Ini 10 Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik Selama 2017

by akbar 694 views0

reksadana pendapatan tetap

Ada ratusan produk reksadana pendapatan tetap yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi. Tapi, saking banyaknya, apa kamu tahu mana produk yang paling baik.

Sebelum ngomongin soal reksadana pendapatan tetap terbaik, mendingan kamu pahami dulu soal produk investasi yang satu ini.  

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang mayoritas dananya diinvestasikan di obligasi milik pemerintah dan swasta. Sementara itu, sisanya akan dialihkan ke instrumen pasar uang.

Reksadana pendapatan tetap saat ini memang dipandang sebagai investasi yang sangat menjanjikan, terutama setelah menurunnya suku bunga deposito. Mengapa demikian? Karena bunganya dalam setahun bisa mencapai di atas 10 persen. Risikonya pun terbilang cukup kecil.  

[Baca: Bunga Deposito Bank Makin Turun, Alihkan Danamu ke 4 Instrumen Investasi Ini]

Dengan melihat tingkat bunga tersebut, sudah jelas kalau investasi ini lebih nguntungin ketimbang deposito. Selain itu, kamu bisa menarik uangmu kapan saja, jelas beda sama deposito yang hanya bisa ditarik dalam waktu tertentu.

reksa dana pendapatan tetap
Ingat lho semua investasi pasti ada risikonya (invesatasi/dna india)

Nah, kalau kamu tertarik buat investasi di produk ini, jangan sembarangan pilih. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada ratusan produk reksadana pendapatan tetap di pasaran. Sekarang, gimana sih caranya mengetahui mana yang paling bagus?

Bagus-tidaknya reksadana, jelas diukur dari besarnya return yang bisa diberikan ke investor. Dan sebenarnya, kamu bisa cek ini di situs Bareksa dan Infovesta. Tapi, data kinerja reksadana di kedua situs tersebut bersifat umum, artinya gak cuma buat ritel, tapi juga buat korporat.

Misalnya, kamu lihat reksadana pendapatan tetap dari manajer investasi X tercatat memberikan return terbesar selama 2017. Tapi pas kamu mau investasi di sana, ternyata reksadana ini cuma diperuntukkan bagi korporasi tertentu. Yang artinya, investor ritel kayak kamu gak bisa investasi di sini.

[Baca: Baru Mau Mulai Investasi Reksadana? Ini 5 Hal yang Wajib Diperhatikan]

Nah, daripada zonk, DuitPintar udah merangkum daftar reksadana pendapatan tetap terbaik selama 2017. Produk-produk reksadana pendapatan tetap ini semuanya bisa dibeli oleh perorangan, jadi gak usah khawatir ditolak setelah menghubungi manajer investasinya ya.

Berikut ini 10 reksadana pendapatan tetap terbaik untuk periode Januari-1 November 2017:

reksa dana pendapatan tetap
Sumber: Bareksa.com (data per 1 November 2017/ diolah)

Untuk informasi lebih detail, berikut ini dirinci data masing-masing produk reksadana di atas:

1. Prospera Obligasi Plus

Produk yang dikelola oleh PT Prospera Asset Management ini berhasil menduduki peringkat pertama untuk kategori reksadana pendapatan tetap terbaik tahun ini. Diluncurkan sejak 2005, dana kelolaan produk reksadana ini mencapai Rp 56,73 miliar per akhir September 2017.

Bila kamu tertarik, kamu bisa menghubungi kantor pusatnya di nomor 021-29529408. Atau kamu juga bisa mengunjungi situsnya untuk informasi lebih lanjut.

2. Sucorinvest Bond Fund

Manajer investasi reksadana yang satu ini adalah PT Sucorinvest Asset Management. Baru diluncurkan pada 2016, dana kelolaannya sebesar Rp 25,46 miliar.

Bila kamu berminat, lakukan registrasi terlebih dulu ya di situsnya, cetak formulir dan kirim ke kantor pusatnya. Atau kamu bisa langsung menghubungi mereka di 021-29960800.

3. Reksadana Syariah Asanusa Sukuk Investment

Reksadana pendapatan tetap terbaik yang satu ini cocok buat umat muslim yang mencari produk investasi syariah. Dikelola oleh PT Asanusa Asset Management, aset investasi produk ini adalah sukuk Indonesia, surat berharga syariah negara, dan surat berharga komersial syariah.

reksa dana pendapatan tetap
Yang syariah pun juga ada lho (syariah/cara jadi kaya)

Baru diluncurkan pada Agustus 2016, dana kelolaan Asanusa Sukuk Investment tercatat sebesar Rp 15,55 miliar. Bila kamu tertarik, hubungi kantor pusatnya di 021-5153180 atau kunjungi langsung situsnya untuk info lebih lanjut.

