5 Ciri Pinjaman Online yang Harus Kamu Curigai, Perhatikan Ya!

by Helda 274 views0

untuk jam 4.30 blog

Kini buat dapat pinjaman bisa dibilang cukup mudah. Beragam penyedia pinjaman online malah berlomba-lomba mendapatkan nasabah.

Kelihatannya sih menggiurkan karena kamu gak perlu penuhi syarat yang cukup ribet seperti yang diminta oleh pihak bank. Gak perlu penuhi syarat ribet, eh, kamu bisa dapat uang. Ya, tentu harus dikembalikan, ya.

Meski terlihat sangat gampang, kamu perlu hati-hati deh.

“Lah? Bukannya kita yang dipinjamkan, ya? Kok harus hati-hati? Toh uangnya bukan uang kita?”, kamu mungkin bingung.

Ternyata ada beberapa bahaya kalau kamu salah pilih pinjaman online tepercaya. Yuk, perhatikan dulu ciri-ciri berikut dan bahayanya.

[Baca: Seberapa Aman Fitur Pinjaman Dana Online? Kenalan Dulu Yuk]

1. Dipaksa banget buat pinjam

Pinjaman online - 1
Hati-hati kalau kamu yang ditawar-tawarin buat ngutang (Makeuseof)

Dimana-mana biasanya si peminjam atau debiturlah yang mengejar-ngejar si pemberi pinjaman atau kreditur.

Namun, kali ini malah terbalik, kamu malah dibujuk rayu buat ajukan pinjaman.

Kamu perlu waspada karena biasanya ada sesuatu yang gak bisa jadi gak enak di belakangnya. Misalnya, mereka harus penuhi target jumlah peminjam supaya dapat penghasilan dari bunga yang tinggi.

2. Malah minta uang sebagai persyaratan

Pinjaman online - 2
Kok malah kamu yang kasih uang? (Smithsonianmag)

Ada pula tujuan lainnya, yaitu mengumpulkan uang dari calon nasabah. Si penyedia pinjaman ini mengiming-imingi bakal kasih kamu pinjaman sesuai yang kamu minta. Namun, ternyata, iming-iming tersebut cuma modus buat dapat uang dari kamu.

Mereka biasanya persuasif dan akhirnya berhasil merayu calon nasabah buat kasih uang dulu agar persyaratan pinjaman dilolosin. Padahal gak sama sekali.

Jadi, kalau ada yang tawarkan kamu pinjaman ataupun bantu kamu pinjam ke bank dengan syarat kamu harus bayar dulu, kamu tolak aja. Udah dipastikan hal tersebut cuma modus buat mengumpulkan uang dari calon nasabah yang bakal ditipu.

3. Syaratnya longgar banget

Pinjaman online - 3
Gampang banget deh syaratnya (Nigeriantoday)

Udah sedikit disinggung di poin pertama sih, yaitu kamu gak perlu penuhi syarat yang ketat. Salah satunya adalah mereka gak mengecek riwayat pinjaman kamu.

Kamu pasti tahulah apakah kamu penuhi syarat atau gak. Misalnya, kamu punya kredit macet namun si pihak pemberi pinjaman bilang hal itu gak masalah.

Ada beberapa kemungkinan, pemberi pinjaman kasih bunga yang tinggi banget atau mereka cuma pengin data kamu aja.

[Baca: Awas! Jebakan Pinjaman Rentenir Online, Jangan Cuma Asal Cepat Cair Saja]

4. Kredibilitas kreditur meragukan banget

Pinjaman online - 4
Pinjam sini (RDBLegal)

Bukan cuma kredibilitas debitur aja yang perlu diperhatikan, kamu pun perlu perhatikan kredibilitas kreditur dimana kamu bakal meminjam.

Salah satu syaratnya adalah pilih pinjaman yang emang berada di bawah pengawasan OJK. Dengan gitu, data kamu bakal aman. Kedua, sistem bunga bakal diawasi banget biar gak mencekik.

5. Gak ada biaya administrasi

Pinjaman online - 5
Di syaratnya gak cantumkan biaya administrasi (Inheadline)

Hampir semua pinjaman, baik dari bank dan lembaga keuangan non-bank menerapkan biaya administrasi. Biaya tersebut biasanya akan langsung dipotong saat awal pinjaman.

Nah, bila si pemberi pinjaman mengatakan kamu cukup isi formulir online dan gak bakal dikenakan biaya administrasi, kamu patut curiga. Apalagi kalau gak ada follow-up selanjutnya.

Bisa-bisa kamu cuma digiring buat isi data pribadi aja. Duh, bahaya, kan?

[Baca: Pinjam Uang dengan Jaminan KTP dan KK Saja, Bisa Gak Sih?]

Ada yang pernah punya pengalaman tertipu sama bujukan pinjaman online? Share langsung di kolom komen di bawah ini, please. Semoga, tidak ada yang jatuh di lubang yang sama.

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com