10 Reksadana Pasar Uang Terbaik 2017 dengan Return di Atas Deposito

by akbar 450 views0

reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang bisa dibilang merupakan instrumen reksadana dengan risiko paling rendah. Tapi meskipun risikonya rendah, return-nya masih lebih besar ketimbang deposito.

Dengan banyaknya produk reksadana pasar uang, sekarang gimana ya caranya mencari yang paling bagus?

Reksadana pasar uang memusatkan investasinya di deposito dan surat-surat berharga yang jatuh temponya di bawah setahun. So, itulah mengapa risiko berinvestasi di reksadana pasar uang lebih kecil.

Lantas gimana dengan return-nya? Tentunya gak sebesar pendapatan tetap atau saham. Tapi masih lebih besar daripada deposito yang saat ini bunganya makin tergerus hingga berada di angka empat persenan.

[Baca: Bunga Deposito Bank Makin Turun, Alihkan Danamu ke 4 Instrumen Investasi Ini]

Belum lagi, minimal investasi di deposito kurang lebih adalah Rp 5 juta, dan gak bisa seenaknya dicairkan sebelum jatuh tempo karena ada biaya pinalti. Sedangkan untuk reksadana, minimal investasi Rp 100 ribu dan uangmu bisa dicairkan kapanpun.

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia 10 reksadana pasar uang terbaik selama satu tahun berdasarkan data dari Bareksa.

DuitPintar sudah menghubungi manajer investasi dari masing-masing reksadana tersebut, dan 10 reksadana ini bisa dibeli untuk kalangan individu.

reksadana pasar uang
Sumber: Bareksa per 24 November 2017 (diolah)

1. Insight Money

Posisi pertama diduduki oleh Insight Money yang dikelola oleh PT Insight Investment Management. Reksadana yang diluncurkan pada 26 Agusus 2015 ini dana kelolaannya mencapai Rp 843 miliar. Tertarik untuk membeli? Hubungi saja kantornya di 021-29333078.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Reksadana pasar uang yang dikelola PT Sucorinvest Asset Management ini diluncurkan pada 20 Oktober 2014. Sucorinvest Money Market Fund memiliki dana kelolaan yang mencapai Rp 1 triliun. Reksadana ini bisa kamu beli secara online lewat Bareksa.

3. Pratama Dana Likuid

Pratama Dana Likuid dikelola oleh PT Pratama Capital Assets Management. Reksadana yang diluncurkan pada 21 Desember 2016 ini dana kelolaannya mencapai Rp 61 miliar. Tertarik untuk membeli? Hubungi saja sales agent-nya di 021-29035885.

4. Insight Money Syariah

Satu lagi produk dari PT Insight Investment Management yaitu Insight Money Syariah. Reksadana ini diluncurkan pada 30 September 2015 dengan dana kelolaan saat ini sebesar Rp 200 miliar. Hubungi 021-29333078 bila tertarik berinvestasi di reksadana ini.

5. Syailendra Dana Kas

Reksadana yang diluncurkan 12 Juni 2015 ini dikelola langsung oleh PT Syailendra Capital. Dana kelolaannya udah mencapai Rp 1,2 triliun. Reksadana ini sudah bisa dibeli secara online lewat Bareksa atau datang langsung ke kantor Syailendra.

6. Prospera Dana Lancar

Prospera Dana Lancar merupakan produk dari PT Prospera Asset Management yang meluncur pada 25 Agustus 2016 lalu. Dana kelolaannya sebesar Rp 64 miliar. Bila tertarik, kamu bisa mendaftarkan diri dulu di website Prospera dan mengunduh formulirnya.

7. Capital Money Market Fund

Reksadana ini adalah produk unggulan dari PT Capital Asset Management yang pernah menduduki peringkat pertama di Bloomberg. Diluncurkan pada 28 Desember 2015, reksadana ini punya dana kelolaan sebesar Rp 623 miliar. Kamu pun bisa membelinya di Bareksa atau dengan mengunduh formulirnya di situs resmi mereka.

8. CIMB-Principal Cash Fund

CIMB-Principal Cash Fund dikelola langsung oleh PT CIMB Asset Management dengan dana kelolaan sekitar Rp 1 triliun. Tertarik membeli reksadana yang diluncurkan pada 23 Desember 2011 ini? Kamu bisa beli online di Bareksa, atau langsung ke Bank CIMB Niaga dan agen sekuritas lainnya, seperti Indopremier dan Mandiri Sekuritas.

9. Maybank Dana Pasar Uang

Reksadana pasar uang yang diluncurkan pada 7 September 2011 ini dikelola oleh PT Maybank Asset Management. Total dana kelolaannya mencapai Rp 628 miliar. Bila tertarik membeli reksadana ini, kamu bisa kunjungi kantor PT Maybank Asset Management atau bertemu langsung dengan marketingnya. Bikin janji aja dulu dengan menghubungi 021-80657701.

10. Nikko Indonesia Money Market Fund

Reksadana ini dikelola oleh PT Nikko Securities Indonesia dan diluncurkan pada 12 November 2012. Total dana kelolaannya mencapai Rp 32 miliar. Reksadana ini ditawarkan secara eksklusif, hubungi 021-2510125 untuk informasi lebih lanjutnya.

Setelah tahu 10 produk reksadana pasar uang dengan kinerja terbaik tahun ini, kira-kira mau milih yang mana nih? Atau merasa kurang besar return-nya dan ingin ke reksadana pendapatan tetap aja? Boleh aja kok.

[Baca: Ini 10 Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik Selama 2017]

Mau pilih reksadana saham yang keuntungannya sampai 28 persenan per tahun juga bisa. Tapi, ada baiknya ukur dulu kemampuan dan profil risikomu dalam berinvestasi.

[Baca: Ini 10 Reksadana Saham Terbaik 2017 dengan Return Sampai 28%]

Kalau masih pemula, ada baiknya berinvestasi di instrumen yang profil risikonya rendah. Ya seperti reksadana pasar uang ini. Hitung-hitung belajar sebelum mencoba produk investasi lain yang lebih berisiko.

Yuk dimulai investasinya!

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com