8 Informasi Wajib Tahu Seputar Perpanjangan STNK Online

by DuitPintar 8.668 views2

stnk online thumbnail

Mengurus pembayaran perpanjangan masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK) gak perlu datang ke kantor samsat. Aturan itu tercantum dalam Pasal 16 Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015.

 

“…bahwa pelayanan penerimaan pembayaran pajak STNK bisa dilakukan lewat transaksi elektronik, contohnya ATM.”

 

Jadi sekarang kita gak usah ribet menuju samsat dan capek-capek ngantre buat membayar pajak kendaraan tahunan di sana. Kita gak perlu menguatkan iman menahan godaan calo yang bergentayangan menawarkan jasa ilegal.

 

Buat yang terbiasa pakai jasa calo, ehm sapa tuuh…? Ini artinya kalian juga bisa mengirit pengeluaran karena gak perlu lagi bayar makelar buat ngurus STNK.

 

hari gini masih pake calo

 

Sebelum ada aturan pembayaran via transaksi elektronik ini, sistem perpanjangan STNK online sudah berlaku di tiga wilayah di Indonesia. Ketiganya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

 

Jadi orang yang ber-KTP Bekasi, misalnya, bisa mengurus pengesahan STNK di Jakarta. Meskipun gak semua samsat di wilayah itu melayani pengurusan STNK online.

 

Pengaturan wilayah pelayanan samsat yang bisa diakses secara online meliputi:

  1. Samsat Wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur) dapat diproses di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  2. Samsat Wilayah Banten (BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja) dapat diproses di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  3. Samsat Wilayah Jawa Barat (Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi) dapat diproses di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

 

Beberapa samsat di wilayah lain juga telah menerapkan pelayanan STNK online ini. Untuk lebih tahu soal pengurusan pengesahan STNK secara online, simak 8 informasi seputar perpanjangan STNK online berikut ini:

 

1. Cek pajak online

samsat online

 

 

Samsat dan Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta punya layanan untuk mengecek pajak STNK. Caranya, masukkan nomor polisi yang yang dicek ke kolom yang ada di situs Samsat Jakarta. Jika angka di tengah kurang dari 4, masukkan angka 0 di bagian depan.

 

Misalnya plat nomor B 123 RFS. Untuk mengecek, masukkan B 0123 RFS.

 

Kalau keluar keterangan “Nomor Kendaraan : B [plat nomor] Tidak Ada”, kemungkinan besar plat nomor itu tak terdaftar di samsat DKI. Kalau proses berhasil, akan muncul informasi soal pajak kendaraan terkait, termasuk jadwal jatuh tempo.

 

Yang mau bikin hubungan pacaran Lebih greget, bisa pakai layanan ini untuk mengecek data pajak kendaraan pacar. Kalau ternyata jadwal bayar udah deket, ingetin si yayang. Daripada chatting cuma ingetin buat makan atau mandi. Lebih greget kan? Hehe.

 

2. Samsat Terpadu di Jawa Barat

samsat terpadu jawa barat

 

Pada 2010, Polda Jawa Barat dan dinas terkait bikin gebrakan hebring. Perpanjangan STNK online bisa dilakukan di seluruh wilayah Polda Jawa Barat!

 

Tapi bukan berarti kita tinggal duduk manis di depan komputer yang tersambung Internet doang buat ngurus STNK itu. Setelah selesai proses lewat online, proses akhir tetap dilakukan di samsat terdekat.

 

Jadi kalau kalian tinggal di Bekasi tapi STNK keluaran samsat Cirebon, bisa ngurus pengesahan STNK tahunan di Bekasi. Gak perlu ngibrit keluar ongkos banyak ke Cirebon hanya buat ngurus STNK.

 

Waktu pelaksanaan Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat:
Setiap hari kerja 08.00-16.00 WIB.

Tempat :
Wilayah Polda Jabar : Seluruh Samsat Polda Jabar
Wilayah Polda Metro Jaya : Samsat Bekasi dan Samsat Cikarang

 

3. E-Samsat Jawa Barat

e-samsat jawa barat dengan bank bjb

 

 

Setelah samsat online, Polda Jawa Barat bikin E-Samsat bekerja sama dengan Bank BJB. Lewat program ini, pemilik rekening Bank BJB  bisa membayar pajak STNK lewat ATM Bank BJB.

