6 Bisnis Unik Anak Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru

by Helda 3.031 views0

Anak Presiden Jokowi
Kaesang Pangareb dan Presiden Jokowi (Rappler)

Anak Presiden Jokowi emang dikenal nyeleneh, khususnya Kaesang Pangarep. Kaesang bahkan sangat populer di media sosial.

Dan alih-alih mengikuti jejak sang ayah di dunia politik, Kaesang dan saudaranya, Gibran Rakabuming justru terlihat serius membangun “kerajaan bisnis” mereka sendiri.

Kamu pasti pernah dengar Markobar dan katering Chili Pari kan? Ternyata bukan itu aja lho, berikut bisnis-bisnis yang mereka rintis:

[Baca: Sosial Media untuk Bisnis Emang Efektif dan Murmer, Tapi Kelemahannya Juga Ada Loh]

1. Katering Chilli Pari

Anak presiden jokowi
Gibran Rakabuming dengan usaha kateringnya (ChilliPariCatering)

Berdiri sejak tahun 2010, katering Chilli Pari ini milik kakak Kaesang, Gibran, yang berbasis di Solo.

Awal mula bisnis tersebut menggunakan modal pinjaman dari bank, lho. Gibran, kala itu, menggunakan dana sekitar Rp 700 juta buat membeli peralatan katering.

Beragam inovasi dilakukan oleh Gibran. Kini, katering Chilli Pari gak cuma menyediakan katering aja, tetapi juga kebutuhan pesta. Misalnya, dekorasi, gedung, hiburan, undangan, dan lain sebagainya.

Meski Gibran adalah anak pejabat daerah, Gibran mengakui bahwa hal tersebut gak gitu berpengaruh.

Bahkan, awalnya, order katering Chilli Pari ini kebanyakan masih cuma buat wisuda, gathering, ataupun rapat. Nilainya tentu jauh lebih kecil daripada order buat pesta pernikahan.

Suka atau gaknya seseorang pada makanan, tentu ditentukan oleh rasa, bukan popularitas si empunya. Jadi, Gibran berupaya terus menerus buat trial and error.

Sekarang, katering Chilli Pari sering digunakan buat pesta pernikahan. Bukan cuma di kota Solo, tetapi juga dari luar kota, seperti misalnya Yogyakarta, Ngawi, Madiun, hingga Semarang.

2. Markobar

anak jokowi
Markobar yang hits (Tribunnews)

Nah, ini yang sempat sangat hits seantero Indonesia, terutama di media sosial. Konsep kulinernya sederhana: martabak dengan beragam topping. Yang unik adalah usaha tersebut didalangi oleh anak Presiden Jokowi.

Awalnya, Markobar ada di Solo dan Jakarta. Sekarang, Markobar udah tersebar di 16 kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Manado.

Rata-rata omzet per outlet mencapai Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per hari. Jumlah martabak yang laku per hari mencapai 50 loyang.

[Baca: Buka Usaha Jual Martabak Yuk Biar Kayak Anak Jokowi]

3. Jas hujan ‘Tugas Negara Bos’

jasa hujan tugas negara bos
Jas hujan kekinian (Liputan6)

Bisnis yang dimulai oleh Kaesang ini terbilang unik. Biasanya artis memulai bisnis clothing line sendiri, kan, ya? Akan tetapi, Kaesang malah jualan jas hujan.

Meski “cuma” sekadar jas hujan, tetapi ada yang berbeda. Jas hujan tersebut diberi nama “Tugas Negara Bos” dengan logo Garuda di bagian dada. Kemudian, Kaesang menggaet Najwa Shihab sebagai modelnya.

Per piece, jas hujan ini emang agak mahal, yaitu Rp 155 ribuan. Penjualannya menggunakan sistem reseller dimana kamu bisa daftar melalui akun Instagram @tugasnegarabos.

4. Kaos ‘Sang Javas’

kaos tema kecebong
Kaos tema kecebong (Brilio)

Kaesang Pangarep punya banyak ide. Selain jas hujan, dia akhirnya bikin clothing line dengan produk kaos.

Dirilis pada 27 Agustus 2017, kaos ini mengusung tema kecebong. Kecebong sendiri emang udah melekat banget pada Kaesang. Harga per kaos tersebut dibanderol Rp 150 ribu.

5. Kuliner ‘Sang Pisang’

SangPisang
Yummy! (Netz)

Kuliner ini baru banget dibuka, yaitu pada 19 November 2017. Awal buka pertama kali, outlet yang berawal di ITC Cempaka Mas tersebut langsung tutup dalam dua jam karena sold out!

Makanan yang dijual di outlet milik anak Presiden Jokowi tersebut berupa nuget pisang dengan beragam topping.

[Baca: Gak Punya Modal Besar? Ini 5 Bisnis Kuliner Tanpa Modal Besar yang Patut Dicoba]

6. Permainan ‘Hompimpa Games’

BoardGame Hompimpa
Board game a la Indonesia (BoardGame.id)

Usaha ini dikembangkan oleh Gibran dan Kaesang. Kita mungkin masih agak asing dengan game satu ini, ya.

Board game ini menggunakan tema Indonesia banget dengan pilihan beragam cerita dari Indonesia.

Apa yang bisa kita pelajari dari anak Presiden Jokowi?

Sebenarnya tak salah buat ikut terjun di politik. Tentu itu pilihan pribadi. Akan tetapi, mereka juga pintar memanfaatkan popularitas mereka buat terjun di dunia bisnis.

Nah, kamu pun bisa begitu. Jika kamu cukup populer, mengapa gak memanfaatkan kesempatan tersebut buat cari duit? Lumayan, kan, biaya promosi bisa ditekan karena kamu udah terlebih dahulu dikenal.

Meski terkenal, dari kerajaan bisnis anak Jokowi ini, kita juga bisa lihat kalau ide-ide mereka pun gak biasa. Konsep unik inilah yang juga turut melanggengkan bisnis mereka.

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com