15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

by 11.009 views0

mengatur keuangan pribadi

Gaji sebulan cuma numpang lewat. Hampir separuh gaji habis buat bayar utang.

Kalau dua ‘fenomena’ tersebut sering terulang berarti ada yang salah dengan cara mengatur keuangan kita. Salah satu hal yang bikin keuangan kita amburadul adalah kebiasaan kita sendiri.

Kita nggak terbiasa disiplin mengatur keuangan dan nggak bisa membedakan antara nafsu dan kebutuhan. Tapi tenang, nggak ada kata terlambat. Kalau memang pengin memperbaiki kondisi keuangan, sekaranglah saatnya.

Nah, beberapa kebiasaan mengatur keuangan pribadi ini wajib kamu terapkan biar gaji nggak cuma numpang lewat doang. Coba simak!

1. Melacak pendapatan dan pengeluaran

Seringkali kita nggak peduli dengan pengeluaran kita. Kemana saja gaji sebulan kita pergi? Melacak pendapatan dan pengeluaran bisa dilakukan dengan membuat pembukuan sederhana. Kalau nggak mau repot bisa pakai  aplikasi pengatur keuangan di smartphone-mu.

[Baca: Resolusi 2016: Cobain Aplikasi Pengatur Keuangan Ini Biar Finansial Nggak Amburadul Kayak Tahun Sebelumnya]

mengatur keuangan pribadi
Berapa juta angpau yang kamu kasih ke saudara-saudara pas lebaran kemaren?

2. Memberi angpau

Undangan pernikahan kerabat atau teman bisa datang bertubi-tubi dalam sebulan. Menyumbang uang memang sah-sah saja, tapi tetap harus diingat: jangan sampai kocek jebol gara-gara keseringan memberi sumbangan.

3. Cek tagihan

Terbiasa mengecek tagihan itu penting. Struk belanja sampai yang paling penting tagihan kartu kredit. Ini penting agar kita nggak menemukan biaya siluman disitu.

4. Manfaatkan internet

Sudah nggak jaman mengantre di bank cuma buat transfer. Manfaatkan e-banking dong.

Apalagi kalau kita mau membandingkan dan mengajukan produk perbankan kayak kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan motor, kartu kredit, dll. Dengan internet kamu sudah nggak perlu keliling bank cuma buat mencari informasi.

5. Menabung, menabung, menabung

Kebiasaan menabung memang perlu dipupuk sejak dini. Tapi nggak ada kata terlambat buat kamu yang nggak terbiasa.

tabungan masa depan
Walaupun recehan kalau tekun ditabung juga bisa jadi segunung lho

Mulailah menyisihkan sebagian kecil gajimu. Ini penting buat dana cadangan atau dana masa depan.

6. Manfaatkan kartu kredit

Siapa bilang kartu kredit itu kartu setan? Kalau digunakan dengan bijak, kartu kredit justru memudahkan hidup.

Belanja bulanan dan beli tiket bakal lebih mudah. Nggak jarang kartu kredit yang menawarkan promo, point rewards dan cash back.

[Baca: Kartu Kredit Tambahan Itu Rezeki, tapi Bisa Juga Jadi Bencana]

7. Selalu bikin pos pengeluaran

Sehabis gajian selalu bikin pos-pos pengeluaran. Daftar pengeluaran ini harus dipatuhi biar nggak kelimpungan menjelang akhir bulan.

8. Menghindari biaya yang nggak perlu

Sering telat bayar tagihan dan kena denda, memakai jasa calo, melanggar lalu lintas yang berujung tilang. Biaya yang nggak perlu ini sering kita sepelekan karena merasa gaji kita sudah lumayan. Kalau nggak disiplin dalam hal sepele kayak gini bagaimana bisa mengatur keuangan dengan bijak?

trik menabung uang
Contoh yang bisa diambil dari ibu-ibu. Gak pernah sungkan membandingkan dan kalau perlu tawar habis-habisan

9. Selalu membandingkan

Pastikan untuk selalu membandingkan harga saat mau membeli barang. Entah itu barang elektronik, smartphone atau tiket pesawat. Nggak ada alasan untuk malas, wong sudah ada teknologi internet kan?

10. Selalu merawat

Terbiasa untuk merawat itu bagus. Nggak cuma barang yang harus dirawat biar awet, merawat diri sendiri juga penting.

Sakit itu mahal harganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

11. Menahan diri

Nafsu dan keinginan bisa muncul kapan saja. Apalagi kalau lagi jalan-jalan ke mall.

Melihat papan diskon besar dada langsung deg-degan. Memang susah menahan diri, tapi daripada kelaparan di akhir bulan, mending tahan dulu belanja yang nggak perlu.

Ingat, diskon bisa terjadi setiap saat. So sabar aja.

12. Selalu pasang target

Ada prinsip dalam hidup ‘let it flow’. Prinsip ini nggak salah.

Tapi memasang target dalam hidup bakal jauh lebih baik. Misalnya saja, saat menginjak usia 30 harus sudah punya rumah. Usia 35 tahun harus punya usaha sendiri.

menentukan target kerja
Pasang target apapun itu. Bisa karir, keuangan atau bisnis

Tapi jangan cuma pasang target kosong. Pegang teguh target itu dan berusaha memenuhinya.

[Baca: Perencanaan Keuangan Masa Depan Itu Penting Kalau Gak Mau Tujuan Hidup Hanya Angan-angan Semu]

13. Evaluasi diri

Evaluasi diri sendiri. Jangan nunggu akhir tahun buat evaluasi. Mengevaluasi kesalahan dan hal-hal yang telah dilakukan merupakan kebiasaan yang bagus. Dengan evaluasi kita bisa belajar untuk nggak jatuh ke lubang yang sama.

14. Antisipasi

Mengantisipasi kejadian yang belum terjadi itu harus dilakukan. Contohnya, menyiapkan dana cadangan buat mengantisipasi kejadian yang nggak terduga.

15. Berpikir panjang

Berpikir panjang dan ke depan. Menginvestasikan danamu itu termasuk contoh berpikir panjang. Artinya, dengan berinvestasi kamu sedang menyiapkan masa depanmu.

Nah, kira-kira kebiasaan tersebut di atas sudah kamu terapkan belum? Kalau belum, nggak ada kata terlambat kok.

 

Image credit:

  • http://finansiala.com/wp-content/uploads/2015/04/Menabung-Itu-Ternyata-Mudah.jpg
  • http://4.bp.blogspot.com/-6ovhW4ROlMI/UD7jysVSTfI/AAAAAAAADSc/IUqIfDB2eh4/s1600/mall+transaksi.jpg
  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/09/18/431092/670×335/kejagung-sita-3-amplop-total-rp-120-juta-di-kemenkum-ham.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com