5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Ini Bukan Tipu-Tipu

by akbar 492 views0

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Sampai detik ini, Facebook memang masih dinobatkan sebagai rajanya media sosial. Selain asyik buat ngeksis, Facebook juga bisa dijadikan sarana mencari uang. Tapi ngomong-ngomong nih, udah tahu belum cara mendapatkan uang dari Facebook?

Cara mendapatkan uang yang akan kita bahas ini bakal lebih detil ya. Tentu pembahasannya gak akan seputar bikin profil yang menjanjikan, perbanyak teman, atau bikin postingan yang bagus. Kamu semua sudah pinterlah kalau soal itu.

Kali ini kita akan membahas apa saja yang bisa kamu lakukan agar hobi Facebook-anmu bisa menghasilkan duit. Penasaran?

Berikut lima cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa kamu coba:

1. Membuat Facebook Fanpage dengan followers yang spesifik

cara mendapatkan uang dari facebook
Kalau followersnya pak RT, bu RW, atau tetangga-tetanggamu doang ya percuma. (FB Fanpages/Techxb)

Cara ini ditujukan buat orang yang pengin bikin akun toko online di Facebook. Bangun followers yang spesifik untuk FB Fanpage-mu, supaya hasil jualan juga bisa optimal.

Facebook Fanpage akan menjadi wadah bagi orang-orang dengan profil tertentu yang nantinya menjadi target pasarmu untuk jualan. Misalnya, kamu berniat menjual hijab, maka sudah pasti followers-mu harus penggila fashion atau perempuan yang mengenakan hijab.

Mencari followers yang spesifik tentu gak mudah, tapi bisa dipelajari kok. Intinya, tentukan dulu profil followers-mu dengan baik. Apakah dia perempuan atau laki-laki? Rentang usia berapa? Domisili di mana? Atau mau lebih spesifik lagi, mata pencariannya seperti apa?

[Baca: Sebelum Bikin Strategi Promosi, Simak Nih 6 Karakter Pelanggan yang Wajib Kamu Ketahui]

Setelah mengetahui profilnya, baru deh belajar membuat konten untuk postingan yang kiranya disukai oleh mereka. Bila mereka menyukai kontenmu, mereka pasti bakal nge-like Facebook Fanpage-mu kok. Ketika fans di page-mu sudah banyak, tinggal posting saja barang dagangannya. Dijamin banyak yang message deh.

2. Affiliate marketing

cara mendapatkan uang dari facebook
Lumayan kan kalau komisinya besar (affiliate marketing/giant computer)

Sudah pernah dengar isitilah ini? Affiliate marketing intinya adalah menggunakan akun Facebook milik kita sendiri untuk mempromosikan produk milik orang lain. Nantinya, kita akan diberikan komisi oleh afiliasi bisnis kita.

Misalnya, salah satu afiliasi bisnismu memiliki situs kursus musik online. Nah kamu pun memutuskan untuk jadi affiliate marketeer mereka. So, tugasmu adalah mencari orang-orang baru yang mau ikutan kursusnya, dengan memanfaatkan akun Facebook pribadimu.

Semakin banyak orang yang bergabung di kursus tersebut, maka peluangmu mendapat komisi juga makin besar. Cukup menarik bukan?  

3. Jadi influencer

cara mendapatkan uang dari facebook
Cuma update status atau upload konten tapi dibayar? Mau gak? Kalau mau benahin dulu FB Fanpagesmu (main FB/Buzzoka)

Belum kesampaian jadi artis sinetron, FTV, atau bintang layar lebar? Jadi influencer dulu aja. Sama-sama bakal terkenal dan bisa dapat duit kok.

Influencer adalah orang yang bisa menggiring opini publik, biasanya di sosial media. Gak cuma Instagram, influencer juga ada di Facebook lho.

[Baca: Gimana Caranya Jadi Influencer Instagram Sukses? Lakukan Saja 7 Langkah Ini]

Dan karena influencer ini punya banyak followers dengan profil yang sama, gak sedikit merek-merek terkenal di dunia yang menjadikan para influencer sebagai brand ambassador.

Mereka akan dibayar oleh pihak brand untuk melakukan posting konten berupa gambar, video, atau bahkan mungkin cuma status. Tujuannya adalah mendongkrak brand awareness produk brand tersebut.

Soal urusan tarif postingnya, ya akan dikembalikan lagi ke si influencer. Bisa Rp 300 ribu per posting, Rp 500 ribu, atau mungkin jutaan.

4. Jual barang di group Facebook

cara mendapatkan uang dari facebook
Grup jelas beda ya sama fanpages (FB Group/Quora)

Sudah paham dong kalau di Facebook, selain ada page, ada juga yang namanya grup. Dulunya, grup kerap dimanfaatkan layaknya forum di Internet. Tujuan dibuatnya ya sebagai wadah diskusi para pengguna Facebook atas isu-isu tertentu.

Tapi makin ke sini, banyak orang yang memanfaatkan fitur grup sebagai marketplace produk tertentu. Ketika satu orang melakukan posting di group, maka notifikasinya pun bakal muncul ke semua anggota grup.

So, bila kamu berniat menjual sesuatu barang, bisa manfaatkan fasilitas ini di Facebook. Daripada stalking FB mantan melulu, mending jualan dan dapat duit kan?

[Baca: Ini Alasannya Kenapa Jual Barang Layak Pakai Via Online Lebih Menguntungkan]

5. Jadi freelance admin Facebook

cara mendapatkan uang dari facebook
Belum punya FB Pages ya gak papa jadi admin FB pages orang lain dulu (admin FB/sprout social)

Cara mendapatkan uang dari Facebook yang terakhir ini adalah bekerja secara freelance untuk mengelola akun Facebook orang lain. Untuk bisa bekerja sebagai admin Facebook, kamu tentu harus punya pengetahuan yang ngelotok soal medsos yang satu ini.

Harus tahu gimana caranya membuat iklan, berinteraksi dengan followers, dan lainnya. Termasuk membuat konten lho ya. Intinya harus jadi suhu alias masternya Facebook deh, karena pekerjaan ini gak sama dengan mengelola akun Facebook pribadi.

Kamu juga harus tahu waktu posting yang tepat, di mana banyak followers sedang  online. Dan pastinya, mengerti konten favorit mereka.

Itulah lima cara mendapatkan uang dari Facebook yang wajib kamu coba. Ternyata jago main Facebook itu bisa bermanfaat juga ya buat dompet.

Tapi jagonya bukan dalam urusan cari gebetan atau stalking mantan nih. Melainkan jago buat konten, advertising, dan analisa. Yuk dicoba sekarang!

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com