15 Mal Terbesar di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Kalau Liburan ke Daerahnya

by DuitPintar 5.554 views1

mal terbesar di Indonesia-thumbnail

Mal dan hiburan sekarang jadi dua hal yang ga bisa dipisahkan. Mal ga hanya jadi tempat belanja, tapi juga bisa bikin fresh pikiran yang suntuk. Itu sebabnya mal jadi lokasi favorit warga buat berlibur.

 

Kalau kamu sedang merencanakan liburan ke suatu daerah, ga ada salahnya coba kunjungi mal terbesar di daerah itu. Hitung-hitung refreshing dan membandingkannya dengan mal yang ada di kotamu. Ini 15 mal terbesar di Indonesia yang bisa kamu kunjungi:

 

1. Hermes Palace Mall (Banda Aceh)

Hermes Palace Mall Banda Aceh
Hermes Palace Mall (Banda Aceh)

 

Hermes Palace Mall terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh. Mal ini gampang diakses dari mana-mana. Di sekitarnya banyak terdapat hotel dan rumah makan.

 

Toko yang menyewa tempat di mal ini beragam, baik berskala nasional maupun internasional. Di antaranya Matahari Dept. Store, Buccheri, Planet Surf, dan Optik Melawai. Mal ini juga punya fasilitas bermain anak yang luasnya sampai 2.000 meter persegi, namanya Hermes Happy Land.

 

2. Medan Mall (Medan)

Medan mall
Medan Mall, Medan

 

Meski banyak mal berdiri di Kota Medan, mal yang satu ini tetap jadi pilihan favorit warga Medan dan sekitarnya. Salah satu sebabnya adalah adanya Pusat Pasar yang terletak dekat dengan mal ini.

 

Jalan di sekitar mal ini cukup rawan macet karena berada di tengah kota. Jika mau datang ke mal ini, mending hindari jam pulang sekolah/pulang kerja biar ga kejebak macet.

 

3. Plaza Andalas (Padang)

Plaza Andalas Padang
Plaza Andalas, Padang

 

Gempa 2009 yang menerjang Kota Padang turut merusak mal terbesar di Kota Padang ini. Tapi pengelola mal langsung bikin proyek renovasi setahun kemudian dan mal ini kembali tegak berdiri.

 

Tapi Lippo Plaza rencananya juga akan dibangun di Padang. Jika jadi dibangun, Plaza Andalas pastinya kalah oleh Lippo Plaza yang menyajikan kawasan mal yang terhubung dengan hotel dan bahkan rumah sakit.

 

4. Nagoya Hill Mall (Batam)

 

nagoya hill batam
Nagoya Hill, Batam

 

Nagoya Hill Mall terletak di kawasan superstrategis di tengah Kota Batam. Mal terbesar di Batam ini pernah terbakar pada 2013, tapi kini sudah kembali berbenah.

 

Di sekitar mal ini banyak terdapat restoran, kafe, kantor, apartemen, dan dekat dengan terminal feri. Tak sulit menuju area superblok ini, sebab terletak di jantung kota.

 

5. Palembang Indah Mall (Palembang)

 

Palembang Indah Mall
Palembang Indah Mall, Palembang

 

Mal yang populer di kalangan anak muda Palembang dengan sebutan PIM ini adalah mal yang mengusung konsep e-lifestyle. Tak hanya ABG, keluarga pun kerap refreshing di mal ini saat akhir pekan.

 

Selain itu, eksekutif muda Palembang juga sering menyambangi mal ini untuk sekadar nongkrong ataupun meeting. Mal ini sangat menyerupai mal di Jakarta yang komplet dan penuh hiburan.

 

6. Taman Anggrek (Jakarta)

mal taman anggrek
Mal Taman Anggrek, Jakarta

 

Bicara soal mal di Jakarta, pilihannya buanyaaak buanget. Tapi yang terbesar adalah Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat. Bahkan tak hanya di Jakarta, tapi Indonesia.

 

Saat didirkan pada 1996, TA adalah mal terbesar di Asia Tenggara. Lokasi mal ini sangat strategis, dekat dengan kawasan Segitiga Emas di Jakarta dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

 

7. Supermal Karawaci (Tangerang)

supermal karawaci tangerang
Supermal Karawaci, Tangerang

 

Tangerang punya mal yang lebih besar ketimbang tetangganya, Jakarta. Supermal Karawaci namanya. Mal ini berdiri pada 1992 dengan nama Lippo Supermall dan sempat dijarah serta dibakar dalam kerusuhan 1998.

 

Setelah direnovasi, mal ini berubah nama dan semakin luas. Lippo sebagai pengembang mal ini berencana membangun Lippo Grand Mall yang bakal menjadi mal terbesar se-Nusantara.

 

8. Summarecon Mall Bekasi (Bekasi)

 

Sumareccon Mall Bekasi
Sumareccon Mall, Bekasi

 

Summatecon Mall cabang Bekasi ini baru dibangun, bersamaan dengan kawasan perumahan elite di sana. Yang paling keren dari mal ini adalah foodcourt-nya yang sampai ada tiga. Dua menjual makanan modern, satu makanan tradisional.

 

Mal ini gampang banget diakses karena dekat dengan Stasiun Bekasi. Pengembang mal ini bahkan niat membangun jalan layang sendiri agar mempermudah akses menuju mal dan perumahan.

