5 Siasat Jitu Liburan Dadakan dengan Budget Minim

by Tifanny 1.408 views0

siasat jitu liburan dadakan

‘Ah sebaaal, galauuu, bete gue ditolak terus sama gebetan’ Dodi berteriak lantang sambil muterin pohon di tengah rinai hujan kayak film India.

Yah bro, santai aja. Daripada galau dan bete gak jelas, coba refreshing aja deh. Liburan sejenak melupakan gundah gulana dan resah di hati.

Maunya sih gitu, liburan sebentar sambil cari inspirasi. Tapi gimana dong kalau budget lagi pas-pasan?

Tenang. Simak dulu nih 5 siasat supaya tetap bisa liburan dengan budget minim meski dadakan.

1. Selektif Pilih Destinasi

Gimana kalau tabungan dan dana darurat gak mencukupi atau bahkan kosong? Ya mungkin baru saja terpakai untuk biaya rawat inap di rumah sakit atau renovasi atap rumah yang bocor.

Tetap bisa liburan dadakan kok dengan cara pilih destinasi yang sesuai dengan isi kantong kamu saat ini. Gak perlu memaksakan, yang penting kan keinginan untuk liburan sejenak bisa terlaksana walau sederhana.

siasat jitu liburan dadakan
Liburan ke Bandung juga seru atuh neng! (Gedung Sate / tempatwisatadibandung)

Semisal, punya budget buat liburan ke Bandung, ya dilaksanain aja, gak perlu maksain ngutang biar bisa ke Maladewa.

2. Cari Open trip

Udah sering dengar konsep liburan bareng-bareng alias open trip kan? Travel agent atau EO buka trip dengan mengumpulkan traveler hingga mencapai quota tertentu. Ini juga bisa jadi salah satu opsi saat kamu pengin banget liburan tapi punya budget yang pas-pasan.

Walau harus ikut jadwal grup dan ketemu orang-orang yang belum dikenal, open trip bisa menghemat budget. Semakin banyak yang ikut, biasanya biaya bakal makin murah. Tapi, hati-hati, kalau mau open trip pastikan pilih travel agent atau EO yang terpercaya biar gak kena tipu.

3. Bikin Share Cost Trip

Nah, kalau yang ini, kamu bisa organize sendiri. Gak harus pakai quota traveler. Cari saja teman-teman atau seputar networking kamu yang mau liburan bareng. Sistemnya sudah jelas, sharing alias berbagi.

Semisal mau liburan ke Pulau Seribu, bagi saja biayanya. Sebagian bayar penginapan dan lainnya bayar biaya makan selama liburan. Jadi kalau share cost trip ini lebih ke kesepakatan yang dibuat bersama.

So, bisa banget disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing tapi masih bisa nikmatin seru bareng teman.

siasat jitu liburan dadakan
Liburan bareng emang seru ya, apalagi hemat hehehe (Share Cost Trip / penjualgorengan)

4. Pakai Kartu Kredit

Nah, inilah kenapa kamu gak boleh antipati sama yang namanya kartu kredit. Di saat kepepet kayak gini, saat kamu gak mau ambil uang tabungan atau dana darurat. Dan emang karena sedang gak ada dana lebih, kartu kredit bisa jadi opsi buat kamu bisa menikmati liburan dadakan.

Tapi ingat, tetap pertimbangkan dengan matang berapa besar limit kartu kredit yang akan digunakan dan perhitungkan tagihannya. Gak mau habis liburan happy-happy lalu jadi gak tenang di kemudian hari karena pusing melunasi tagihan kan?

5. Lupakan Oleh-oleh

Sudah jadi budaya buat orang Indonesia setiap ada yang mau pergi liburan pasti wajib bawa oleh-oleh khas destinasi liburan. Untuk yang satu ini lupakan saja dulu. Mungkin cukup bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah saja.

Kamu gak berkewajiban untuk bawain oleh-oleh. Jadi jangan merasa bersalah kalau disindir sama teman atau tetangga. Bilang saja, maaf oleh-olehnya cucian kotor hehehe.

Hidup itu harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Seimbang itu yang yang terutama. Ada saatnya kerja keras dan ada saat happy-happy. Jangan ada yang  terlalu ya, yang sedang-sedang saja kalau kata Vety Vera.

siasat jitu liburan dadakan
Beli oleh-oleh jangan ngeborong kayak mau buka toko ya! (Toko Oleh-oleh / jalankemanagitu)

Saat pengin liburan dadakan ya silahkan, tapi ingat, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Waktu, kesehatan dan yang pastinya keuangan. Gak perlu terlalu memikirkan orang lain saat kamu butuh me time dengan liburan sejenak.

Jangan sampai kebobolan dan merugikan orang lain ya, titik gak pakai koma!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pengin Liburan Murah Meriah Yuk Manfaatkan Travel Fair]

[Baca: Traveling Sambil Dibayar di Usia Kepala 2 Coba Pakai Cara Ini Deh]

[Baca: Selesai Liburan Jangan Sedih Lihat Rekening Menciut Pulihkan Keuangan Kamu dengan 5 Tips Ini]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com