Ini 4 Keunggulan Menggunakan Kartu Kredit daripada Kartu Debit

by Tifanny 484 views0

menggunakan kartu kredit

investasi dengan modal Rp 1,5 juta

Kamu pasti sering memanfaatkan kartu kredit dan kartu debit untuk bertransaksi. Tapi tahu gak kalau masing-masing kartu itu menawarkan jasa yang berbeda?

Transaksi dengan kartu debit, artinya kamu membayar langsung dengan uang yang ada di tabungan. Sementara transaksi dengan kartu kredit itu artinya kamu membayar dengan uang bank yang tagihannya baru harus dilunasi pada akhir bulan.

Fungsi keduanya memang sama, yaitu sebagai alat pembayaran. Tapi mana sih yang lebih aman? Jawabannya adalah menggunakan kartu kredit. Gak percaya? Berikut ini alasannya:

1. Transaksi kartu kredit lebih dilindungi oleh hukum

menggunakan kartu kredit
Tenang deh selama dilindungi sama hukum, kalau macem-macem digetok sama pak Hakim! (Legal / fokusjabar)

Kalau kamu adalah tipe yang gak disiplin bayar utang, mungkin bertransaksi dengan kartu debit mungkin lebih sering kamu lakukan. Ini gak salah. Tapi jika berbicara soal keamanan, kartu kredit sebenarnya merupakan pilihan yang lebih tepat.

Kenapa? Karena keamanan transaksi kartu kredit itu dilindungi oleh hukum. Sebagai contoh, transaksi sah kartu kredit yang disebabkan oleh kesalahan penjual dapat dibatalkan.

Jika penjual menolak membatalkan transaksi, kamu juga dapat menahan pembayaran. Sangat berbeda dengan kartu debit yang hanya dapat membatalkan transaksi tidak sah.

2. Ada jaminan keamanan dalam transaksi online

Kartu debit memang dapat digunakan untuk melakukan pembelian secara online, sama halnya seperti kartu kredit. Tapi kalau kamu gak puas dengan barang yang dibeli atau jika ada cacat pada barang, transaksi kamu tidak dapat dibatalkan jika penjual tidak mau bertanggung jawab.

Nah, kalau kamu menggunakan kartu kredit dan menghadapi kasus serupa, maka kamu dapat membatalkan transaksi tersebut.

menggunakan kartu kredit
Bisa kok dibatalkan, dan gak ditagihkan kalau gak sesuai promosi (bawa kabur uang / merdeka)

Sebagai contoh, jika penjual memasukkan jumlah transaksi lebih banyak dari seharusnya, produk gagal diterima oleh pembeli, barang cacat, atau bahkan jika kamu tidak puas dengan produk yang dibeli, maka kamu bisa melaporkan kasus itu ke bank terkait. Kamu pun tidak perlu membayar tagihan untuk transaksi tersebut sebelum masalah terselesaikan.

3. Penyalahgunaan kartu kredit dapat diatasi

Penyalahgunaan kartu debit dapat dilakukan, antara lain jika kartu debit kamu hilang atau dicuri. Nah, kalau ada orang yang menyalahgunakan kartu debit kamu itu dan menghabiskan seluruh isi tabungan, maka uangmu tidak akan kembali sampai masalah terselesaikan.

Berbeda halnya dengan kartu kredit. Kamu bisa memonitor penyalahgunaan kartu kredit setiap saat, karena ada laporan setiap kali ada yang menggesek kartu kredit untuk transaksi. Dan jika terbukti bukan kamu yang menggunakan, tagihan kartu kreditmu tidak akan bertambah.

4. Kartu kredit melindungi transaksi dengan lebih baik

menggunakan kartu kredit
Pengamanan kartu kredit berlapis kok, jadi harusnya lebih tenang ya (secure / itpro)

Kartu kredit melindungi transaksi kamu lebih baik daripada kartu debit. Berikut ini beberapa keunggulan kartu kredit dalam keamanan transaksi:

– Lebih aman dalam mengatasi pencurian
Jika kartu kreditmu dicuri atau digunakan oleh orang lain, seperti telah dijelaskan sebelumnya, maka kamu dapat memblokirnya. Kamu juga gak perlu membayar tagihan yang gak sah sampai masalah dapat terselesaikan.

– Bisa memperpanjang garansi produk
Kartu kredit terkadang menawarkan perpanjangan garansi dari waktu yang ditawarkan oleh penjual atau pabrik. Jadi kamu dapat memanfaatkan benefit tersebut kalau barang yang kamu beli rusak di luar masa garansi.

– Perlindungan berupa penukaran produk
Kalau kamu gak puas dengan produk yang sudah dibeli dan mau menukarnya, terkadang penjual lepas tangan dan gak mau menerima. Kalau itu terjadi, coba cek benefit kartu kredit kamu dengan menghubungi pihak bank penerbit. Sebab, beberapa kartu kredit menawarkan kebijakan untuk penukaran barang hingga 90 hari setelah transaksi dilakukan.

Jadi, sudah tahu kan kalau transaksi dengan kartu kredit itu tidak hanya mudah, tapi juga aman? Makanya jangan ketinggalan zaman dan masih takut punya kartu sakti ini. Selama paham dan cerdas dalam penggunaan, hidupmu dijamin bakal lebih mudah deh!

CTA Mega Kartu Kredit Pertama

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com