6 Tahap dalam Tata Cara Beli Reksa Dana di Bank

by DuitPintar 16.472 views2

cara beli reksa dana

Reksa dana mungkin sudah gak asing lagi buat sebagian masyarakat, terutama yang hidupnya di kota-kota gede. Produk investasi ini populer banget di kalangan investor pemula atau mereka yang baru saja terjun ke dunia investasi.

 

Gimana gak populer? Ketimbang pusing-pusing main saham sendiri, kalau berinvestasi reksa dana, kita hanya tinggal mengawasi kerja manajer investasi yang bertugas “memainkan” dana investasi kita.

 

Kalau main saham sendiri, kita harus ngerti soal pasar saham. Ditambah lagi, harus bisa melihat potensi perusahaan mana saja yang sahamnya akan melejit.

 

Newbie atau pemula sebaiknya pilih reksa dana. Tentunya sembari sedikit demi sedikit mempelajari investasi.

 

Reksa dana dapat diartikan sebagai dana yang dihimpun dari masyarakat oleh manajer investasi untuk ditanamkan ke dalam beberapa bentuk produk investasi, seperti saham, obligasi, atau pasar uang.

 

Kita gak perlu terjun langsung untuk berinvestasi. Ada bank yang bekerja sama dengan manajer investasi yang membantu kita. Manajer investasi itu yang akan bekerja, tapi dengan pengawasan penuh dari kita sebagai pemilik modal.

 

Artinya, kita yang jadi “bos” buat si manajer investasi. Ada kemungkinan di tengah jalan kinerja manajer investasi itu kita anggap kurang memuaskan.

 

Misalnya karena imbal balik yang kita dapat sedikit atau bahkan kita malah merugi. Jika itu terjadi, kita bisa “memecat” dia dan mengganti dengan manajer investasi yang baru.

 

Tapi, banyak orang yang ragu terjun ke dunia reksa dana karena takut atau gak ngerti tata cara beli reksa dana. Seperti produk investasi lain, risiko reksa dana ada, dan bahkan diakui cukup tinggi.

 

Namun risiko yang tinggi ini diikuti dengan imbal balik atau return yang tinggi pula. Bunga tabungan ama deposito mah lewat. [Baca: Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan Buat yang Belum Pernah Jadi Investor]

 

Kalau soal gak ngerti tata cara, simak saja tips beli reksa dana di bank berikut ini:

 

1. Cari bank terbaik

BII-dan-Maybank-GMT-Asset-Management3-BU-21

 

 

Pertama-tama, cari bank terbaik buat investasi reksa dana. Buka laptop atau smartphone yang punya koneksi Internet, lalu Googling “reksa dana bank”. Sederet nama bank penyedia jasa investasi itu bakal keluar setelah kita klik search di Google.

 

Kalau ada teman atau keluarga yang punya pengalaman di reksa dana, tanyai juga pendapatnya tentang bank terbaik untuk beli reksa dana. Selain bank, ada juga perusahaan manajer investasi yang punya jasa reksa dana. Tapi, sebagai pemula, mendingan pilih bank yang udah punya nama beken biar lebih merasa aman dan nyaman.

 

2. Pahami prospektus

137129142

 

 

Setelah memilih bank, kunjungi situsnya untuk mendapat info tentang prospektus. Prospektus ini berisi penjelasan tentang hal seputar reksa dana. Pedoman buat investor reksa dana gitu. Isinya antara lain:

  • Jenis produk reksa dana
  • Manajer investasi
  • Tata cara pembelian dan penjualan kembali produk reksa dana
  • Bank kustodian
  • Dan lain-lain

Baca-baca dulu deh prospektus itu biar nanti gak tersesat saat investasi reksa dana sudah berjalan. Pas baca prospektus ini kita juga akan nemu pilihan manajer investasi yang akan memutar dana kita.

