7 Aktivitas Saat Weekend yang Bisa Bikin Kita Maksimalin Keuangan

by DuitPintar 4.661 views0

aktivitas saat weekend

Weekend, pasti jadi hari yang ditunggu-tunggu terutama buat para kaum pekerja. Itulah saat-saat di mana kita gak dikejar-kejar deadline kerjaan, gak harus bangun pagi dan menembus kemacetan untuk tiba di kantor tepat waktu. Saat di mana bangun siang merupakan sebuah kemewahan dan jadi saat di mana gak harus mandi seharian hahaha.

 

Eits, tapi gak selamanya loh weekend itu harus kamu isi dengan bermalas-malasan alias mager di rumah, gak mandi, tidur-tiduran di sofa sambil nonton televisi seharian. Boleh lah sesekali manfaatin weekend kamu dengan aktivitas yang bisa memaksimalkan keuangan. Kenapa gak?

 

Apa salahnya weekend diisi dengan aktvitas lain selain dari cuma jalan-jalan window shopping dan makan di mall atau restoran. Itu mah bukan maksimalin keuangan ya, yang ada kamu malah buang uang hehehe. Lalu apa dong aktivitas saat weekend yang bisa bikin kita memaksimalkan keuangan?

 

[Baca: Perhatikan Nih, 10 Etika Menggunakan Sosmed Agar Bisnismu Moncer dan Gak Bikin Ilang Feeling]

 

1. Ikutan garage sale atau bazaar

Kalau punya barang-barang bekas layak pakai coba deh ikutan event garage sale atau bazaar. Kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan loh. Kalau bingung gimana cara ikutannya, googling aja. Atau lewat media sosial seperti twitter dan instagram buat cari tahu event organizer yang sering ngadain garage sale dan bazaar.  

 

Kamu bakal dimintai biaya kontribusi sih berkisar mulai dari Rp 150 ribu – Rp 350 ribu biasanya berlangsung satu sampai dua hari (sabtu – minggu). Ternyata barang-barang bekas milik kita yang kita pikir sudah gak bisa digunakan lagi, masih digunakan oleh mereka yang memiliki ekonomi pas-pasan dan lemah loh.

 

Walau harga barang yang kamu punya pastinya hanya bisa dijual jauh di bawah harga pertama waktu dulu kamu membeli, tapi paling gak kamu bisa menghasilkan sejumlah uang dan sekaligus membuat senang para pembeli yang suka dengan barang bekas kamu. Waste for us, treasure for us.

 

2. Datang ke pameran tour and travel

Weekend itu pasti banyak banget acara pameran dari berbagai industri. Coba deh sesekali jalan-jalan ke pameran yang bisa kasih kamu beberapa benefit seperti tiket travel murah, harga furniture diskon sampai 50% atau bahkan 90% kalau beruntung dan sejenisnya.

 

aktivitas saat weekend

Punya mimpi traveling ke suatu negeri eksotik boleh-boleh saja. Walau belum punya dana cari-cari tahu info di pameran saja

 

 

3. Jadi freelancer  

Punya skill lain seperti menulis artikel atau cerita pendek misalnya? Manfaatin skill kamu itu pas weekend dengan menjadi tenaga penulis lepas deh. Banyak kok perusahaan media online atau digital lainnya yang membutuhkan jasa penulis lepas.

 

Gak cuma sebatas jadi penulis ya, banyak kerjaan lepas lain yang bisa kamu lakukan pas weekend buat nambah penghasilan. Kalau emang mau bisa kok jadi jasa antar transportasi online. Tapi atur waktu dan lihat juga kondisi fisik ya, jangan sampai pas hari Senin masuk kerja malah sakit karena kecapean ngojek.

 

Intinya sih gali keahlian lain kamu selain jadi karyawan kantoran pas weekend untuk bikin gendut dompet.

 

[Baca: Yang Kejar Setoran, Nih 10 Situs Kerja Freelance Lokal dan Mancanegara]

 

4. Ikut kursus / training

Ikutan kursus atau training singkat yang sesuai minat kamu pas weekend juga bagus loh. Daripada males-malesan di rumah gak jelas. Bisa dari kursus renang, bikin kue, menyulam atau menjahit dan lainnya. Tinggal pilih aja deh mana yang kamu suka.

 

Melatih keahlian kamu di bidang lain itu bisa bikin kamu jadi punya nilai lebih. Dengan sejumlah uang yang kamu keluarkan untuk biaya kepesertaan, kamu bakalan memperoleh ilmu yang berguna. Siapa tahu kamu sedang bersiap untuk pensiun dini dari perusahaan dan ingin buka usaha sendiri.

 

aktivitas saat weekend

Keterampilan-keterampilan juga pasti bisa berguna suatu saat. Jadi gak rugi ikut pelatihan

 

 

Menambah ilmu dan keterampilan itu hal yang positif. Gak cuma menstimulasi otak kamu untuk terus kreatif, tapi juga seluruh anggota tubuh biar aktif, sehat dan banyak bergerak. Penyeimbang selama Senin -Jumat yang cuma duduk di depan laptop.

 

5. Ikut kegiatan sosial  

Hidup ini bukan hanya untuk menyenangkan dan memuaskan hasrat diri sendiri bro. Sesekali ikutan aktif deh di kegiatan-kegiatan sosial. Selain mengasah kepedulian kamu terhadap sesama yang kurang beruntung, kamu juga bisa belajar tentang makna kehidupan, duileee. Loh, ini ciyusan bro.

 

Jangan cuma seneng dan semangat buat party-party atau hangout aja dong, korbankan sedikit dari waktu kamu dan berbagi. Sekarang banyak loh komunitas yang aktif menyelenggarakan kegiatan bakti sosial atau biasa disebut baksos. Contohnya aja, bagi-bagi sembako buat para tukang sapu dan gelandangan. Atau mengunjungi dan berbagi kebahagiaan bersama adik-adik yatim piatu.

 

Bukankah senyum yang terukir di bibir saudara-saudara kita yang kurang beruntung akan bikin hati kita ngerasa damai dan ikut bahagia.

 

So, weekend bukan alasan untuk mager dan males-malesan lagi ya. Begitu banyak kegiatan yang bisa mendatangkan nilai lebih, gak hanya untuk keuangan kamu tapi juga untuk kepuasan batin. Bikin deh hidup kamu lebih bermakna dan berwarna.

 

[Baca: Mau Usaha tapi Kepentok Modal, Yuk Coba Pakai 4 Situs Crowdfunding di Indonesia Ini]

 

 

 

Image credit:

  • http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/garuda-indonesia-travel-fair-2015_20150406_162729.jpg
  • http://www.news.tridinamika.com/wp-content/uploads/2016/03/Kenapa-harus-ikut-Pelatihan.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com