6 Langkah Perencanaan Keuangan yang Wajib Dilakukan di 2018

by Puri 638 views0

untuk jam 9 blog

Siapa yang merasa tahun 2017 keuangannya berantakan? Nah, karena itu yuk mulai buat perencanaan keuangan di tahun 2018 biar kondisi finansial kamu lebih sehat.

Karena memang gak ada salahnya membuat resolusi keuangan agar pengelolaan keuangan kamu menjadi lebih baik, bebas dari utang, dan memiliki persiapan masa depan yang matang.

Seperti apa resolusi keuangan yang dapat kamu lakukan di tahun 2018? Yuk, simak langkah perencanaan keuangan yang benar untuk tahun ini!

1. Memiliki tabungan

Perencanaan Keuangan
Yuk, nabung mulai sekarang (mynewstarone)

Berapa pun penghasilan yang kamu dapatkan, selalu sisihkan sekitar 10-20 persen untuk menabung.

Tabungan sangatlah membantu di saat kamu mengalami keadaan yang mendesak, seperti tiba-tiba harus mengeluarkan uang untuk kendaraanmu yang rusak.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang buat tabungan ya setiap bulan.

[Baca: 4 Hal Negatif Ini Malah Bisa Bikin Tabunganmu Bertambah]

2. Menyiapkan dana pensiun

Perencanaan Keuangan
Menyiapkan dana pensiun penting juga lho (dakta)

“Ah, masih muda. Dana pensiun gak penting.” Eits cepat-cepat hilangkan pemikiran seperti itu ya.

Pasalnya, dana pensiun itu sangatlah krusial untuk menjamin masa depan keuanganmu. Kamu gak mau kan di hari tua justru harus hidup terlunta-lunta karena gak memiliki pemasukan?

Gak cuma itu aja, dana pensiun yang kamu bayarkan setiap bulannya bisa juga dicairkan ketika kamu niat untuk membuka bisnis lho.

3. Investasi

Gak lengkap rasanya ngomongin perencanaan keuangan tanpa bicara soal investasi. Mengapa?

Soalnya investasi merupakan salah satu sumber kekayaanmu di masa depan kelak. Karena itu, sebaiknya mulai memikirkan untuk melakukan investasi di tahun 2018 ini.

[Baca: Investasi Bodong Itu Gak Pandang Bulu, 9 Seleb Ini juga Pernah Kena]

4. Merintis bisnis sampingan

Perencanaan Keuangan
Merintis bisnis sampingan (auditics)

Kini kamu gak perlu mengeluarkan uang gede untuk memulai bisnis. Bahkan perkembangan teknologi yang pesat memudahkan orang untuk membuka bisnis hanya melalui sosial media seperti Instagram.

Di tahun 2018 ini, buatlah perincian untuk mulai merintis bisnis sampingan seperti jualan baju atau makanan kekinian di Instagram.

5. Membeli rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki orang. Karena itu, yuk mulai wujudkan pembelian rumah ke dalam daftar perencanaan keuangan di tahun 2018 ini ya.

Pasalnya, rumah memiliki harga yang sulit turun. Jadi semakin kamu menunda beli rumah, maka semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Misalnya, untuk menyewa kontrakan.

6. Memiliki asuransi jiwa

Perencanaan Keuangan
Asuransi jiwa juga harus kamu miliki ditahun 2018 ya (asuransi365)

Masih banyak orang yang tidak memiliki asuransi jiwa karena dianggap tidak begitu penting. Padahal asuransi jiwa sangat menguntungkan lho, seperti saat kamu sakit atau meninggal dunia.

Karena itu, mulailah untuk memiliki asuransi jiwa di tahun 2018 ini ya.

[Baca: Asuransi Jiwa Itu Penting, Ini 4 Alasannya Kamu Harus Punya]

Itu dia enam perencanaan keuangan di tahun 2018 yang harus kamu lakukan agar keuangan kamu lebih terkendali dan gak berantakan lagi seperti tahun 2017 kemarin.

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com