4 Bank Besar Mau Bikin Sistem Uang Elektronik Terpadu. Apa Sih Untungnya?

by akbar 426 views0

sistem uang elektronik

Wah asyik nih. Sebentar lagi bakal ada sistem uang elektronik baru yang digarap sama empat bank besar, yaitu BCA, Mandiri, BRI dan BNI.

Empat bank ini sudah menguasai 75 persen pangsa pasar kartu debit dan kredit di Indonesia, dan masing-masing sudah punya produk uang elektronik sendiri. BCA punya Flazz, Bank Mandiri punya e-Money, BNI punya Tapcash, dan BRI punya Brizzi.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kerja sama itu merupakan implementasi dari penandatanganan MoU tentang interkonektivitas dan interoperabilitas dalam rangka National Payment Gateway (NPG) yang digagas BI. Rencananya sih sistem ini bisa selesai dalam waktu dua bulan sejak Januari 2017.

Nah kalau ngomongin soal kelebihan uang elektronik, sudah pasti praktis dalam pembayaran. Gak perlu bawa cash banyak-banyak yang akhirnya bikin dompet gendut.

Di samping itu, kalau empat bank itu bikin satu sistem uang elektronik bersama, ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Ini dia keuntungannya:

1.  Gak ribet bayar tol

 

Sistem uang elektronik
tinggal tempel langsung cabss, gausah lama ngantri (ditawarin e-toll card / merdeka)

Saat ini Gerbang Tol Otomatis (GTO) hanya bisa dilalui sama pemilik uang elektronik milik bank pemerintah. Flazz BCA baru bisa dipakai untuk tol Cipali.

Setelah sistem kolaborasi uang elektronik itu jadi, pemilik BCA Flazz bisa masuk GTO. Dan pastinya hal ini efektif buat mengurangi antrian panjang di depan gardu tol.

2. Gak ribet bayar parkir

Kalau sekarang bayar parkir yang dikelola Secure Parking cuma bisa pakai kartu Flazz BCA. Paling parkir di bandara saja kan yang bisa dibayar pakai uang elektronik bank Pemerintah.

Setelah ada sistem uang elektronik terpadu ini,  gak menutup kemungkinan kamu bisa bayar pakai e-Money, Tapcash BNI dan Brizzi. Gak perlu stok duit receh lagi deh di mobil.

3. Lebih praktis untuk urusan top-up

Sistem uang elektronik
apapun kartunya bisa top up dimana aja (berbagai kartu e-money / kompas)

Setelah ada sistem uang elektronik hasil kerja sama empat bank ini, secara gak langsung makin banyak gerai yang menawarkan isi ulang. Begitu pula dengan fitur top-up di ATM.

Sejauh ini, kamu hanya bisa melakukan top-up untuk e-Money di ATM bersama. Flazz BCA hanya menerima top-up di ATM BCA.

4. Gak perlu punya kartu banyak

sistem uang elektronik
Di dompet pasti ada kartu debet, KTP, kartu debit. Kalau sudah ada sistem uang elektronik gak perlu lagi bawa kartu bejibun di dompet kan (kartu kredit / elsewhereman)

Kalau udah ada satu sistem uang elektronik, buat apa bikin kartu banyak-banyak? Cukup salah satu saja dari empat itu, toh juga sudah dapat fitur banyak. Dompetmu juga makin langsing!

Selain empat keuntungan itu, pasti bakal ada keuntungan lain yang bisa didapat lewat penyatuan sistem uang elektronik ini. Lagipula, transaksi dengan uang elektronik itu juga lebih aman.

Aman dalam artian bebas risiko uang hilang atau lecek. Bagi merchant, pastinya mereka bakal terhindar dari risiko menerima uang palsu.

Belanja pakai uang elektronik juga bisa lebih hemat. Kok bisa? Uang elektronik kan sistem penggunaannya kayak pulsa. Jadi harus rajin top-up saldo. Jumlah saldonya bisa diatur sesuai kebutuhan dong pastinya.

Jadi, dengan adanya sistem ini pasti makin asyik dong kita bertransaksi. Bank boleh beda, tapi kemudahan transaksi sama rata.   

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Apa Itu Dompet Elektronik? Kenalan Dulu Sebelum Belanja Online]

[Baca: Lebih Hemat Mana, Transaksi Tunai atau Non-Tunai?]

[Baca: Hidup di Pelosok dan Gak Ada Bank? Sudah Ada Layanan Keuangan Digital Lho!]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com