5 Resolusi Sehat Tahun Baru yang Nggak Nguras Duit

by akbar 575 views0

Resolusi Sehat Tahun Baru

Sudah rajin olahraga tapi kantong tambah kering dan badan masih kegemukan? tandanya kamu butuh resolusi sehat tahun baru yang canggih. Dan pastinya, yang nggak nguras duit.

Nggak salah untuk rajin ke gym, ikut kelas yoga, body combat atau muaythai yang biaya kelasnya nggak murah. Asalkan pengeluaran kamu buat olahraga masih proporsional dengan pendapatan.

Ingat lho, sehat itu nggak cuma olahraga. Kamu butuh biaya buat belanja makanan sehat. Biar resolusi sehat tahun baru kamu berhasil.

Biar pengeluaran terukur, yuk disimak resolusi sehat tahun baru yang efektif. Badan sehat, isi rekening makin juga gemuk deh.

1. Banyak-banyak berjalan dan lari

Jalan kaki itu sehat dan bisa ngebakar banyak kalori. Cobalah berjanji sama diri sendiri untuk berjalan kaki 40 menit sehari.

resolusi sehat tahun baru
Nggak usah takut lelah, justru jalan kaki ke kantor bisa bikin badan jadi lebih segar (jalan kaki/Republika)

Bisa mulai biasain diri naik kendaraan umum pas ngantor. Turun aja di wilayah yang letaknya kurang lebih 500 Meter atau 1 KM dari kantor, terus jalan kaki deh.

Berangkat pagi-pagi ke kantor biar segar.  Waktu berangkat pakai kaos saja, baju ngantornya disimpan dulu aja di tas biar nggak kena keringat.

Setiap weekend sering-sering  lari di car free day minimal 30 menit. Tapi jangan malah cuci mata sama jajan bubur atau ketoprak.

2. Berenang juga boleh

Buat yang punya riwayat asma atau cedera berat, berenang bisa jadi pilihan untuk bakar kalori. Berenang juga bisa ngilangin stress lho.

Biaya untuk renang punnggak mahal. Sekitar Rp 25-ribuan di weekend, tergantung di mana kolamnya. Lumayan terjangkau kan buat suksesin resolusi sehat tahun depan.

Kalau renang jangan sambil ngobrol ya, nanti nggak efektif. Renang harus fokus, minimal jaraknya 1 KM dan istirahat per 1.000 meter maksimal 2 menit.

3. Nggak usah terlalu pusing sama itungan kadar gizi

Makanan jangan dibikin pusing deh. Makan aja yang sehat dengan gizi cukup.Yang penting 4 sehat 5 sempurna. Jangan ngemil dan, kalau mau ngopi ya kopi hitam tanpa gula.

Biar makin sehat, bawa bekal makan siang ke kantor. Selain lebih irit, makanan yang kamu bawa juga lebih bersih.

Ngitung-ngitung dalam sehari harus konsumsi berapa gram protein, lemak, kalori dan gula itu nggak efektif. Ujung-ujungnya stress kalau makan nggak sesuai dengan takaran gizi yang direncanakan.

Jangan stress lah, stress nggak sehat. “Be Happy” aja, biar resolusi sehat tahun depan kamu sukses.

4. Yang pengin ke gym, coba street workout aja

Sebenarnya gym dan street workout itu beda. Tapi persamaannya adalah “olahraga ini sama-sama angkat beban.”

resolusi sehat tahun baru
Penasaran mau coba street workout? Di Jakarta kamu bisa ke Gelora Bung Karno dan ikutan latihan di sana. Atau kamu bisa kunjungi akun medsos komunitas seperti Indobarian, Street Workout Jakarta dan lainnya. (Street workout/Esquire)

Kalo di gym, beban bisa diatur sesuka kamu. Tapi street workout, bebannya ya badan kamu sendiri.

Apa keuntungan street workout? Keuntungannya ya nggak ada biaya yang dikeluarkan. Bisa banyak bergaul juga sama anak-anak komunitasnya.

Latihan juga makin termotivasi kalau bareng-bareng teman. Makin cepet jadi deh badannya.

Tapi tantangannya cuma satu, yaitu ngelawan rasa malas. Yang gratis biasanya malesin. Tapi demi resolusi sehat tahun baru kamu nggak boleh malas ya.

5. Hobi Muaythai? Shadow boxing yuk

Rajin muaythai atau tinju pasti tahu dong istilah shadow boxing. Shadow boxing itu latihan kuda-kuda, pukulan atau tendangan tapi nggak ada lawannya. Alias mukul angin.

resolusi sehat tahun baru
Shadow boxing itu berguna buat ngelatih tehnik serangan yang tepat, jangan dikira nggak capek lho latihan ini. (Shadow Boxing/L-Men)

Emangnya bisa keringetan? Ya cobain aja sendiri 30 menit shadow boxing non-stop. Paling juga ngos-ngosan hehe.

Kalau rajin ke fighting gym, ada kalanya kamu latihan sendiri di rumah dengan metode ini. Jadi nggak perlulah bayar membership buat 14 kelas. Bayar aja 8 kelas tapi sisanya shadow boxing di rumah yang rajin.

Sama kayak street workout, kamu harus ngelawan rasa malas nih kalau mau shadow boxing. Tapi kalau kamu udah enjoy, olahraga ini fun kok.

Makin beragam yah pilihan resolusi sehat tahun baru kamu. Kalau kamu berhasil sehat dengan resolusi ini, pastinya makin semangat dong buat nebelin dompet

Ingat lho, kesehatan itu penting. Gimana mau nyari duit kalau badan nggak sehat.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gak Pernah Olahraga, Jangan Harap Keuangan Terjaga]

[Baca: Walau Keliatan Sepele, Ini yang Bikin Resolusi Tahun Baru Gagal]

[Baca:Kamu Harus Tahu 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com