 

Pilih manajer investasi yang sudah terbukti ampuh mengolah dana investasi. Caranya, tanya lagi ke Mbah Google. Ingat, pastikan memilih manajer investasi yang terdaftar di Bapepam.

 

Tapi bank pastinya tak akan sembarang memilih partner manajer investasi dalam bisnis reksa dananya. Jadi gak perlu terlalu khawatir. Toh, kita juga bisa mengganti manajer investasi kalau merasa gak cocok di kemudian hari. [Baca: Mengapa Manajer Investasi Reksa Dana Penting?]

 

3. Tentukan produk reksa dana

manajer investasi reksa dana

 

 

Setelah memahami prospektus, kini saatnya menentukan mau ditaruh di mana duit investasi ini. Produk reksa dana konvensional yang tersedia yakni:

  • Reksa Dana Pasar Uang
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
  • Reksa Dana Saham
  • Reksa Dana Campuran

 

Sedangkan reksa dana terstruktur terdiri atas:

  • Reksa Dana Terproteksi
  • Reksa Dana dengan Penjaminan
  • Reksa Dana Indeks

 

Masing-masing produk itu punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jika belum bisa menentukan sekarang karena belum sepenuhnya paham tak apa-apa. Tanya-tanya ke bank langsung boleh kok.

 

4. Datang ke bank

citibank20e

 

 

Siapkan dokumen yang disyaratkan untuk beli reksa dana. Di antaranya KTP dan NPWP. Kalau gak punya NPWP, bisa pakai NPWP pasangan (suami/istri) atau orang tua.

 

Terus datang ke bank yang telah dipilih untuk bertanya langsung kepada customer service. Saat membeli reksa dana, biasanya kita harus membuka rekening tabungan dulu di bank tersebut.

 

Kadang si customer service kurang bisa menjelaskan perihal reksa dana. Tapi jangan khawatir, nanti ketemu dengan manajer investasi yang lebih piawai ngomong dari A sampai Z tentang reksa dana.

 

5. Bikin portofolio

Reksadana-dan-Reksa-Dana-2

 

 

Sebelum resmi menjadi investor reksa dana, isi dulu formulir pembelian dan portofolio. Portofolio di sini artinya profil kita sebagai nasabah reksa dana. Portofolio kita penting bagi manajer investasi untuk menyarankan alokasi dana buat investasi.

 

Karena itu, kita harus tahu dulu tujuan investasi reksa dana ini dari awal. Apakah mau investasi jangka pendek, menengah, atau panjang. Tujuan investasi ini menentukan besaran dana yang akan ditanam dan rekomendasi produk reksa dana dari manajer investasi.

 

6. Transfer dana

1589886090p

 

 

Setelah deal akan berinvestasi reksa dana, tinggal transfer dana sesuai dengan kesepakatan dengan manajer investasi. Dana inilah yang akan diolah oleh sang manajer investasi.

 

Kita lalu akan mendapat surat konfirmasi kepemilikan yang menjadi bukti bahwa kita sudah beli reksa dana. Simpan baik-baik bukti ini untuk penarikan dana jika suatu saat membutuhkan.

 

 

Itulah tata cara beli reksa dana. Gak ribet, kan? Setelah resmi berinvestasi reksa dana, jangan lupa memeriksa laporan tiap bulan untuk mengetahui kinerja manajer investasi dan duit investasi kita yang semakin berlipat-lipat.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.infobanknews.com/wp-content/uploads/2015/03/BII-dan-Maybank-GMT-Asset-Management3-BU-21.jpg?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=foo
  • http://img.docstoccdn.com/thumb/orig/137129142.png
  • https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2014/07/Cara-Mudah-Investasi-Reksadana-untuk-Pemula.jpg
  • http://www.straitstimes.com/sites/straitstimes.com/files/20131120/citibank20e.jpg
  • http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/files/2010/09/Reksadana-dan-Reksa-Dana-2.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2011/01/12/1589886090p.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com