. Kirimnya hari ini, bisa-bisa sampainya bulan depan. Belum lagi ongkos kirimnya yang lebih mahal ketimbang pengiriman domestik.

 

Kalau pakai undangan online, kirim hari ini, sampainya hari ini juga, kecuali ada masalah Internet. Bahkan undangan online bisa dikirim serentak ke seluruh penjuru dunia hanya dengan sekali klik.

 

5. Bisa dipastikan sampai tujuan

Undangan online lebih interaktif ketimbang undangan cetak. Artinya, orang yang kita kirimi undangan bisa langsung merespons ketika undangan itu sampai. Kalau undangan cetak, bisa aja ditinggal gitu aja di rumah kalau orangnya gak ada, terus terbang ketiup angin atau malah disapu pembantu karena dikira sampah.

 

undangan pernikahan online 2

 

 

Nikah gak harus mahal. Sebab inti pernikahan itu adalah kesakralan dalam upacara para calon mempelai. Buat apa nikah mahal-mahal tapi akhirnya cerai juga? Amit-amit ya.

 

Duit bisa disisihkan buat hal lain yang juga penting, seperti beli rumah, kendaraan, sampai biaya pendidikan anak kelak. Mending nikah secara sederhana, tapi keluarga bahagia, ya gak?

 

[Baca: Pengantin Baru Wajib Baca Tips Keuangan Ini]

 

 

 

Image credit:

  • http://walimatulursy.co.id/wp-content/themes/wu-theme/dist/img/prev-undangan-online-walimatulursy.png
  • http://3.bp.blogspot.com/-Fh4VmbgaLyY/UGfOZf1C63I/AAAAAAAAAl4/XcKvtxcRO0M/s1600/IMG_3703%5B1%5D.JPG

Masih banyak lagi dari duitpintar.com