Tips Merancang Rumah Impian dengan Hemat tapi Gak Kelihatan Murah

by Hardian 720 views0

merancang rumah impian

Membeli rumah adalah impian setiap orang. Tapi mimpi itu bisa dikatakan belum terwujud benar kalau rumah masih kosong melompong.

Rumah yang sudah dibeli tentunya harus diisi dong. Namun mengisi rumah harus seperti membeli rumah: perlu perencanaan matang.

Gak bisa sembarangan isi, harus ada tahap perancangan agar rumah terlihat menarik. Meski begitu, mesti ditekankan bahwa menarik di sini bukan berarti mahal.

Rumah impian bisa dirancang dengan hemat namun gak terlihat murahan. Gak percaya? Simak tips di bawah ini.

1. Bikin konsep

Tahap pertama adalah membuat konsep rumah. Mau ambil tema apa? Yang pasti bukan kastil atau keraton kalau mau ongkosnya murah.

Tema minimalis atau industrialis bisa jadi pilihan. Dengan konsep minimalis, nantinya gak terlalu banyak barang dengan aneka rupa variannya yang dijejalkan ke rumah.

Adapun kalau pakai industrialis, kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Begitu juga barang bikinan sendiri.

Lewat penentuan konsep, kita membatasi diri untuk membeli barang yang sesuai. Bukan beli ini-itu yang nyatanya melenceng dari konsep. Misalnya mau minimalis, tapi malah beli jam berdiri klasik dari kayu jati.

2. Pilih perabot berdasarkan fungsi

merancang rumah impian
Rumah minimalis modern, tapi jamnya antik. Jaka Sembung beli beras, gak nyambung, Mas. (Jam Unik / Tokopedia)

Betul, perabot dengan desain unik bisa bikin ruangan tambah menarik. Namun apa gunanya unik-unik kalau justru bikin pengeluaran melilit.

Sebaiknya beli perabot berdasarkan fungsinya saja. Desain yang unik anggap saja bonus. Toh, perabot dengan desain biasa masih bisa berfungsi normal.

Mending cari perabot yang bisa berfungsi ganda. Misalnya, kasur dengan dipan yang juga punya tempat penyimpanan atau laci.

3. Beli online dan DIY

Sudah jamak diketahui, yang online-online itu lebih efektif dan efisien. Termasuk beli barang-barang perabot secara online.

Biasanya, perabot di toko online lebih murah. Apalagi jika lagi ada program diskon seperti Hari Belanja Online Nasional atau ada kerja sama dengan kartu kredit tertentu.

Selain itu, kita bisa pilih-pilih perabot bekas yang kondisinya masih baik. Alternatif beli online adalah bikin sendiri atau Do It Yourself (DIY), misalnya lemari.

Namun cara ini gak disarankan jika kita gak punya keterampilan. Bisa-bisa malah gagal, rugi waktu, tenaga, dan biaya. Kalau mau, bikin yang simpel-simpel kayak pernak-pernik, aksesori, dan pajangan rumah.

4. Cat satu warna

Daripada buat beli cat dengan warna macam-macam, mending bujet dialokasikan untuk hal lain. Memang, warna cat yang berbeda antara ruang tamu, kamar, dan ruang lainnya bisa terlihat menarik.

merancang rumah impian
Cat rumah warna-warni malah bikin ngiler, soalnya jadi mirip ager-ager(Cat Berwarna / modelrumahmodern)

Namun satu warna saja sebenarnya cukup. Terlebih jika memperhitungkan anggaran. Daripada beli banyak-banyak terus malah sisa, jadi mubazir.

5. Perabot terdepan

Ruang tamu adalah bagian yang sering jadi dasar penilaian orang terhadap suatu rumah. Jika ruangan ini tampak kusut dengan perabot murah, maka kiita gagal memikat tamu.

Karena itu, usahakan menaruh perabot terkeren dan termahal di ruangan ini. Misalnya, lebih memprioritaskan sofa empuk dengan kualitas premium daripada lemari pakaian di kamar.

6.Pajang rak buku

Pernak-pernik memang bisa bikin ruangan terlihat menarik. Tapi kalau kebanyakan, malah kesannya semrawut. Boros duit lagi.

Mending pajang rak buku lengkap dengan bukunya. Furnitur ini menambah nilai estetika ruangan. Selain itu, timbul kesan bahwa sang pemilik rumah peduli akan pengetahuan.

Enam tips merancang rumah impian dengan hemat di atas terutama cocok buat pasangan pengantin baru yang hendak beli rumah. Simpel saja dulu, lalu pelan-pelan isi rumah dengan furnitur yang lebih mentereng.

merancang rumah impian
Rumah bergaya industrialis selain hemat karena bisa pakai barang bekas, akan terlihat unik (Interior Rumah / Kompas)

Soal bujet mesti dipikirkan betul. Bila ternyata masih butuh suntikan dana untuk mewujudkan rumah impian itu, tenang.

Sekarang kita bisa mengajukan permohonan kredit tanpa agunan (KTA) hanya dengan modal kartu tanda penduduk (KTP). Di Tunaiku, misalnya, KTA bisa cair dengan cepat, bahkan bisa lebih cepat ketimbang proses di bank.

Selain itu, proses pengajuan KTA itu lebih praktis. Tak perlu ke luar rumah untuk cari tambahan dana. Cukup stand by di depan komputer atau smartphone dengan Internet, KTA bisa cair bila seluruh syarat terpenuhi.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 4 Hal Penting Dalam Membangun Rumah yang Wajib Diperhatikan]

[Baca: Silahkan Sepelekan Tips Keuangan untuk Pengantin Baru Ini Kalau Mau Finansial Keluarga Ambruk]

[Baca: Cara Bangun Citra Layak Mendapat Pinjaman KTA]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com