7 Kesalahan Angela Lee yang Bikin Utangnya Numpuk Sampai Rp 25 Miliar

by akbar 1.826 views0

Angela Lee

Kabar soal presenter dan selebgram cantik Angela Lee yang berutang sampai Rp 25 miliar jadi trending topic. Gak cuma media massa, media sosial pun ramai membicarakan artis berusia 30 tahun ini.

Yang kemudian jadi pertanyaan menggelitik, kok bisa ya ada orang utang sebanyak itu sendirian? Itu uang semua tuh?

Well, katanya sih, Angela ini utang sebanyak itu buat bisnis tas mewah. Dia menjalankan bisnis tas mewah yang harganya sebuah bisa Rp 40 jutaan. Nah, modalnya inilah yang dia dapatkan dari utang.

Sebenarnya, pinjam uang untuk bisnis itu gak salah, karena hasil keuntungan bisnis bisa dipakai untuk melunasi utang. Yang salah kalau cara pengelolaannya gak bener dan perencanaannya gak matang.

angela lee
Wah… aku jadi rela kamu utangin. Eh tapi kalau gak dibayar-bayar apes gue (Angela Lee/Okezone)

Nah, ini kayaknya yang terjadi sama Angela. Setelah berutang buat modalin bisnis, bukannya untung, eh malah utangnya yang menggunung.

Sekarang coba kita sotoy sejenak dan menganalisis apa aja sih kesalahan yang dilakukan sama Angela sampai bisa terlilit utang segitu besarnya?

1. Sembarangan berutang

Angela bisa dikatakan sembarangan alias grabak-grubuk dalam berutang. Dalam pernyataannya ke media massa, dia bilang awalnya meminjam uang sebesar Rp 45 miliar dengan bunga tinggi. Sekitar 4-7 persen seminggu! Gede banget, kan?

Coba bandingin sama bunga kredit tanpa agunan (KTA) dari perbankan yang rata-rata bunganya 1-2 persen sebulan. Jauh banget bro!

Nah, dari sini harusnya kita bisa belajar kalau perkara utang itu gak bisa sembarangan. Harus teliti dan mempertimbangkan bibit-bebet-bobot sebelum menjatuhkan pilihan yang tepat. Dan besar-kecilnya bunga adalah elemen paling utama yang mesti dipertimbangkan.

2. Gak punya strategi bisnis yang tepat

angela lee
Berbisnis tentu harus punya perhitungan, kalau salah perhitungan bisa jadi buntung lho mbak (Angela Lee/Warta Kota)

Punya bisnis tentu harus punya strateginya juga dong biar nguntungin. Bagaimana dengan Angela Lee?

Dari pengakuannya, Angela memang gak secara gamblang menjelaskan skema bisnis tas mewahnya yang merugikan. Tapi, kenyataan bahwa dia terus merugi sampai harus nombok kalau tasnya gak laku, membuktikan bahwa dia gak punya strategi dan perencanaan bisnis yang matang.

Nah, kamu jangan kayak gini kalau berbisnis ya. Utang boleh, tapi sebelumnya harus udah punya strategi untuk bisa mengembangkan bisnis dan melunasi kewajiban utangmu nanti.

3. Gali lubang tutup lubang

Untuk melunasi utangnya yang pertama, Angela Lee justru meminjam uang lagi. Akibatnya, ya utangnya tambah banyak.

Dan dikabarkan pula, aset-asetnya berupa mobil dan rumah sudah disita. Dia juga terkena pemutusan kontrak untuk shooting film.

Kalau begini caranya gimana mau lunas? Masa iya gali lubang tutup lubang lagi. Hidup terlalu singkat buat bayar cicilan lho.

[Baca: Gali Lubang Tutup Lubang Jangan Mau Tercekik, Ini Jalan Keluar dari Utang]

4. Pinjam uang dari berbagai sumber

angela lee
Mau gimana pun juga, minjam duit lebih baik ke lembaga atau institusi keuangan yang diawasi OJK mbak (Angela Lee/Liputan6)

Sudah pinjam uang untuk bayar utang, pinjamnya juga dari berbagai sumber pula. Akibatnya, dia pun pusing harus melunasi pinjaman ke berbagai pihak. Dan yang menuntut pelunasan pun jadi banyak kan?

Nah, kalau kamu utang, usahakan untuk berutang ke satu pihak aja. Kalau gak, nanti pusing sendiri bayarnya lho.

5. Pinjam uang ke teman

Kesalahan kelima Angela Lee adalah meminjam uang bukan ke pihak bank atau lembaga keuangan. Melainkan ke “teman” alias perorangan. Kalau sudah begini, ya gak heran ada bunga-bunga siluman yang muncul. Ibarat minjam uang ke rentenir aja.

Belum lagi, gak ada hitam di atas putih mengenai kesepakatan pembayaran utang. Alhasil, posisi Angela sebagai debitur juga jadi lemah. Karena gak ada landasan hukum yang bisa bantu dia.

Coba deh, kalau dia pinjam uangnya ke bank atau lembaga keuangan resmi. Sebagai debitur, kita bakal masih punya hak untuk meminta mediasi dan keringanan sama lembaga tersebut. Sebut saja seperti pemotongan bunga atau perpanjangan tenor pinjaman, dan lainnya.

[Baca: Terjerat Utang? Simak Cara Mengelola Utang yang Bertumpuk Ini Deh]

6. Gak mengukur kemampuan finansial

angela lee
Sebelum minjam dana, mestinya mbake ngukur kemampuan juga untuk bayarnya (Angela Lee/Kaskus)

Sebelum berutang, tanyakan dulu kepada dirimu apakah kamu sanggup untuk bayar? Kalau memang sanggup ya sok-sok saja. Tapi kalau gak bisa, ya jangan. Atau pinjam saja dengan jumlah yang sesuai.

Semestinya, Angela berhenti berutang sebelum akhirnya utangnya menumpuk akibat bunga yang gak jelas itu. Bukan malah nyari utangan baru untuk ngelunasin utangnya.  

7. Gak meminta bantuan kepada yang ahli

Bila kamu tengah menghadapi masalah finansial yang cukup serius dan kamu gak yakin bisa menghadapinya, maka mintalah bantuan kepada ahlinya. Dalam hal ini adalah konsultan keuangan. Mereka tentu bisa berpikir lebih jernih untuk membantu klien menghadapi masalah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Angela Lee gelap mata ketika melihat utangnya kian menumpuk. Sampai akhirnya dia minjam uang sana-sini tanpa perhitungan.

Ketika dihadapkan dengan kondisi seperti Angela ini, sebaiknya kamu langsung berpaling ke konsultan keuangan untuk minta bantuan. Daripada terlambat, nanti masalahnya bisa berujung ke persidangan lho.

[Baca: Lambaikan Tangan Ke Kamera dan Minta Bantuan Konsultan Keuangan Saat…]

Pokoknya, kalau gak mau utangmu menumpuk ya hindari deh tujuh kesalahan yang dilakukan Angela Lee di atas. Dan ingat, kalau ngutang terus, sampai kapan pun kita gak akan bisa mencapai financial freedom. Mau menghabiskan masa tua dengan bayar utang?

 

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com