Ini 10 Reksadana Saham Terbaik 2017 dengan Return Sampai 28%

by akbar 1.216 views0

untuk jam 3 blog

Mencari reksadana saham terbaik tentu bukan perkara mudah, mengingat ada ratusan produk reksadana di pasaran. Tapi gak usah khawatir, karena di sini kamu bisa menemukan reksadana saham yang return-nya mencapai 28 persen per tahun.

Reksadana saham tentu jadi pilihan tepat buat kamu masih ragu untuk berinvestasi langsung di saham. Baik saham maupun reksadana saham memang dikenal sebagai investasi yang sifatnya high risk high return, alias risiko dan keuntungannya sama-sama gede.

Salah satu risiko terbesarnya adalah fluktuasi harga saham, yang sekalinya turun bisa puluhan persen dalam hitungan hari. Namun jangan khawatir, risiko reksadana saham cenderung lebih kecil kok ketimbang investasi saham langsung.

[Baca: Curhat Duit: Reksadana Saham atau Saham, Mana yang Lebih Cocok?]

Mengapa demikian? Karena di reksadana saham, uangmu tetap akan dikelola oleh manajer investasi. Untuk alokasi investasinya, reksadana saham bakal menempatkan danamu sebesar 80 persen di saham, dan sisanya di instrumen lain sesuai prospektus.

Nah, sekarang pertanyaannya, mau investasi di reksadana saham yang mana? Tentu ini harus dipikirkan baik-baik, karena menyangkut masa depan finansialmu.

Tapi tenang, DuitPintar bakal membantumu memilih produk reksadana saham terbaik sepanjang tahun ini. Berikut ini 10 produk reksadana saham untuk investor individu yang bisa kamu pilih:

tebel untuk jam 3
Sumber: Bareksa per 7 November 2017 (diolah)

Mana yang Paling Cocok?

Setelah tahu daftar 10 reksadana saham terbaik, tentunya kamu harus menelisik lebih lanjut soal masing-masing produknya. Biar makin mantap menetapkan pilihan, simak ulasan lebih detail mengenai produk-produk reksadana saham tersebut.

1. Millenium Dynamic Equity Fund

Reksadana yang menduduki peringkat pertama ini dikelola oleh Millenium Capital Management dengan total dana kelolaan mencapai Rp 43 miliar. Diluncurkan pada 13 Agustus 2013, manajer investasi ini sedang melakukan rebalancing terhadap saham-saham dalam portofolionya. Dan ke depan, mereka akan berkonsentrasi di saham bluechip.

[Baca: Untungnya Investasi Saham Blue Chips, Cari Tahu Lebih Yuk!]

2. Sucorinvest Equity Fund

Reksadana saham yang dikelola oleh Sucorinvest Asset Management ini diluncurkan pada Mei 2012 silam dengan dana kelolaan sebesar Rp 489 miliar. Alokasi saham terbesarnya ada pada sektor finansial dan pertambangan.

3. Sucorinvest Maxi Fund

Masih dari Sucorinvest Asset Management, Sucorinvest Maxi Fund yang diluncurkan pada 1 Oktober 2014 memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 131 miliar. Konsentrasi sahamnya ada di sektor pertambangan, perdagangan, dan jasa.

4. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Yang terakhir dari Sucorinvest Asset Management, Sucorinvest Sharia Equity Fund yang diluncurkan 8 November 2013 menempati posisi keempat. Reksadana ini memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 31 miliar. Reksadana ini berfokus pada saham properti, konstruksi, infrastruktur, dan pertambangan.

5. Minna Padi Pasopati Saham

Reksadana yang dikelola oleh Minna Padi Asset Manajemen ini diluncurkan pada 21 Oktober 2016. Dana kelolaannya sendiri sekitar Rp 1,1 triliun. Adapun mayoritas dana kelolaan dialokasikan di saham-saham LQ45 dan saham IPO.

6. Maybank Dana Ekuitas

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa reksadana saham yang meluncur pada 23 April 2007 ini dikelola oleh Maybank Asset Management. Saat ini, total dana kelolaannya mencapai Rp 17 miliar. Fokus reksadana ini adalah saham-saham perusahaan consumer goods dan perbankan.

7. Eastspring Investment Value Discovery

Reksadana ini dikelola oleh Eastspring Investment Indonesia yang merupakan bagian dari perusahaan asuransi jiwa ternama, Prudential. Produk yang diluncurkan pada 29 Mei 2013 ini dana kelolaannya mencapai Rp 764 triliun! Saham-saham yang ada di reksadana ini kebanyakan berasal dari sektor finansial, consumer goods, dan infrastruktur.

8. Oso Sustainablity Fund

Reksadana yang diluncurkan pada 9 September 2013 ini dikelola langsung oleh PT Oso Management Investasi. Dana kelolaannya mencapai Rp 4 miliar, dan reksadana ini berkonsentrasi di saham-saham telekomunikasi, energi, dan consumer goods.

9. Eastspring Investment Alpha Navigator

Satu lagi dari Eastspring Investment Indonesia, reksadana ini diluncurkan pada 19 Agustus 2012 dengan dana kelolaan sebesar Rp 227 miliar. Eastspring Investment Alpha Navigator berfokus pada saham-saham keuangan dan consumer goods.

10. Syailendra Equity Opportunity Fund

Syailendra Equity Opportunity Fund merupakan reksadana yang dikelola oleh PT Syailendra Capital. Dana kelolaannya mencapai Rp 567 miliar, dan sampai saat ini berfokus pada saham-saham yang ada di dalam indeks LQ45.

Itulah 10 reksadana saham terbaik yang bisa kamu pilih sebagai investasi jangka panjang. Pokoknya, dijamin deh semuanya bisa dibeli secara perorangan.

Kalau memang masih belum siap berinvestasi di reksadana saham, mungkin ada baiknya mencoba reksadana lain yang risikonya lebih kecil, seperti reksadana pendapatan tetap. Walau return-nya gak sebesar reksadana saham, tapi jelas lebih aman.

[Baca: Ini 10 Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik Selama 2017]

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com