5 Ide Renovasi Dapur Murah dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta

by 1.976 views0

renovasi dapur murah

Keluarga mana yang gak ingin dapurnya terlihat sedap dipandang? Kalau dapur berantakan, pasti males juga mau masak ini-itu di sana.

Jadinya, lebih sering makan di luar. Dan, akhirnya, bujet keuangan membengkak buat beli nasi padang dan bakso tiap hari.

Sudah banyak yang tahu, makan di rumah lebih menghemat pengeluaran dibanding makan di luar. Tapi memang sih, belum semuanya tahu cara mempraktikkannya.

[Baca: Masak Sendiri atau Beli? Yang Mana Yang Bisa Ngamanin Keuangan Keluarga?]

Apalagi mereka yang membiarkan dapur berantakan. Kenapa? Butuh duit banyak buat mempercantik dapur?

Siapa bilang? Selalu ada cara untuk menghemat pengeluaran ketika akan mengubah sesuatu di rumah. Apalagi cuma dapur.

Siapkan saja bujet maksimal Rp 10 juta. Sudah bisa kok bikin dapur kinclong lagi seperti saat rumah dibeli. Berikut ini 5 cara renovasi dapur murah dengan bujet di bawah Rp 10 juta.

renovasi dapur murah
Dengan dapur cantik kayak gini rasanya pengin masak terus kali ya

1. Cat kabinet dan dinding

Coba bikin kabinet dan dinding mengkilap lagi dengan cat yang baru. Kalau mau suasana yang berbeda, bisa pakai cat yang berbeda dengan sebelumnya.

Tapi, bila sudah kadung suka dengan warna dapur, cukup memolesnya saja biar lebih yahud. Hitung kira-kira berapa kaleng cat yang dibutuhkan.

Jika memang butuh banyak, mending sekalian beli yang emberan. Sebagai patokan, harga cat Catylac ukuran 25 kg sebesar Rp 450-500 ribu. Kalau yang ukuran 5 kg sekitar Rp 90 ribu.

2. Ganti perkakas lama

Perkakas yang sudah jadul mending diganti saja. Bukan hanya untuk mengikuti perkembangan zaman, tapi juga demi kecantikan dapur.

Oven aluminium yang warnanya sudah kusam, misalnya. Meski itu peninggalan dari nenek, gak apa-apa dipindahkan.

renovasi dapur murah
Ibu rumah tangga pasti demen yang namanya koleksi perkakas dapur

Ganti dengan oven yang lebih futuristis bertenaga listrik. Kalau bisa, sekalian yang berfungsi sebagai microwave. Harga oven semacam itu di pasaran berkisar Rp 1 juta – Rp 2 juta yang paling murah namun jelas kualitasnya.

Biar dapat harga lebih murah, coba cari info soal diskon. Kalau adanya via online, gak apa-apa beli online. Asalkan sudah dipastikan keamanannya.

[Baca: Hobi Belanja Online? Simak Dulu 7 Tips Aman Belanja Online Buat Pecinta Belanja Nih]

3. Ganti ubin

Ini mungkin jarang dipikirkan orang. Tapi, mengganti ubin baru bisa menyegarkan mata yang memandang.

Apalagi jika ubinnya mengkilap dan punya motif berbeda. Jadi gak bosan-bosan menjejakkan kaki di sana.

Atau mungkin mau coba ganti ubin keramik dengan kayu. Gak mahal kok. Asal bukan pakai kayu jati tentunya. Harga ubin parquet sekitar Rp 150-200 ribu per m2. Tinggal kalikan saja dengan ukuran dapur di rumah.

4. Ganti lampu

Cara mempercantik dapur yang satu ini juga di luar kebiasaan. Yaitu mengganti lampu. Lampu di dapur bisa bikin gairah masak menggebu-gebu, lho.

Coba deh ganti lampu bohlam atau LED-nya dengan yang lebih enak dilihat. Tapi, pastikan harganya gak melebihi Rp 1 juta.

renovasi dapur murah
Dapur kecil bisa diakalin dengan pencahayaan loh

Yang pasti, lampu di dapur mestinya terang. Biar lebih enak masaknya, gak salah ambil bumbu.