 

9. Trans Studio Mall (Bandung)

trans studio mall bandung
Trans Studio Mall, Bandung

 

Dibangunnya Trans Studio Mall dari Bandung Supermal membuat mal lain di Bandung kalah populer. Sebab, ada wahana Trans Studio yang menyajikan banyak hiburan buat keluarga.

 

Mal ini memang membawa konsep mal yang ramah buat keluarga. Lokasi mal ini pun sangat strategis, yaitu di kawasan Jalan Jenderal Gatot Subroto.

 

10. Hartono Lifestyle Mall (Yogyakarta)

hartono lifestyle mall yogyakarta
Hartono Lifestyle Mall, Yogyakarta

 

Mal ini memang belum dibuka, tapi pembukaannya ga lama lagi kok, yaitu Mei 2015. Mal ini bakal menjadi yang terbesar di Jawa bagian tengah karena terhubung dengan Hotel JW Marriott.

 

Kalau kamu di Yogyakarta sebelum Mei 2015, bisa kunjungi Plaza Ambarukmo. Mal yang dibuka pada 2006 ini mudah dijangkau, apalagi dari Bandara Adisutjipto.

 

11. Grand City (Surabaya)

grand city surabaya
Grand City, Surabaya

 

 

Selain bergelar mal terbesar di Surabaya, Grand City adalah mal termewah di ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Grand City Surabaya dibangun dengan inspirasi Suntec Singapura.

 

Ga heran kalau mal ini dipenuhi tenant yang terkenal dengan barang mewahnya serta punya tempat pertemuan yang amat luas.  Mal ini lokasinya berdekatan dengan Stasiun Gubeng dan gampang diakses dari mana saja.

 

12. Mal Bali Galeria (Bali)

mal bali galeria
Mal Bali Galeria, Bali

 

Siapa bilang berwisata ke Bali hanya bisa menikmati pantai atau persawahan? Setelah puas main air di Pantai Kuta, kamu bisa langsung menuju Mal Bali Galeria yang terletak di kawasan Simpang Dewaruci.

 

Mal Bali Galeria sangat lengkap dalam soal produk untuk anak kecil hingga dewasa. Mal ini bisa jadi dimasukkan dalam paket wisata ke Bali karena daya tariknya. Soalnya, kerap ada pameran produk UKM di sini, terutama yang berkaitan dengan kesenian.

 

13. Big Mall (Samarinda)

Big Mall Samarinda
Big Mall, Samarinda

 

Sesuai dengan namanya, Big Mall ini memang sangat besar. Bahkan Big Mall bukan hanya terbesar di Samarinda, tapi juga kawasan Indonesia timur.

 

Mal ini baru dibuka pada 2014, tapi sudah penuh dengan penyewa. Ada juga bioskop The Studio Premiere yang menjadi bioskop Premiere pertama di Samarinda.

 

14. Trans Studio (Makassar)

trans studio makasar
Trans Studio Makassar

 

Trans Studio Mal di Makassar mirip dengan Trans Studio di Bandung. Kalau kamu bosan ketemu suasana yang sama dengan mal di Bandung itu, ada sejumlah pilihan lain. Salah satunya Mal Panakkukang.

 

Setelah 3 tahun dibangun dari 2003-2006, Mal Panakkukang menjadi mal terbesar di Makassar. Mal ini terhubung dengan Panakkukang Square.  Lokasinya sangat strategis karena berada di kawasan paling ramai di tengah Kota Makassar.

 

15. Mal Jayapura (Jayapura)

mal jayapura
Mal Jayapura, Jayapura

 

Keliru kalau kamu mengira di Jayapura tidak ada mal seperti di Jakarta. Mal Jayapura yang didirikan pada 2012 punya konsep yang serupa dengan mal di Ibu Kota.

 

Keberadaan mal ini bahkan menyejajarkan posisi Papua dengan provinsi lain. Mal ini rajin menggelar event setiap bulan dan sangat ramai dikunjungi warga setempat.

 

 

Itulah kelima belas mal di daerah yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke sana. Saat shopping, ingat kreditan di rumah, ya, biar uang saku ga abis buat belanja.

 

 

Image credit:

  • http://seputaraceh.com/wp-content/uploads/2012/06/Hermes-Palace-Mall-Banda-Aceh.jpg
  • http://static.panoramio.com/photos/large/70015297.jpg
  • https://c1.staticflickr.com/9/8258/8606400512_553d61b202_z.jpg
  • http://enjoybatam.com/wp-content/themes/journey/timthumb.php?src=http%3A%2F%2Fenjoybatam.com%2Fgallery%2Fphotos%2FC360_2012-02-0120-18-55.jpg&q=90&w=638&zc=1
  • http://panduanwisata.id/files/2013/04/pim1.jpg
  • http://www.vjfader.com/wordpress/wp-content/uploads/2012/11/Facade-Taman-Anggrek-1-large.jpg
  • http://statik.tempo.co/?id=88008&width=475
  • http://www.summarecon.com/images/gallery/Summarecon-Mal-Bekasi-1.jpg
  • http://s523.photobucket.com/user/hildalexander/media/plot17.jpg.html
  • http://www.indolivestock.merebo.com/English/Floorplan/GrandCity1.jpg
  • http://static.asiawebdirect.com/m/bangkok/portals/bali-indonesia-com/homepage/kuta-beach/mal-bali-galeria/pagePropertiesImage/mal-bali-galeria-shopping-complex.jpg
  • http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20140513_173832_big-mall-samarinda.jpg
  • http://static.panoramio.com/photos/large/38791548.jpg
  • http://static.panoramio.com/photos/large/84140382.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com