Belajar dari 7 Film Ini Tentang Mereka yang Berulang Kali Gagal Lalu Sukses

by Hardian 3.930 views0

Gagal lalu sukses

Jangan sekali-kali meremehkan orang yang pernah gagal. Bukan mustahil kelak orang itu menjadi orang sukses, bahkan lebih sukses ketimbang kita.

Hal ini pun berlaku buat kita sendiri yang sedang dilanda kegagalan. Sekali gagal, bukan berarti bakal gagal selamanya.

Mungkin saja kegagalan itu hanyalah proses menuju kesuksesan yang terbentang di depan sana. Seperti yang terkisah dalam sederet film terkenal.

Kisah dalam film ini bisa memberikan kita motivasi bahwa mereka yang gagal masih bisa sukses. Berikut ini kisahnya.

1. Pursuit of Happyness

Film drama ini berkisah tentang kehidupan nyata seorang salesman yang akhirnya sukses sebagai pialang saham. Sempat hidup dalam kemelaratan dan rumah tangga terancam ambruk, Chris Gardner bisa mengubah kehidupannya.

gagal lalu sukses
Film Pursuit of Happiness ini diperankan oleh Will Smith dan putranya, Jaden Smith yang saat itu masih kecil banget. (Will Smith & Jaden Smith/Guardian)

Setelah gagal sukses sebagai salesman, dia menjajal peruntungan di dunia saham. Justru keputusannya inilah yang mengeluarkan dia dari jurang keputusasaan.

2. Saving Private Ryan

Yang satu ini adalah film perang. Ceritanya, sekelompok prajurit ditugasi mencari prajurit lainnya yang bernama Ryan. Di tengah pencarian yang panjang dan melelahkan, banyak kisah yang menginspirasi.

Berkat kekompakan tim dan semangat pantang menyerah, Ryan bisa ditemukan. Kesuksesan itu tercapai meski harus ditebus dengan hilangnya nyawa anggota tim.

3. Limitless

Buat yang sering malas atau mentok saat berusaha, bisa nonton film ini. Ceritanya, seorang penulis gak bisa menghasilkan tulisan baru, sehingga hidupnya bermasalah. Tapi dia berhasil jadi penulis sukses berkat obat tertentu, yang ternyata efeknya bisa bikin meninggal.

Penulis itu akhirnya bisa banyak nulis, tapi khawatir jiwanya terancam. Akhirnya, dia bisa mengendalikan diri dalam konsumsi obat. Jangan diambil kisah tentang obatnya tapi ya, melainkan cerita untuk mengambil langkah nyata dan pengendalian diri.

4. Crocodile in The Yangtze

Film ini berkisah tentang perjuangan Jack Ma hingga bisa berhasil sebagai pengusaha di bidang teknologi informasi. Mengawali karir sebagai guru matematika, Jack Ma justru sukses menjadi pebisnis online.

gagal lalu sukses
Daripada nonton ke bioskop, belum tentu filmnya inspiratif. Mending nonton di rumah bareng keluarga. Gratis pula hehe (nonton bersama keluarga/Wise Geek)

Jatuh-bangun seorang Jack Ma tergambar di sini. Termasuk semangat kerjanya sebagai pengusaha yang berambisi mengalahkan dominasi pebisnis negeri adidaya, Amerika.

5. Glengarry Glen Ross

Film yang diangkat dari buku ini menceritakan bisnis real estate yang bisa begitu kejam. Kita bakal diajari cara menyelami dunia bisnis yang penuh konflik.

Jika berniat jadi pengusaha, kita wajib nonton film ini. Biar gak kaget bahwa di dunia itu yang kelihatan ramah bisa menusuk dari belakang, dan yang galak mungkin bisa jadi partner kerja yang baik.

6. Moneyball

Orang yang lemah bisa menjadi kuat. Itulah yang menjadi inti cerita film ini. Dengan perjuangan, kelemahan itu bisa diatasi hingga menjadi kekuatan.

gagal lalu sukses
Film tentang kesuksesan itu beragam lho, ada film perang, film tentang olahraga dan macam-macam deh. Tonton aja berdasarkan yang kamu suka (Brad Pitt di film Moneyball/NPR)

Manajer tim bisbol dalam film ini bisa mencetak sukses dengan cara yang gak lazim. Awalnya memang ia dikritik, tapi kemudian ia mampu membuktikan bahwa caranya berhasil.

7. Into the Wild

Kesuksesan adalah soal perspektif. Kaya raya bukanlah satu-satunya tanda keberhasilan seseorang. Itulah yang hendak ditunjukkan dalam film ini.

Seseorang malah meninggalkan kehidupannya yang makmur untuk hidup sendirian. Dalam hidup yang baru, dia berulang kali mendapati kesulitan. Namun, dengan cara itu, dia bisa menemukan kehidupan yang ia yakini, bukan yang ditentukan orang lain.

Pelajaran tentang hidup bisa didapat dari banyak hal. Selain film, kita pun bisa baca buku yang bisa memotivasi diri.

Menonton film jelas lebih dipilih pastinya. Selain lebih mengasyikkan, bisa lihat aktor dan artisnya yang cantik dan ganteng.

Tapi jangan terbuai oleh yang nampak di depan mata, ya. Tiap film pasti mengandung pesan moral yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan, termasuk untuk meraih kesuksesan.

 

 

Yang terkait artikel ini

[Baca: Gak Pamer Kesuksesan di Medsos Bukan Berarti Gagal, Nih Buktinya]

[Baca: Jangan Harap Bisa Jadi Orang Sukses Kalau Masih Punya 5 Hal Ini]

[Baca: Gagal Berbisnis Jangan Menyerah, Coba Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha Ini]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com