5. Atur peralatan

Dapur berantakan bisa juga disebabkan oleh masalah sederhana: peralatan berantakan. Untuk yang satu ini, gak perlu keluar biaya.

Segera atur peralatan agar dapur lebih cantik. Selain mempercantik dapur, pengaturan peralatan masak akan membuat memasak lebih gampang.

Saat berantakan, bisa bingung mau cari panci di mana. Selain itu, pernak-pernik di dapur akan membuat pengalaman memasak lebih menarik.

Namun, bukan pernak-pernik yang memakan ruang, tentunya. Misalnya cover untuk dispenser atau tempat tisu yang cute.

renovasi dapur murah
Pernak-pernik dapur juga kudu diatur. Gak usah banyak-banyak yang penting fungsional dan efisien

Harga pernak-pernik seperti itu Rp 500 ribu juga gak nyampai. Atau, mungkin malah bisa bikin sendiri. Siapa tahu bisa dikembangkan jadi usaha rumahan?

[Baca: Simak Deh 22 Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga yang Bisa Kita Coba]

Bujet Dari Mana?

Ok, ide renovasi dapur sudah dapat. Tapi dari mana bujetnya?

Gak perlu khawatir deh, kamu bisa kok mengakali biaya renovasi dengan sedikit trik. Cek ini deh:

1. Pasang Target dan Menabunglah

Melakukan renovasi emang gak perlu buru-buru apalagi kalau dana yang dimiliki tergolong mepet. Pasang target saja misalnya dalam 6 bulan itu dapur kudu udah rapi. Cek lagi apa saja yang perlu diganti lalu mulai deh menabung.

Gak ada salahnya survei harga-harga kebutuhan renovasi di pasaran. Dari situ nanti ketauan berapa total biaya yang diperlukan. Misalnya total biaya renovasi Rp 6 juta, maka dalam 6 bulan kamu bisa menyisihkan Rp 1 juta tuh.

2. Renovasi Sedikit Demi Sedikit

Renovasi juga gak kudu harus merombak total saat itu juga. Lakukan saja sedikit demi sedikit. Misalnya bulan ini mengganti kabinet dapur yang udah lapuk. Kemudian bulan depan ganti perkakas yang udah usang.

Atur saja kapan tepatnya kamu sanggup. Asalkan semua kebutuhan sudah terpenuhinya ya!

renovasi dapur murah
Sedikit demi sedikit juga pasti bakal kelar

3. Cari Pinjaman? Boleh Juga

Kalau memang renovasi sudah mendesak harus dilakukan, gak ada salahnya loh mengajukan pinjaman kayak kredit multiguna. Jika ada aset yang bisa dijaminkan seperti BPKB kendaraan, gak masalah kok dengan pinjaman multiguna.

Yang jelas sesuaikan nilai pinjaman dengan kebutuhanmu. Perhatikan juga bunga cicilan setiap bulannya. Jangan sampai malah membebani kamu nantinya.

Nah itu tadi sekelumit ide renovasi dapur murah. Dari dapur yang cantik, kita bisa menghemat pengeluaran, lho. Yuk, bergerak mommies!

DP-BFI-CTA Button

 

Image credit:

  • http://rooang.com/wp-content/uploads/2016/02/desain-kabinet-dapur-9.jpg
  • http://www.cantik.co.id/wp-content/uploads/2014/12/perkakas-dapur.jpg
  • http://lampu.com/img/cms/Kumpulan-Gambar-Lampu-Dapur-Terbaik.jpg
  • http://4.bp.blogspot.com/-jTF6jQrgVqY/Tp0zmK409JI/AAAAAAAAAT4/NtV1Ep1WPiQ/s1600/Oxone3.jpg
  • http://rumahkoe.net/wp-content/uploads/2015/12/Renovasi-Dapur-dengan-Biaya-Minim.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com