4. PNM Dana Surat Berharga Negara

Reksadana pendapatan tetap yang dikelola PT PNM Invesment Management juga bisa jadi pilihan. Asetnya adalah obligasi dan instrumen pasar uang seperti halnya deposito. Walaupun baru diluncurkan Mei 2016, dana kelolaan produk ini sudah mencapai Rp 377,77 miliar per Oktober 2017 lho.

Untuk membeli reksadana yang satu ini, kamu hanya tinggal isi formulir yang bisa diunduh di situs PNM. Atau hubungi saja salesnya di 021-2511395.

5. Star Fixed Income II

Manajer investasi dari reksa dana pendapatan terbaik kelima ini adalah PT Surya Timur Alam Raya. Diluncurkan pada 2016, dana kelolaan produk ini tercatat sebesar Rp 21,63 miliar. Berminat untuk membeli produknya? Hubungi 021-3929220.

6. Manulife Obligasi Unggulan

Manulife Obligasi Unggulan dikelola langsung oleh PT Manulife Aset Management. Ini bisa dibilang dedengkot reksadana pendapatan tetap, soalnya udah diluncurin dari sejak 2003. Sampai Oktober, dana kelolaannya udah 295,48 miliar.

Sebelum membeli reksadana yang satu ini, kamu harus membuat akun dulu secara online. Kunjungi situsnya saja atau telepon customer care-nya di 021-25552255.

7. Victoria Obligasi Negara

Reksadana pendapatan tetap terbaik yang ini dikelola oleh Victoria Manajemen Investasi. Diluncurkan pada 2016, dana kelolaan produk ini tercatat mencapai Rp 125,52 miliar per Agustus 2017.

reksa dana pendapatan tetap
Yuk investasi dari sekarang demi masa depan yang lebih baik (investasi/mic)

Bila kamu tertarik membeli reksadana ini, kamu bisa menghubungi 021-72781861. Pihak sales-nya akan segera mengirimkan formulir pembelian via email. Jangan lupa lampirkan KTP dan NPWP juga ya.

8. Danareksa Pendapatan Tetap Indonesia Sehat

Danareksa Pendapatan Tetap Indonesia Sehat adalah reksadana dengan aset obligasi yang dikelola oleh PT Danareksa Investment Management. Meskipun baru diluncurkan Desember 2016, reksadana ini udah mencetak dana kelolaan sebesar Rp 478 miliar berdasarkan data Bareksa.

Tertarik berinvestasi di sini? Lakukan saja registrasi di situsnya, atau telepon langsung ke 1500688 dengan nomor ekstensi 2.

9. Kehati Lestari

Dengar namanya cukup unik sih ya. Kehati Lestari dikelola oleh Bahana TCW Investment. Sudah dipasarkan sejak 2007, dana kelolaan produk ini mencapai Rp 177,04 miliar per 20 Oktober 2017.

Untuk pembeliannya, sign up dulu ya di website Bahana TCW. Atau bila butuh informasi lebih lanjut silahkan telepon di 021-250-5585.

10.  RHB Fixed Income Fund 2

Reksadana pendapatan tetap ini dikelola oleh RHB Asset Management. Diluncurkan pada tahun lalu, dana kelolaannya hingga Juli 2017 tercatat sebesar Rp 160,7 miliar.

Mereka sudah punya beberapa selling agent, so kamu bisa membelinya di Maybank, RHB Sekuritas, dan Indopremier. Untuk info lebih lanjut, langsung aja ke situs resminya atau telfon 021-27830889.

Itulah 10 reksadana pendapatan tetap terbaik dalam periode Januari-1 November 2017. Tunggu apa lagi? Mumpung UMP 2018 bakal naik nih, kenapa gak dimanfaatkan saja untuk investasi?

[Baca: UMP 2018 Naik 8,71 Persen, Siap-Siap Atur Gajimu Kayak Gini]

Kalau gaji naik tapi malah jadi konsumtif, kapan mau jadi makmur. So, jangan nunda-nunda lagi ya untuk investasi. Segera alokasikan danamu sekarang juga demi masa depan yang cerah.

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com