5 Resep Jajanan Anak Murah Meriah dengan Bujet Rp 15 Ribu

by akbar 401 views0

resep jajanan anak

Daripada membiarkan anak jajan sembarangan di sekolah, alangkah lebih baiknya bagi moms untuk mempelajari resep jajanan anak yang sehat dan praktis. Gak cuma itu itu, bakal lebih baik lagi kalau ongkos pembuatannya pun murah meriah.

Jajanan yang ada di pinggiran sekolah memang menggugah selera si kecil. Sebut saja seperti siomay, cilok, kue cubit, es podeng, es cincau, sampai es-es lainnya. Harganya pun cuma Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribuan aja.

Tapi jangan salah, jajanan itu mengandung penyedap alias micin dengan kadar yang cukup banyak. Jajan es juga bisa bahaya, karena kebanyakan es yang digunakan pedagang adalah es balok yang seharusnya bukan buat diminum.

[Baca: Moms, 6 Bekal Sekolah Anak Ini Bisa Dibikin dengan Bujet Rp 30 Ribu]

Jadi, mulai sekarang, ingatkan si kecil untuk gak beli jajanan di sekolah lagi ya. Dan khusus untuk para moms, yuk coba bikin camilan enak dari lima resep jajanan anak ini. Bujetnya gak lebih dari Rp 15 ribu lho!  

Tapi ini adalah ongkos bahan baku di luar mentega, gula, garam, air, tepung, baking soda, baking powder, butter, dan minyak goreng ya. Karena semua bahan baku itu tentunya moms sudah punya stok di dapur dong.

1. Cookies Gandum Coklat

resep jajanan anak
Cookies gandum coklat (resepkoki)

220 gram gula pasir

3 sendok makan mentega

3 sendok makan susu putih cair Ultra Milk Full Cream Rp 6.000

2,5 sendok makan coklat bubuk Roman Rp 2.500

200 gram gandum oat kasar Rp 5.000

Total: Rp 13.500

Siapkan panci ukuran sedang, nyalakan api, dan masukan gula, mentega, serta susu cairnya. Aduk sampai rata lalu masukkan cokelat bubuk, dan aduk lagi sampai rata.

Matikan api, masukkan gandum oat kasar, dan diamkan hingga dingin. Ambil satu sendok makan adonannya, letakkan di atas baking pan. Jangan lupa untuk menaruh kertas anti-lengket di baking pan-nya ya.

Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas sampai adonannya keras, lalu hidangkan deh. Oh ya, dengan bahan baku sebanyak ini, bisa menghasilkan 12 buah cookies lho. Lumayan kan buat camilan tiga hari.

2. Muffin Pisang Coklat

resep jajanan anak
Muffin coklat pisang (365daysofbakingandmore)

360 gram tepung terigu

60 gram cokelat bubuk Roman Rp 2.000

60 gram gula pasir

120 gram gula palm

2 buah pisang ambon matang, hancurkan dengan sendok Rp 2.000

1 butir telur Rp 1.000

60 gram margarin

60 gram minyak sayur

½ sendok teh garam

1 sendok teh baking soda

¼ sendok teh baking powder

1 sendok teh bubuk vanilla Rp 3.500

Total: Rp 8.500

Nyalakan oven hingga panas, isi cetakan muffin dengan cupcake cup. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking soda, garam, dan baking powder. Lalu sisihkan campuran yang satu ini.

Setelah itu, kocok minyak, margarin, gula pasir, dan gula palm hingga tercampur rata. Tambahkan telur dan pisang yang telah dihancurkan, aduk lagi adonannya secara perlahan.

Tambahkan vanilla, aduk rata perlahan lagi. Pastikan jangan kelamaan ya ngaduknya, dan setelah itu baru deh masukkan campuran tepung dan cokelat di atas ke adonan, lalu aduk lagi.

Kemudian, masukkan seluruh adonannya ke cetakan muffin. Lalu panggang deh selama 18 hingga 20 menit. Dengan bahan baku sebanyak ini, bisa jadi lima sampai enam muffin loh.

3. Muffin Ayam Sayur

resep jajanan anak
Muffin ayam sayur (Vemale)

2 sendok makan tepung terigu

4 butir telur – kocok halus semuanya dan tambahkan garam Rp 4.000

1 batang wortel Rp 2.500

1 buah tomat potong dadu dan buang bijinya Rp 1.500

50 gram dada ayam rebus, tiris, dan suir Rp 2.500

1 sendok minyak sayur

Total: Rp 10.500

Nyalakan oven dengan api sedang, lalu olesi cetakan muffin dengan minyak. Setelah itu, taruh wortel dan tomatnya di cetakan dan guyur tiap cetakan dengan adonan telur serta tepung terigu.

Isi masing-masing cetakan dengan ¾ adonan ya, jangan lebih atau kurang. Lalu masukkan ke oven dan panggang selama 20 menitan. Angkat dan sajikan dengan saus tomat atau sambal.

4. Sorbet Semangka

resep jajanan anak
Sorbet Semangka (Vemale)

120 gram gula pasir

120 ml air

1 kg semangka Rp 5.300

1 sendok perasan jeruk lemon Rp 5.499

Total: Rp 10.799

Siapkan panci kecil terlebih dulu, lalu masak gula dan air sampai mendidih dan butiran gula gak terlihat lagi. Sementara itu, blender buah semangkanya dan masukan mangkuk besar.

Masukkan rebusan gula tersebut ditambah perasan jeruk lemon ke dalam mangkuk yang berisi semangka. Setelah itu, pindahkan semuanya ke loyang berukuran 13×9 cm dan masukkan ke freezer hingga keras.

Berhubung resep jajanan anak ini sepertinya gak mungkin jadi cemilan siang, maka akan lebih baik untuk dihidangkan pagi saja. Si kecil bisa menikmati sorbet semangka ini saat menuju sekolah atau, bisa juga sih moms bawakan ketika menjemputnya di sekolah.

[Baca: Mom and Dad Percaya Sama Jasa Antar Jemput Sekolah atau Antar Anak Sendiri?]

Oh ya untuk penyajiannya, diblender dulu saja sebelum dimakan ya. Atau bisa juga dikerok dan jadi seperti es semangka.

5. Perahu Pisang Panggang

Resep jananan anak
Perahu pisang (Vemale)

1 buah pisang ambon Rp 1.000

2 sendok makan mini marshmallow Rp 9.000

2 sendok makan mini cokelat chips Laggie Rp 3.750

Total: Rp 13.750

Nyalakan oven dengan api sedang. Sementara menunggu panas, sayat bagian tengah pisang dan isi dengan mini marshmallow dan cokelat chips. Lalu bungkus pisang dengan aluminium foil dan letakkan di atas loyang datar.

Setelah oven panas, panggang pisangnya selama kurang lebih lima menit. Buka bungkus aluminium foil dan siap disantap deh.

Gimana, praktis kan moms resepnya? Daripada kasih uang jajan malah jadi boros, mending bikinkan cemilian dari lima resep jajanan anak ini. Udah murah, praktis, dan pastinya sehat buat di kecil.

[Baca: Ini Nih 4 Kelakuan Kids Jaman Now yang Bikin Dompet Orangtua Kempes]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com