7 Tempat Jual Beli Emas buat Mommies yang Ingin Investasi

by DuitPintar 10.480 views5

tempat jual beli emas

Investasi emas masih digandrungi banyak orang di Indonesia. Salah satu alasan kuatnya adalah investasi ini minim risiko dan gak ribet. Walhasil, gak sedikit orang yang mengawali kiprahnya di dunia investasi dengan berinvestasi emas.

 

Investasi emas disarankan buat mereka yang berniat menanam investasi untuk masa depan tapi cenderung awam terhadap mekanisme investasi di bank atau bursa efek.

 

Di antaranya kaum Hawa yang menjadi ibu rumah tangga full time. Sebab, selain bisa dijadikan investasi, khusus emas perhiasan juga dapat dipakai sebagai aksesori untuk mempercantik diri.

 

Emas yang sering dijadikan investasi berupa batangan, koin, dan perhiasan. Tapi kebanyakan lebih memilih emas batangan karena nilainya lebih mengikuti standar internasional.

 

Kalau perhiasan, ongkos investasi lebih mahal karena ada biaya pembuatan. Sedangkan koin emas sudah mulai jarang ditemui di pasaran.

 

Kelebihan investasi emas antara lain:

  • Kebal inflasi
  • Tahan lama atau tidak gampang rusak
  • Risiko minim
  • Likuid (gampang diakses, dibeli, dan dijual)
  • Modal relatif kecil

 

Selama ini ibu rumah tangga identik dengan urusan dapur. Yang diketahui hanya dapat uang dari suami dan membelanjakannya. Padahal di era emansipasi seperti saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang melek investasi. [Baca: 7 Kiat Gapai Sukses dari Wanita Terkaya Sejagat]

 

Seperti disebutkan di atas, investasi emas cocok buat para Mommies yang sehari-hari sibuk mengurusi keluarga tapi juga ingin lebih memastikan masa depan keluarga. Jika Mommies termasuk yang ingin berinvestasi emas, simak 7 tempat jual beli emas yang terpercaya berikut ini:

 

1. Pegadaian

pegadaian
Jual beli emas di Pegadaian gampang. Kalau mau gadai gigi emas, 

 

Di Pegadaian, baik itu konvensional maupun syariah, kita bisa beli emas secara tunai dan kredit. Tapi hanya Pegadaian yang punya outlet Galeri 24 yang melayani pembelian secara tunai. Kalau di kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya melayani kredit.

 

Selain itu, di Pegadaian kita juga bisa beli emas secara online lewat www.pegadaian.co.id. Petunjuk pembelian ada di situs tersebut. Semua emas yang dijual di Pegadaian berasal dari PT Aneka Tambang (Antam).

 

Pegadaian juga menerima penjualan emas. Jika emas yang dijual dulunya dibeli dari Pegadaian (dibuktikan dengan sertifikat pembelian), Pegadaian mau membelinya sebesar 97% dari harga pasar. Nilai ini termasuk tinggi karena kebanyakan tempat jual emas lain, seperti Antam, menawarkan 95% dari harga pasar.

 

2. Unit Bisnis Antam

unit bisnis antam pulogadung
Lebih murah sih, tapi ati-ati ama preman terminal Pulogadung ya..

 

Unit Bisnis Antam di Pulogadung, Jakarta Timur, menjual emas batangan olahannya langsung. Di sini kita bisa beli emas dengan harga murah karena langsung dari produsennya.

 

Tapi karena murah, antrean pembeli di sini cukup panjang. Selain itu, jumlah pembeli dibatasi sampai 150 orang sajai. Pemeriksaan terhadap pembeli pun sangat ketat karena demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Kita juga bisa membeli lewat delivery order sesuai dengan harga di Unit Bisnis Antam. Layanan ini juga ada di daerah-daerah tertentu. Tapi, kita akan dikenai biaya antar.

 

Unit Bisnis Antam juga melayani penjualan emas. Harga beli kembali (buyback) emas produk Antam sebesar 95% dari harga pasar. Harga beli kembali di sini artinya harga yang ditetapkan kalau kita menjual emas yang dulu dibeli dari Antam.

 

3. Gedung Pusat Antam

gedung pusat antam
Di gedung pusat Antam ini kita bisa sekalian ngadem soalnya AC-nya dingiiin dan orangnya gak berjubel.

 

Di gedung pusat Antam di  Jl Simatupang, Jakarta, ada Butik Emas. Harganya memang lebih tinggi sedikit ketimbang di Unit Bisnis di Pulogadung, tapi pembeli bisa lebih nyaman mengantre di sini.

 

Jumlah pembeli di sini lebih sedikit, sehingga tak berjubel. Kelebihan lainnya adalah kita bisa membeli emas tanpa batas. Adapun harga beli kembali emas di gedung pusat dan Unit Bisnis Antam sama.

