10 Cara Mengisi Waktu Luang yang Bakal Bikin Bisnis Kamu Lancar

by akbar 466 views0

Mengisi waktu luang

Mengisi waktu luang itu banyak caranya lho. Sayang banget kalau waktu luang kamu hilang begitu aja tanpa ada yang dihasilkan.

Selalu ingat ya, duit yang habis masih bisa cari. Tapi kalau waktu yang habis, kamu nggak akan bisa beli atau cari.

Makanya, jangan sia-siakan waktumu. Simak nih cara mengisi waktu luang yang bakal bikin bisnismu lancar.

1.Hangout dengan client lama

Ketika bisnis kamu lagi lancar-lancarnya nih, cobalah mengisi waktu luang dengan kongko bersama client lama. Dan jangan lupa, ceritain juga progres bisnismu ke dia.

mengisi waktu luang
Catching up dengan client lama itu penting sekali. Sang client pun bakal menilai, hubungannya denganmu nggak hanya sebatas “kalau ada perlunya saja” baru nelpon. (Makan siang bersama client/AllBusiness)

Sesukses apapun bisnismu, jangan pernah melupakan client lama. Karena mereka juga penyumbang omzet buatmu. Nggak menutup kemungkinan kan mereka bakal order barang atau jasamu lagi.

2.Nongkrong dengan teman-teman

Selain client lama, jangan lupakan teman-teman terdekatmu. Biasanya, ide pengembangan bisnis juga bisa muncul dari teman.

Kalau temanmu juga punya usaha, kamu bisa lihat apakah ada peluang kerja sama. Kerja sama dengan teman, kenapa tidak?  

3.Dengarkan audiobook untuk belajar

Sebagai pebisnis, belajar itu wajib. Apalagi yang bisnisnya sedang dalam tahap pengembangan. Dengarkan audiobook saja buat mengisi waktu luang kamu.

mengisi waktu luang
Zaman sudah maju, mau baca buku tapi nggak sempat ya dengarkan saja audibook. Praktis kan? (Mendengarkan audiobook/Audiobook Addict)

Kamu nggak perlu buka buku tebal atau baca-baca e-book di laptop. Kamu juga bisa dengarkan audiobook waktu kamu santai, nyetir, atau pas lagi di mall. Praktis kan?

4.Baca berita online lewat smartphone

Wajib juga hukumnya bagi pengusaha untuk update sama perkembangan terkini. Selalu cek portal berita online favorit kamu di waktu senggang.

Mengisi waktu luang dengan baca berita itu banyak manfaatnya. Selain bisa paham akan tren pasar saat ini, kamu bakal bisa memprediksi kondisi pasar di masa yang akan datang.

Nggak jarang para pengamat ekonomi memberikan analisa pasar lewat media. Analisa-analisa itu berguna buat masa depan bisnis kamu.  

5.Cek semua email yang masuk

Jangan lupa buat ngecek semua unread email yang masuk. Bisa jadi ada email penting dari calon client baru kamu.

Bersihkan juga email spam yang masuk, agar kotak emailmu terlihat bersih. Kalau sudah bersih kan kamu juga nyaman ketika buka email.

6.Kumpul bersama keluarga

Nggak peduli seberapa besar omzet bisnismu, kumpul bersama keluarga itu penting buat mengisi waktu luang. Bahkan kamu belum bisa dianggap sukses kalau tidak memiliki hubungan baik sama keluarga.

mengisi waktu luang
Apapun masalah yang sedang kamu hadapi, hal itu tidak boleh mengganggu aktivitasmu dalam mengisi waktu luang bersama keluarga. (Keluarga/Family Sites Catalog)

Ajak mereka sarapan pagi, olahraga bareng atau jalan-jalan sambil nonton. Kumpul bersama keluarga juga bisa mengurangi stress.

7.Lakukan evaluasi terhadap bisnismu

Coba deh pikirkan apa yang harus diperbaiki dari bisnis kamu. Dan apa saja yang sudah berjalan dengan baik.

Evaluasi memang penting, karena ini menyangkut masa depan bisnismu. Apa yang sudah berjalan baik pastinya harus dipertahankan.

8.Tulis target-target jangka pendek atau panjang

Setelah melakukan evaluasi, cobalah merenung sejenak untuk mikirin target jangka pendek atau panjang bisnismu. Bulan depan apa yangmau kamu capai? Siapa yang berpotensi jadi client baru? Promosi seperti apa yang efisien? 

Ketika target udah jelas, kamu bisa lebih fokus dalam gerakin bisnismu. Kalau perlu sekalian aja susun rencana kamu untuk beberapa hari ke depan.

9.Mengajar

Mengisi waktu luang dengan mengajar adalah cara yang bagus buat kamu untuk belajar. Berbagi ilmu pengetahuan itu mulia banget.

mengisi waktu luang
Mengajar itu juga proses belajar. Kesuksesan dalam berbagi ilmu itu sangat berharga (mengajar/Crossnews)

Proses mengajar ini bisa ngebantu kamu melihat kebutuhan industri dengan jelas. Kamu bisa belajar memahami perspektif orang lain dalam beragam hal.

Cobalah jadi mentor bagi karyawan atau anak magang. Keberhasilan mereka di masa depan bakal jadi bukti kesuksesan kamu.

10.Olahraga pastinya

Sempatkan waktu buat olahraga itu wajib. Sebagai pengusaha, kamu butuh badan sehat dan penuh energi.

Kalau kamu adalah seorang “morning person,” biasakan olahraga minimal 30 menit setelah sarapan. Atau mungkin kamu adalah pribadi yang gemar ke gym malam-malam. Sah-sah saja kok, intinya adalah olahraga dengan rutin.

Gimana bos, sudah siap atur jadwal buat mengisi waktu luang? Jangan lupa 10 hal ini ya. Semoga sukses terus.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mau Punya Usaha Sukses Gak Perlu Langsung Sewa Kios Mahal Kok, Ini Buktinya]

[Baca: Jangan Cuma Buat Isi Waktu, Ini Cara Memanfaatkan Hobi Buat Menambah Pundi-Pundi]

[Baca: 4 Hal Mendasar dan Penting Buat yang Mau Serius Buka Usaha]

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com