6 Alasan Kenapa Naik Transportasi Online Lebih Menguntungkan

by akbar 439 views0

naik transportasi online

Sebagian dari kamu pasti menginstall aplikasi transportasi online di ponsel dan menggunakannya tiap hari. Sebut saja, Uber, Grab, atau Gojek. Tiga platform ini sudah gak asing lagi buat kamu yang tinggal di ibu kota.

Ada yang menggunakan motor, ada juga yang menggunakan mobil layaknya taksi. Semuanya bisa dipesan dengan mudah lewat aplikasi. Armadanya juga banyak berkeliaran 24 jam, jadi gak perlu khawatir kesulitan dapat kendaraan di tengah malam.

Bisa dikatakan bahwa naik transportasi online lebih hemat ketimbang naik taksi atau ojek konvensional. Memang, jika dibandingkan dengan transportasi umum lain seperti kereta atau Trans Jakarta, mungkin transportasi online lebih mahal. Tapi tetap saja kamu lebih “untung.”

Mau tahu 6 alasan kenapa naik transportasi online lebih untung? Simak nih alasannya.

1. Hemat waktu dan tenaga

Naik angkot memang murah, tapi jika harus berangkat pagi-pagi buta hanya demi kenyamanan, itu jelas melelahkan. Belum lagi, gak jarang supir angkot yang mengemudikan mobilnya dengan ugal-ugalan. Bukan cuma gak nyaman, tapi juga gak aman pastinya.

naik transportasi online
Gak perlu desak-desakan di angkot, tinggal bonceng dan sampai tujuan dengan cepat (ojek online/Harnas)

Ketika bepergian di dalam kota, gak rugi kok untuk menggunakan ojek online. Pastinya ojek online bisa lebih cepat membawamu ke tujuan.

Kamu hanya perlu duduk membonceng di belakang, gak desak-desakan. Lebih cepat sampai tujuan, dan gak pegel-pegel kan?

2. Bisa bayar non-tunai

Salah satu keunggulan transportasi online adalah memiliki sistem pembayaran non-tunai yaitu dengan menggunakan kartu kredit maupun e-cash. Seperti yang dimiliki Gojek dan Grab. Kamu hanya perlu memastikan saldo kreditmu cukup untuk pembayaran.

Sementara itu, kalau pakai Uber, kamu cuma perlu mendaftarkan nomer kartu kreditmu sebagai alat pembayaran. Ketika menggunakan jasanya, maka biaya transportasi akan langsung ditagihkan ke kartu kredit. Praktis, kan?

Gak perlu bawa duit banyak-banyak. Dompetmu juga jadi lebih langsing pastinya kan, dan lebih efisien karena setelah turun dari motor atau mobil gak perlu bayar-bayar lagi.

Dan khusus Gojek, mereka malah memberikan diskon apabila kamu melakukan pembayaran dengan GoPay. Jadi dobel deh keuntungannya.

3. Kalau bayar pakai kartu kredit bisa dapat promo cashback

Nah yang ini juga nilai plus dari transportasi online khususnya Uber yang periodenya sampai Oktober 2017. Jika kamu pakai kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum dan Mastercard Titanium, kamu bisa mendapatkan cashback 25 persen (maksimal Rp 150.000) per bulan untuk perjalananmu dengan Uber.

Caranya gampang, tinggal belanja dengan total Rp 3 juta dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit Standard Chartered di mana saja dalam satu bulan. Kalau belum menginstall Uber, install saja sekarang dan kamu bakal dapat 2 free ride. Promo ini berlaku secara internasional lho.

4. Semakin sering digunakan, semakin sering juga dapet diskon

naik transportasi online
Makin sering order makin sering untung. Kalau gitu diorder terus saja guys (berhadiah/e-learning industry)

Semakin sering digunakan, aplikasi transportasi online pun bakal memberikan diskon buatmu. Seperti Gojek yang kadang menambah saldo GoPay-mu secara otomatis atau Uber dengan diskonnya setiap perjalanan di hari tertentu, dan lainnya.

Jadi, gak usah khawatir buat kamu yang mau order tiap hari. Pasti bakal ada diskon yang menanti kamu di hari-hari yang akan datang.

Atau jika kamu merasa gak butuh-butuh amat untuk naik transportasi online di hari tertentu, kamu bisa menggunakannya buat orang lain. Misalkan saat temanmu mau menuju stasiun kereta, ordernya lewat akunmu saja.

Tujuannya agar akunmu tetap aktif digunakan. Itulah yang bakal dideteksi oleh platform, dan akhirnya kamu dapat diskon lagi deh.

5. Transportasi online punya program loyalitas pelanggan

Gak hanya diskon, tapi mereka pun punya program loyalitas pelanggan. Contohnya Gojek yang saat ini menerapkan sistem point rewards tersendiri setiap kamu selesai melakukan transaksi dengan GoPay. Grab juga menerapkan program yang sama.

Kamu bakal disuruh bermain undian untuk mendapatkan poin. Dan poin-poin yang kamu kumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik, mulai dari voucher hingga sepeda motor. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, otomatis semakin besar pula nilai hadiah yang bisa kamu dapat.

6. Armada lebih banyak

Jika dibandingkan dengan transportasi umum konvensional, armada transportasi online bisa dibilang lebih banyak. Masa sih?

naik transportasi online
Seperti halnya ojek online armadanya ada dimana-mana. Gak usah khawatir order kapan saja (armada ojek online/Asean.Travel)

Iya bener. Karena sekarang transportasi online sudah bekerja sama dengan sejumlah operator taksi konvensional, seperti Blue Bird dan Express.

Artinya, kalau kamu order taksi lewat GoJek atau Uber tapi gak ada supir mereka di area tersebut, maka order akan dialihkan ke salah satu operator taksi konvensional yang kebetulan ada di dekatmu. Jadi gak usah khawatir nunggu lama atau order kamu gak terlayani.

Meski banyak keuntungannya, namun kamu pun harus bijak dalam menggunakan transportasi online. Kalau memang jarak yang kamu tempuh cukup jauh, lebih baik menggunakan kereta. Namun ke stasiunnya naik transportasi online.

Bukannya gak boleh, tapi tarif transportasi online juga bisa mahal kalau kamu pakai untuk jarak yang terlalu jauh. Sesekali mungkin gak apa-apa deh, asal jangan setiap hari ya.

CTA Standard Chartered Platinum transportasi online

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pilih Mana, Kirim Lewat Jasa Pos/Konvensional atau Transportasi Berbasis Aplikasi]

[Baca: Punya Kredit Motor? Manfaatin Buat Nambah Penghasilan Lewat 3 Cara Ini Deh]

[Baca: Berapa dan Kapan Kita Kudu Ngasih Tips ke Ojek Online?]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com