Ternyata Ini 7 Manfaat Emas dan Logam Mulia Selain untuk Berinvestasi

by Tifanny 855 views0

manfaat emas dan logam mulia

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

Istri yang boros

Siapa sih yang nggak tahu emas dan logam mulia? Semua mengakui emas sebagai suatu barang yang sangat berharga dan bernilai tinggi. Entah di kalangan kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas, emas tetaplah primadona.

Pastinya semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan emas entah untuk dikoleksi ataupun untuk investasi.

Mungkin banyak d antara kita yang sudah khatam dengan manfaat emas, tapi nggak ada salahnya kita bahas lebih dalam lagi.

1. Manfaat Emas dalam bidang Ekonomi

Pada zaman dahulu emas digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan. Seiring berjalannya waktu, dibuatlah uang emas untuk keperluan transaksi. Namun, karena jumlah emas yang langka, akhirnya uang emas nggak dipakai lagi.

Di sisi lain, emas digunakan sebagai cadangan devisa negara karena nilai jualnya yang tinggi dan nggak pernah susut. Para investor juga menggunakan emas sebagai investasi jangka panjang ataupun pendek.

manfaat emas dan logam mulia
Investasi emas juga dong jangan cuma habisin uang buat foya-foya (Investasi Emas / Hariando)

Kamu tahu nggak sih peristiwa Nixon Shock yang terjadi pada tahun 15 Agustus 1971. Di mana

Presiden Amerika Richard Nixon membatalkan konversi mata uang international berdasarkan emas.

Beliau mengubah sistem menjadi mata uang freely floating fiat. Sederhannya US Dollar nggak lagi dikaitkan dengan cadangan emas yang mereka miliki.

Sebelum tahun 1971, setiap uang kertas yang dicetak (termasuk US Dollar), perlu didukung cadangan emas dengan berat tertentu. Setelah tahun 1971, setiap uang kertas US Dollar yang dicetak, nggak didukung cadangan emas dengan berat tertentu. Alias freely floating fiat.

2. Manfaat Emas dalam bidang Sosial

Jangan heran jika melihat seseorang yang hobinya memamerkan perhiasan emas seperti anting emas, kalung emas, gelang emas dan lainnya. Emas dan perhiasan emas merupakan simbol dari kemakmuran.

Semakin banyak emas dan perhiasan yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin tinggi kedudukannya dalam status sosial. Dikarenakan emas dianggap sebagai barang yang mewah dan bernilai tinggi.

manfaat emas dan logam mulia
Bergaya pakai perhiasan biar cantik sih oke, tapi jangan lebay ya (Perhiasan Emas / Klimg)

3. Manfaat Emas dalam bidang Agama

Di Indonesia, banyak sekali peninggalan sejarah yang terbuat dari emas. Salah satunya adalah arca kerajaan Hindu Budha yang terbuat dari emas.

Arca ini menggambarkan dewa-dewa yang disembah dalam agama Hindu. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, koin emas digunakan sebagai alat transaksi pada masa itu.

4. Manfaat Emas dalam Bidang Industri

Karena sifatnya yang lunak dan mudah ditempa, emas dapat diubah menjadi bentuk yang diinginkan. Sehingga banyak sekali industri yang menggunakan emas untuk dijadikan perhiasan dalam bentuk cincin, kalung, gelang, atau yang lainnya sesuai dengan keinginan konsumen.

Ada juga koin emas (gold coin) dapat dijadikan sebagai cinderamata (souvenir) dan barang koleksi. Namanya barang koleksi, tentu saja harganya bisa berubah-ubah. Semakin langka koin emas tersebut, maka harganya juga akan semakin mahal.

5. Manfaat Emas dalam bidang Kesehatan

Emas merupakan logam mulia. Pada zaman dahulu, penggunaan logam mulia ini ditujukan untuk mengatasi masalah gigi. Yaitu untuk menambal gigi berlubang dengan emas atau mengganti gigi asli dengan gigi palsu yang berlapis emas.

Emas dipilih karena sifatnya yang nggak bereaksi terhadap oksidasi. Emas nggak akan berkarat sehingga menjadikannya sebagai logam yang paling aman untuk menggantikan gigi.

manfaat emas dan logam mulia
Wah silau man senyum berkilau! (Gigi Emas / Mstar)

6. Manfaat Emas dalam bidang Produksi Elektronik

Emas dipakai sebagai lapisan untuk perangkat kecil sebagai penghantar listrik pada beberapa alat elektronik seperti radio, elevise, komputer dan perangkat lain. Ada juga handphone atau alat elektronik lain yang menggunakan emas sebagai lapisan pelindungnya.

Karena emas memiliki sifat yang tahan terhadap korosi, penghantar panas yang baik dan mendukung sistem pengiriman data komputer.

7. Emas sebagai Bahan Pembuatan Penghargaan

Emas sering kali digunakan sebagai penghargaan dalam suatu kejuaraan. Entah dalam bentuk medali ataupun piala. Karena emas dinilai sebagai barang yang berharga dan punya prestise tinggi, maka sangat cocok sekali digunakan untuk posisi juara.

Ternyata fungsi emas banyak sekali yaa… Nggak heran jika emas dikatakan sebagai barang yang paling banyak penggemarnya. Entah usia muda ataupun usia tua, pasti pernah memakai emas untuk perhiasan ataupun untuk keperluan lainnya.

Karena memang emas cocok digunakan untuk semua kalangan. Jangan lupa share ke pasangan atau rekan kerja kamu, supaya mereka juga tahu manfaat emas dan logam mulia.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Begini Nih Trik Pilih Perhiasan Emas Bila Diniatkan Buat Investasi]

[Baca: 6 Strategi Jual Perhiasan Emas Harga Tinggi Plus Cara Naksirnya]

[Baca: Investasi Perhiasan Emas Tetap Bisa Bikin Untung Kok Asal]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com