 

4. Cabang Antam

butik emas antam
Tuh, Antam sampai buka butik emas di daerah cuma buat kamu biar gampang investasi emas. Kurang sayang apa, coba…

 

Kita yang tidak tinggal di Jakarta juga bisa membeli emas langsung dari Antam. Cukup kunjungi kantor cabang Antam atau Butik Emas yang ada di daerah-daerah. Butik Emas Antam di daerah antara lain ada di Bandung, Makassar, Surabaya, dan Palembang.

 

Harga emas di kantor cabang atau Butik Emas Antam di daerah-daerah sama. Harganya sedikit lebih tinggi daripada di Pulogadung dan gedung pusat Antam. Tapi biasanya antrean pembeli di tempat-tempat tersebut memang cukup panjang.

 

Kalau area kita ter-cover layanan delivery order di daerah, kita bisa memanfaatkannya dengan membayar biaya antar. Harga beli kembali emas Antam di daerah sama dengan di pusat.

 

5. Butik Emas Mobile

butik emas mobile
Ini mobile ya, bukan mobil. Jadi jangan nungguin mobil yang ada stiker Antam-nya kalau mau beli emas di butik emas mobile.

 

Selain melayani pembelian di Unit Bisnis dan gedung pusat, Antam juga punya Butik Emas Mobile. Tapi Butik Emas Mobile di sini bukan dalam bentuk kendaraan yang mangkal di tempat tertentu untuk menawarkan emas Antam.

 

Butik Emas Mobile berupa gerai di tempat keramaian, misalnya di dalam mal, dengan jadwal yang bisa dilihat di situs Antam. Harga emas di sini sama dengan harga di gedung pusat, tapi biasanya yang dijual terbatas sehingga kadang pembeli kehabisan.

 

Butik Emas Mobile juga melayani pembelian emas. Syarat dan ketentuan pembelian emas dari masyarakat di sini mengikuti aturan dari gedung pusat Antam.

 

6. Toko Emas

toko emas
Jangan sampai niat beli emas investasi malah jadi beli perhiasan macem-macem kalau di toko emas

 

Kalau toko emas biasanya menjual emas berupa perhiasan. Harganya tentu lebih mahal ketimbang emas batangan di Antam karena ada biaya pengolahan.

 

Karena itu, harganya lebih tinggi dari pasaran. Jadi perlu diingat, harga belinya mungkin tak sebanding dengan harga penjualannya nanti. Bisa-bisa kita malah rugi karena harga jual emas perhiasan di toko emas lebih rendah daripada saat kita membelinya dulu.

 

Toko emas juga melayani penitipan emas ke pihak ketiga. Jika kita mau menitipkan emas di sana, kita harus mengecek benar-benar pihak ketiga itu. Mintalah data lengkap tentang pihak tersebut untuk menghindari kerugian akibat penipuan atau penggelapan.

 

7. Bank syariah

bank syariah jual emas
Beli emas di bank syariah, surga dunia-akhirat menanti…

 

Sejumlah bank syariah melayani pembelian emas, misalnya Bank Syariah Mandiri. Kalau beli di bank syariah, kita bisa beli emas secara kredit. Syaratnya biasanya cukup gampang, tak perlu ada survei dari pihak bank.

 

Pembelian emas dengan cara syariah tentu menguntungkan terutama buat umat muslim. Pembelian emas di bank syariah juga lebih meringankan keuangan karena pembayarannya bisa lewat mekanisme cicilan per bulan. Bank syariah juga menerima gadai emas yang telah dibeli dengan nilai hingga 95% dari harga pasar.

 

[Baca: Beli Emas Tunai atau Kredit, Mari Lihat Untung-Ruginya]

 

Itulah sejumlah tempat jual beli emas yang direkomendasikan buat para ibu. Tempat-tempat itu gampang dijangkau. Selain itu, proses pembelian emas tak ribet. Yang penting, siapkan dana khusus untuk investasi ini agar keuangan keluarga tetap terjaga.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.bisnisemas.net/wp-content/uploads/2010/04/gadai-emas.jpg
  • http://us.images.detik.com/content/2013/04/19/4/133222_antamrachman2.jpg
  • http://m.energitoday.com/uploads//2013/10/antam6.jpg
  • http://img.bisnis.com/posts/2014/01/15/197424/emas-antam1.jpg
  • http://images.detik.com/content/2013/10/09/4/142320_emasantam.jpg
  • http://beritaekonomi.kiosgeek.com/wp-content/plugins/wp-o-matic/cache/9c6e0_79520_emas.jpg
  • http://cdn-media.viva.id/thumbs2/2013/01/15/187733_harga-emas-pada-2013-diperkirakan-naik-14–_663_382.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com