6 Pekerjaan Sampingan Ini Bakal Cepat Menghasilkan Uang

by Hardian 3.629 views0

pekerjaan sampingan

Kerjaan sampingan adalah jawaban buat kita-kita yang merasa pemasukan dari kerjaan rutin kurang. Tapi kira-kira apa ya kerjaan sampingan yang cepat menghasilkan uang?

Kalau ngomongin side job, tentunya kembali ke keahlian kita masing-masing. Satu orang dan yang lain tentunya punya keahlian sendiri-sendiri.

Keahlian itulah yang menentukan arah kerjaan mana yang kira-kira cocok dan cepat menghasilkan uang. Buat referensi, berikut ini ada sederet kerjaan sampingan yang biasa ditawarkan. Coba cek, siapa tahu ada yang nyantol:

1. Programmer

Gak semua orang bisa bikin program Internet. Makanya, secara umum bayaran seorang programmer relatif tinggi. Karena itulah beberapa kantor pilih sewa jasa programmer andal part time.

pekerjaan sampingan
Di kantor kerja sebagai developer, eh ternyata ditawarin kerja sambilan sebagai developer juga. Sikatlah (laptop/freecode camp)

Bayaran bakal diberikan per proyek kalau pakai programmer luar. Dengan demikian, kantor bisa ngirit biaya gaji, tunjangan, dan lain-lain.

2. Website designer

Kerjaan sampingan yang satu ini juga berhubungan dengan teknologi Internet. Bedanya, seorang web designer hanya bertanggung jawab mengelola desain website, seperti layout, tombol, gambar, dan ilustrasi.

Web designer mesti fasih menguasai program seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, dan 3Ds Max. Sedangkan programmer mesti ahli dalam hal bahasa kode pemrograman komputer, alias coding.

3. Translator/interpreter

Menguasai bahasa asing adalah poin plus, terlebih bila aktif dan pasif. Setidaknya bahasa Inggris mesti dikuasai di era globalisasi seperti sekarang ini. Kerjaan sampingan buat yang ahli bahasa asing adalah translator atau interpreter.

Translator kerjanya menerjemahkan teks, sedangkan interpreter adalah penerjemah lisan. Biasanya, uang jasa interpreter lebih besar karena tanggung jawab yang lebih besar. Bayangkan kalau dalam suatu seminar, misalnya, interpreter salah menerjemahkan kalimat narasumber asing. Fatal akibatnya.

4. Penulis/kontributor

Suka nulis? Bukan nulis status Facebook tentunya. Kalau ahli nulis artikel, bisa dicoba jadi penulis atau kontributor di media massa.

pekerjaan sampingan
Kalau dulu nulis ya pakai mesin tik dan gak bisa jadi sambilan. Tapi kalau sekarang, sudah pakai laptop, praktis, duitnya bisa banyak pula (mesin tik/level up magazine)

Berhubung sekarang adalah era digital, kerjaan sampingan nulis artikel bisa dilakukan buat situs online. Gak cuma media, bisnis lain yang membutuhkan artikel pun kerap menerima kontributor dengan bayaran bervariasi.

[Baca: Empat Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget]

5. Fotografer/videografer wedding

Hobi bisa menghasilkan duit. Gak percaya? Tanya deh yang suka jeprat-jepret pakai kamera DSLR. Banyak di antara mereka kerja di kantor Senin-Jumat, pas Sabtu atau Minggu jadi fotografer/videografer pernikahan.

Bisa tembusi wedding organizer untuk diajak kerja sama. Bisa juga bikin agensi sendiri, kerja sama dengan fotografer lepas lain sehingga bisa gantian bila ada job yang berbenturan dengan kerjaan rutin.

6. Online dropshipper

Jangan cuma sering keluar duit di tengah maraknya tren belanja online. Situasi ini bisa kita manfaatkan untuk cari kerjaan sampingan yang cepat menghasilkan uang, yakni jadi online dropshipper.

Gak perlu modal, cukup hubungi produsen atau distributor produk yang dijual online. Nantinya, kita jual produk orang itu tanpa sedia stok. Saat ada pembeli, langsung kita hubungi orang tersebut buat kirim barang setelah duit ditransfer. Kita dapet duit dari selisih harga barang yang kita patok dengan harga dari produsen.

[Baca: Hasilkan Uang dari Barang Bekasmu Lewat 5 Situs Jual-Beli Ini]

Enam kerjaan sampingan di atas cuma contoh. Jelas masih ada banyak pilihan di luar sana untuk kita cari mana yang paling pas.

Tapi tetap perlu diperhatikan kerjaan sampingan yang diminati. Terutama bila berburu lewat forum Internet. Pastikan pemberi job kredibel.

pekerjaan sampingan
Duit kerja sampingan makin banyak, gak mungkin bokek deh pas akhir bulan (banyak duit/iqoption)

Banyak pemberi job yang berhubungan hanya via e-mail atau telepon. Sebaiknya, untuk keamanan, paling gak ketemu sekali di mana gitu agar terjalin rasa saling percaya.

Namun ini tentunya mustahil bila si pemberi kerjaan sampingan berdomisili di luar daerah, bahkan luar negeri. Kembali kepada kita, tetap harus selektif cari kerjaan sampingan meski sangat membutuhkan. Dan ingat, jangan sampai kerjaan sampingan mengganggu kerjaan utama ya.

[Baca: Mau Kerja Utama dan Usaha Sampingan Bisa Berjalan Mesra? Simak Hal-hal Penting Ini Deh]

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com