5 Tips Promosi Usaha Sampingan Lebaran Biar Barokah Maksimal

by DuitPintar 555 views1

5 Tips Promosi Usaha Sampingan Lebaran Biar Barokah Maksimal (1)

Gak terasa, Ramadan sudah tiba lagi. Bulan puasa ini selalu dianggap membawa berkah, terutama buat kaum muslim.

Tapi, berkah Ramadan dan Lebaran sepertinya gak mengenal golongan. Siapa saja bisa mereguk rezeki dari momen tahunan ini, jika mau berusaha bikin usaha sampingan.

Ada saja orang yang nyerah duluan bahkan sebelum mulai buka usaha. Alasannya macam-macam. Dari modal sampai takut rugi.

[Baca: Gak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri, Lakukan Cara Ini Deh!]

Padahal buka usaha tanpa modal duit sekoper juga bisa. Soal untung-rugi, tergantung strategi usaha kita.

Strategi ini termasuk promosi alias iklan usaha. Jika promosi asal-asalan, jangan mewek kalau usahanya tandas.

Berikut ini 5 tips promosi usaha sampingan Lebaran biar barokah maksimal.

 

1. Mengamati pasar

Bukan nongkrong seharian di pasar sayur terdekat. Melainkan melihat perilaku konsumen saat bulan puasa.

 

tips promosi usaha sampingan
Awas jangan salah kasih kembalian ya bu hehehe

Dari pengamatan ini kita bisa melihat kira-kira produk apa yang jadi favorit. Terus harga rata-ratanya berapa. Jam berapa biasanya orang pada beli ramai-ramai. Dan seterusnya.

Dengan punya data ini, fondasi usaha kita kuat untuk berpromosi. Jadi, kita bisa sesuaikan konten promosi dengan hasil pengamatan pasar tersebut.

 

2. Warna-warni Ramadan

Biar lebih kena, promosi harus dibubuhi warna-warni Ramadan. Misalnya dalam poster atau pamflet ada gambar muslim-muslimah dan ketupat.

Kaligrafi bahasa Arab juga bisa tuh dimasukkan ke konten. Jadi, kesan Ramadan bakal terlihat dan terserap masyarakat.

Kalau gak ada atmosfir Ramadan/Lebaran, promosi itu jadi sama saja dengan bukan pas bulan puasa. Tapi jangan sampai terlalu ramai juga. Nanti bisa tenggelam pesan promosi yang mau disampaikan.

 

3. Pakai online juga

Meski usaha digerakkan di dunia nyata, dunia maya juga perlu dijamah. Toh, promosi online banyak yang gratis sekarang.

 

tips promosi usaha sampingan
Optimalkan kecanggihan teknologi, jangan kudet bro, malu kelesss

Bikin akun Facebok, Twitter, Instragram, atau media sosial lainnya. Terus pasang deh promosi itu di laman masing-masing. Gratis. Apalagi kalau pakai Wi-Fi gratisan juga.

Dengan memakai media online, target pasar kita jadi lebih luas. Syukur-syukur banyak pesanan juga lewat online. Jadi, usaha bergerak di dua bidang sekaligus: online dan offline.

[Baca: Memulai Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol? Jangan Kudet Dong!]

 

4. Hindari bom promosi

Memang, makin banyak promosi yang disebar, makin besar peluang produk kita diketahui orang. Tapi, bisa-bisa orang malah ngeluh, “Ini iklan di mana-mana, jadi bosen ngelihatnya.”

Karena itu, promosikan usaha secara proporsional. Lihat waktu yang tepat untuk mengeluarkan jurus promosi.

Kalau usaha makanan, pas menjelang waktu berbuka, misalnya. Pasang deh foto makanan yang dijual di Facebook.

Biasanya pada waktu ini orang-orang lagi cari ide, mau buka pakai apa. Dengan adanya foto itu, moga-moga mereka langsung nemuin ide tersebut.

 

tips promosi usaha sampingan
Nyam, nyam, kalau bulan puasa rasanya semua makanan pengin dibeli ya

5. Jadi kunti

Kunti di sini bukan si mbak-mbak yang suka nongol tengah malam bikin kaget orang. Melainkan tekun dan teliti.

Semua pengusaha pasti punya halangan dalam usaha, termasuk saat berpromosi. Misalnya pengusaha rokok. Iklannya hanya boleh tayang pada malam hari.

Iklan itu gak boleh tayang sembarangan bukan karena dianggap membahayakan kesehatan. Bikin susah ngumpulin duit juga sih sebenarnya, tapi itu bukan alasan pembatasan promosi itu.

[Baca: Cara Menambah Duit dari Rokok. Iya, Serius, Rokok!]

Namun si pengusaha rokok punya solusi, yakni mensponsori acara yang menarik banyak massa. Misalnya konser musik dan pertandingan sepak bola. Begitu.

Sedangkan usaha sampingan Lebaran biasanya halangan promosinya adalah banyak pesaing. Hal ini bisa kita siasati, misalnya dengan menjual produk yang beda.

Jadi, promosi boleh sama konsepnya. Tapi dengan perbedaan produk, mata yang melirik bisa lebih banyak.

Intinya, promosi gak bisa dilepaskan dari kesuksesan usaha. Namun, yang gak kalah penting adalah kualitas produk yang kita jual.

 

tips promosi usaha sampingan
Jual makanan ya musti enak dong, kualitas dijaga bro, jangan cuma jaga perasaan si dia, aiiih mateek!

Jangan sampai promosi udah keren. Tapi ternyata produk gak berkualitas. Iya, orang pada datang beli.

Tapi habis itu sudah. Mereka kapok. Mereka hanya menjadi pembeli, bukan pelanggan.

 

Siapa tahu usaha sampingan ini malah berkembang jadi usaha tetap karena mendapat sambutan bagus? Karena itu, harus berimbang antara promosi dan kualitas dagangan. Jangan sampai modal yang telah dikeluarkan menguap begitu saja karena kepleset dalam strategi usaha.

[Baca: Gagal Berbisnis Jangan Menyerah, Coba Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha Ini]

 

 

Image Credit:

  • http://cdn.rimanews.com/bank/Foto-layar_072014_092138_AM.jpg
  • http://anekatop10.com/wp-content/uploads/2015/10/Blogging.jpg
  • http://kraukk.com/assets/img/gallery/bisnis_makanan_beku_2.jpg
  • http://www.pontianakpost.com/sites/default/files/field/image/1-Martabak-Hawai-oke.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com