4 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Beli Asuransi Properti Terbaik

by DuitPintar 4.280 views0

asuransi properti terbaik

Bersyukurlah kalau kamu ada di antara kalangan orang yang sadar bahwa asuransi rumah itu penting. Harga rumah dan isinya gak hanya seratus-dua ratus ribu.

Bahkan ada yang sampai bermiliar-miliar. Rugi besar jika terjadi sesuatu yang menimpa aset itu.

Jika rumah diasuransikan, kita bisa langsung bertindak ketika terjadi insiden terhadap rumah. Misalnya kebakaran. Kita bisa segera merenovasi rumah itu dari klaim asuransi rumah.

Untungnya, asuransi rumah menjadi salah satu syarat permohonan kredit pemilikan rumah (KPR). Jadi, tiap orang yang hendak beli rumah lewat KPR wajib menjadi peserta asuransi rumah.

Begitu pula dengan apartemen. Pokoknya semua properti yang dibeli secara kredit. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship.

Tiap-tiap asuransi punya perhitungan sendiri untuk menilai suatu rumah. Yang pasti, makin tinggi nilai rumah, makin besar preminya.

Gak hanya rumah lho, yang bisa diasuransikan. Isinya juga bisa masuk polis asuransi rumah, misalnya perabot rumah tangga dan barang dagangan.

Tapi, gak semua produk asuransi cocok dengan kondisi kita. Tiap orang punya kebutuhan asuransi sendiri-sendiri.

Setidaknya ada 4 hal yang wajib kita perhatikan sebelum beli asuransi properti terbaik. Simak berikut ini:

1. Apa saja yang dilindungi?

Kalau sudah ikut asuransi rumah, otomatis semua yang menyangkut rumah dijamin? Belum tentu. Kita mesti mengecek dulu apa saja yang dilindungi oleh asuransi itu.

asuransi properti terbaik

Cek dan ricek dulu, apakah asuransi bakal menanggung semua isi rumah?

Biasanya, ada 4 obyek perlindungan yang ditawarkan dalam asuransi rumah, yakni:

  • Struktur rumah
  • Isi rumah
  • Tanggung jawab perlindungan
  • Uang kehidupan ketika rumah gak bisa ditinggali akibat bencana

Konyol kalau beli asuransi tanpa membaca dulu penawarannya. Nanti kalau sudah kejadian, mau klaim ditolak, baru deh protes.

[Baca: Yuk, Pahami PSKBI Agar Klaim Asuransi Anda Tak Ditolak]

2. Satu perusahaan lebih baik

Kalau udah punya asuransi lain, mending pertimbangkan ambil asuransi rumah dari perusahaan yang sama. Misalnya mobil sudah diasuransikan di perusahaan ABC.

Kalau mau ikut asuransi rumah, hubungi perusahaan itu. Dengan begitu, kita akan mendapat kemudahan karena sudah menjadi konsumen. Siapa tahu ada diskon, lumayan. Daripada lu manyun.

3. Pasang badan

Sudah menjadi tugas agen asuransi untuk mengiming-imingi orang keuntungan berasuransi. Masalahnya, ada juga agen yang nakal.

Yang diberi tahu baik-baiknya saja. Sisi risikonya gak dijelaskan. Apalagi dibumbui janji ini-itu.

asuransi properti terbaik

Hidup di daerah rawan banjir, ya mending sadar diri buat mengasuransikan rumah

Sebelum meneken perjanjian, coba cross check dengan agen lain dari perusahaan yang sama. Apa janji-janji itu benar ada? Kalau gak, tinggalkan saja cari yang lain.

4. Butuh gak?

Jika kondisi finansial memungkinkan, lebih baik beli asuransi yang memberikan proteksi menyeluruh. Dari kebakaran, tanah longsor, gempa, hingga banjir. Tapi, asuransi ini butuh duit premi yang lebih gede.

Karena itu, jika ada prioritas lain, gak ada salahnya memilih perlindungan yang dianggap lebih utama. Misalnya rumah bukan di daerah banjir. Lebih baik gak usah beli proteksi banjir daripada mubazir.

Yang wajib tampaknya asuransi kebakaran. Sebab, kita gak pernah bisa prediksi kapan bencana api itu menimpa. Bisa saja terjadi korslet tanpa kita sadari.

[Baca: Apa Bedanya Produk Asuransi Kebakaran dengan Asuransi Properti? Ini Jawabnya..]

Asuransi rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern yang sadar akan pentingnya asuransi. Kecuali kita peramal yang bisa membaca gejala datangnya bencana, asuransi itu sangat dibutuhkan karena bagian dari investasi keuangan.

[Baca: Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda]

 

 

Image credit:

  • https://www.futuready.com/images/article/large/3-pertimbangan-sebelum-memilih-asuransi-rumah.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2013/03/05/id_170845/170845_620.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com