6 Keuntungan Pengajuan Kredit Multiguna dengan Jaminan Surat Kendaraan

by 1.884 views0

Pengajuan Kredit Multiguna

Walaupun sudah sering mendengar kata kredit multiguna, nyatanya masih banyak orang yang gagal paham dengan produk keuangan satu itu. Terdengar mirip dengan kredit tanpa agunan tapi sebenarnya jauh berbeda.

Gini, yang namanya kredit multiguna tentu butuh aset sebagai jaminan. Tapi gak cuma asal menjaminkan saja lantas pinjaman bisa cair. Ada proses survei dan appraisal juga sebelum pemberi kredit setuju mencairkan dana.

Nah, di antara banyaknya aset yang bisa dijaminkan, surat kendaraan seperti BPKB biasanya jadi pilihan. Ada alasan tertentu kenapa menjaminkan BPKB lebih praktis dibandingkan menjaminkan aset lain. Simak dulu nih keuntungan pengajuan kredit multiguna dengan jaminan BPKB.

[Baca: Apa Saja yang Bisa Menjadi Jaminan Kredit Multiguna? Pelajari Dulu Yuk!]

  • Gak perlu proses appraisal

Kayak yang sudah dijabarin di atas, mengajukan kredit multiguna bakal melewati proses survei dan appraisal. Misalnya kamu hendak menjaminkan surat-surat rumah seperti SHM atau HGB, bank atau lembaga keuangan bakal melakukan appraisal untuk mencari tahu nilai jaminan.

beli mobil bekas
Lagi kepepet butuh dana, sementara BPKB nganggur. Ya kenapa gak

Nah jika kamu menjaminkan BPKB kendaraan, kamu cuma bakal melewati proses survei saja. Biasanya usia kendaraan yang diperbolehkan adalah maksimal 5 tahun. Nilai pinjaman yang bisa cair adalah 80% dari nilai pasaran kendaraan.

Appraisal ini juga gak gratis loh. Ada biaya yang mesti dibayar nasabah. Besarannya tergantung perjanjian dengan pihak bank/lembaga keuangan.

  • Proses lebih cepat

Proses kredit multiguna tergolong lebih cepat jika dibandingkan kredit tanpa agunan yang bisa memakan waktu 1 – 2 minggu. Rata-rata proses kredit multiguna memakan waktu 3 – 5 hari kerja. Apalagi kalau gak ada proses appraisal, bisa lebih cepat dong.

[Baca: Salah Memilih Kredit Multiguna Bisa Bikin Rencana Keuanganmu Gagal]

  • Kendaraan tetap di tangan nasabah

Kamu gak perlu khawatir. Selama proses pinjaman berlangsung, kendaraan tetap berada di tangan nasabah. Jadi cuma BPKB saja yang berada di tangan kreditur. Dengan begitu produktivitas kamu gak bakal terganggu dong.

menjaminkan bpkb mobil
Jangan asal memilih lembaga perkreditan. Kudu cermat melihat syarat dan ketentuannya
  • Surat-surat aman

Ada kalanya kita suka teledor dalam menyimpan surat-surat berharga. Bukan gak mungkin malah hilang. Belum lagi kalau misalnya pindah rumah atau terkena musibah. Selama periode peminjaman kredit multiguna, surat-surat yang kita jaminkan bakal aman tersimpan.

  • Bunga lebih rendah

Banyak bank dan lembaga perkreditan yang menawarkan bunga kredit multiguna lebih rendah daripada produk lain. Contohnya saja BFI Multifinance yang menawarkan bunga 1% per bulan. Lebih rendah daripada bunga kartu kredit yang bisa di atas 2% kan?

  • Gak perlu kartu kredit

Cuma karena gak punya kartu kredit kita jadi gagal mengajukan kredit tanpa agunan. Gak begitu ceritanya dengan kredit multiguna. Selama punya aset yang dijaminkan, kartu kredit gak bakal dibutuhkan. Gak perlu pusing lagi deh.

[Baca: Ini Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA, Jangan Sampai Salah Pilih?]

Apapun bentuk kredit, semuanya harus bisa dikelola dengan baik. Kalaupun kamu butuh mengajukan kredit untuk kebutuhan konsumtif, pastikan cicilannya gak mengganggu keuangan. Dengan jangka waktu yang lumayan panjang (bisa 1 – 5 tahun), kamu tentu butuh komitmen untuk melunasi pinjaman.

DP-BFI-CTA Button

 

Image credit:

  • http://dispenda.jabarprov.go.id/wp-content/uploads/2015/02/20140130_PencurianVsPenggelapan-08.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-xEAn_4JBiNg/VZocq8-uG6I/AAAAAAAAALU/auAq5riOT9M/s1600/JAMINAN%2BBPKB%2BSMALL.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com