10 Cara Menabung Harian Rp 50-100 Ribu per Hari

by Tifanny 5.981 views0

pelajaran seputar keuangan

Meski sadar bahwa menabung itu penting banget, masih saja ada orang yang berdalih susah menabung. Sebenarnya, apa sih susahnya menyisihkan sebagian dari penghasilan tiap bulan?

Apalagi kalau gajinya sudah dua sampai tiga kali lipat di atas upah minimum, atau bahkan lebih. Heee, masak sih orang yang gajinya melimpah juga susah nabung?

Jangan salah. Orang yang gajinya besar gak selalu bisa memastikan pundi-pundi tabungan mereka menggembung tiap bulan. Bahkan ada pula yang malah terbelit utang, meski gak disadari.

Utang tapi gak sadar? Itu, tagihan kartu kredit yang dibayar minimum terus. Tinggal tunggu harinya saja itu, booom, meledak deh tagihan kartu kredit.

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

Tapi jangan khawatir. Kita mau bagi-bagi cara menabung Rp 50-100 ribu per hari. Bahkan bisa lebih banyak kalau mau dan mampu. Simak caranya di bawah ini:

1. Pikir-pikir

Saat akan beli sesuatu, pikir lagi. Benarkah barang itu dibutuhkan? Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk berpikir, apalagi jika harganya mahal. Seharian kalau perlu. Daripada malah menyesal karena gak butuh-butuh amat.

cara menabung harian
Duh si ibu mau belanja apa ujian, mikirnya lama banget hehehe

2. Cari hobi gratis

Beberapa orang punya hobi mahal, misalnya main golf dan paintball. Cobalah sesekali lakukan hobi itu tapi dengan cara yang baru, yang gratis. Misalnya main golf dan tembak-tembakan di video game. Intinya, hobi tetap jalan tapi dompet gak terkuras.

3. Gak perlu mampir

Kadang saat ke mal, kita pengin “mampir” ke suatu outlet. Niat awalnya sih mampir. Tapi, mata tergoda saat melihat ada barang bagus. Nah, daripada gak bisa nabung lagi, mending langsung lurus saja ke tujuan awal saat di mal.

4. Perkecil semuanya

Yang besar-besar biasanya harganya lebih mahal. Dari makanan sampai baju. Jadi, pilih yang lebih kecil saat beli sesuatu. Misalnya minum di resto fastfood, beli yang reguler saja. Badan dikecilin juga tuh, lumayan bisa pakai baju lama yang dulu kekecilan, gak perlu beli lagi.

5. Jalan-jalan

Bilangnya “jalan-jalan”, tapi kok naik kendaraan? Ini nih. Coba sesekali beneran jalan, gak naik motor atau mobil pada saat tertentu. Mau ke minimarket misalnya. Masak, jarak hanya 500 meter kudu nunggang motor? Irit bensin dan parkir, Bro!

6. Matikan listrik

Lampu dimatikan kalau ke luar rumah. Charger juga tuh. Biarpun gak nancep ke hape, listrik tetap tersedot. Artinya, tagihan jalan terus. Mending duitnya disisihkan, meski selisihnya hanya recehan.

[Baca: Siapa Bilang Uang Receh Itu Remeh, Simak Nih Manfaat Uang Receh]

7. Masak sendiri

Beli makan di luar diatur, mungkin bisa sekali seminggu. Sisanya, masak sendiri. Pasti pengeluaran bakal lebih sedikit. Selisihnya bisa deh masuk ke rekening tabungan.

cara menabung harian
Masak sendiri, makan sendiri, sedapnyeee!

8. Berburu diskon

Ketika akan beli sesuatu, cari yang ada diskonnya. Banyak situs yang ngasih info diskon dan program promo lain di Indonesia. Manfaatkan juga kartu kredit, siapa tahu banknya punya program diskon untuk produk tertentu.

[Baca: Yuk Ngirit, Pantau Terus 12 Website Diskon di Indonesia Ini!]

9. Olahraga di rumah

Yang rela bayar ratusan ribu bahkan jutaan hanya buat olahraga tiap bulan, mending pikir lagi. Nge-gym bisa dilakukan di rumah kok. Begitu juga yoga. Joging di deket rumah juga cukup buat bakar kalori. Gratis lagi.

10. Olah hobi

Hobi bisa menguras dompet, bisa juga bikin tebal. Yang hobi nyanyi, coba melamar ke kafe buat jadi penyanyi setempat. Yang hobi masak, bikin deh usaha kuliner kecil-kecilan. Pemasukannya bisa dipakai buat nambah tabungan.

Dari cara-cara di atas, bisa deh kita sisihkan duit buat masuk ke rekening. Rp 50 ribu sehari juga bisa kalau lancar. Yang jelas, jangan sampai gak pernah nabung selama sebulan.

Biarpun sedikit, tabungan tetaplah penting. Pasang target saja biar tiap bulan bisa meningkatkan saldo tabungan. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

cara menabung harian
Ayooo rajin menabung bro, jangan cuma rajin pacaran hehehe

[Baca: Ketahui 7 Jenis Tabungan Bank di Indonesia Ini Agar Tak Salah Pilih]

 

Image Credit:

  • http://pesanobat.co/wp-content/uploads/2015/04/supermarket.png
  • http://cdn-2.tstatic.net/lampung/foto/bank/images/cicip-masakan_20150618_131506.jpg
  • http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2014/09/o-STRESSED-COLLEGE-STUDENT-facebook1-750×500.jpg

 

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com