 

Syaratnya, data STNK dan data pemilik rekening harus persis plek. Alur pembayaran pajak STNK lewat E-Samsat Jawa Barat yaitu:

 

  1. SMS dari wajib pajak dengan format: esamsat [no.chasis] [no.KTP] [email]
  2. Kirim ke 08112119211
  3. SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat
  4. Cek status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server polda
  5. Kirim SMS jawaban ke wajib pajak: kode bayar, data kendaran, dan jumlah tagihan
  6. Bila SMS data kendaraan dan jumlah penetapan telap disepakati, wajib pajak datang ke ATM Bank BJB (data wajib pajak harus sama dengan pemilik rekening di BJB)
  7. Ikuti langkah membayar di ATM dengan memilih opsi pajak kendaraan dan memasukkan kode pembayaran
  8. Dapat struk tanda bukti bayar pajak
  9. Datang ke kantor samsat untuk menukar struk dengan SKPD
  10. Mendapat SMS berisi konfirmasi pembayaran

 

4. Samsat Drive Thru DKI

samsat drive thru DKI kerja sama dgn Bank DKI

 

 

Kalau Jawa Barat punya E-Samsat, DKI punya Samsat Drive Thru. Nasabah Bank DKI bisa bayar pajak STNK lewat ATM Bank DKI berkat layanan ini. Sedangkan non-nasabah bisa membayar ke loket bank itu.

 

Selain itu, ada sejumlah gerai Samsat Drive Thru, antara lain:

  1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur
  2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
  3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan
  4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat

 

Di Samsat Drive Thru itu kita gak perlu ngisi formulir macam-macam kayak di samsat biasa. Cukup berikan STNK, BPKB, dan KTP atas nama BPKB, bayar, lalu pulaaang.

 

5. E-Samsat Jawa Timur

e-samsat jawa timur kerja sama dgn Bank Jawa Timur

 

 

Jawa Timur juga punya E-Samsat, tapi bisa dibilang fiturnya lebih keren ketimbang E-Samsat Jawa Barat. Soalnya di Jatim biaya perpanjangan STNK online ga cuma bisa dibayar lewat ATM, tapi juga teller Bank Jawa Timur, bahkan mobile banking dan Internet banking.

 

Tahap-tahap pembayarannya tersedia di situs Bank Jatim. Tahap itu meliputi memasukkan data ke halaman e-samsat Jatim. Setelah itu, kita akan dituntun untuk mengikuti proses selanjutnya.

 

6. Samsat Online Jawa Tengah

ATM Samsat-Bank Jawa Tengah

 

 

Provinsi Jawa Tengah juga sudah menerapkan Samsat Online agar mempermudah pembayaran pajak. Sama seperti di Jawa Barat dan Jawa Timur, Samsat Online di Jateng bekerja sama dengan bank daerah setempat.

 

Tapi pemilik kendaraan hanya bisa bayar pajak tunggangan mereka di ATM Samsat-Bank Jawa Tengah. ATM ini khusus dibuat untuk membayar pajak online.

 

Di setiap kantor samsat di Jawa Tengah ada ATM khusus ini. Capcus aja langsung ke samsat di daerahmu untuk mengecek layanan ATM Samsat ini. Informasi pajak kendaraan Jateng bisa dicek di situs Dispenda Jateng.

 

7. SMS cek STNK

SMS samsat cek stnk

 

 

Selain mengecek informasi STNK via Internet, kita juga bisa mengaksesnya lewat SMS. Tapi belum semua provinsi punya layanan cek STNK lewat SMS. Padahal gak cuma soal pajak yang bisa dicek di sini, tapi juga keasliannya.

 

Kalau orang jual motor, misalnya, pakai STNK abal-abal, bisa kita cek nomor platnya apakah ada di data samsat. Kalau ternyata plat itu palsu alias dibikin di pinggir jalan, bakal ketahuan.

 

Berikut ini layanan SMS cek STNK di 4 provinsi di Indonesia:

 

  1. Jawa Timur
    SMS : JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan
    contoh: JATIM L2222DS
    Lalu kirim ke 7070
  2. DKI Jakarta
    SMS : METRO <spasi> PlatNomorKendaraan
    Contoh: METRO B1234PUT
    Lalu kirim ke 1717
  3. Jawa Barat
    SMS : poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan
    contoh: poldajbr D4545JK
    Lalu kirim ke 3977
  4. Jawa Tengah
    SMS : JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan
    contoh: JATENG AD4784KD
    Lalu kirim ke 9600
  5. DI Yogyakarta
    SMS: DIY<spasi>PlatNomorKendaraan
    contoh: DIY AB2345UO
    Lalu kirim ke 9600

 

8. Twitter Samsat

Twitter samsat info jadwal sim stnk keliling

 

 

Gak cuma DuitPintar.com yang punya akun Twitter. Samsat juga punya, lho. Ada beberapa kantor samsat yang gaul abis, lantaran punya akun media sosial ini.

 

Tapi tentu Pak Polisi atau Bu Polwan gak bakal nge-twit soal kegalauan mereka atau pamer makanan lewat akun Twitter Samsat. Mereka pakai Twitter buat kasi informasi soal informasi samsat, kayak lokasi SIM dan STNK Keliling.

 

Buat ngecek apakah samsat di daerahmu punya akun Twitter, langsung hubungi Mbah Google. Caranya, ketik “Twitter”<spasi>”Samsat”<spasi>”Nama Daerah” terus klik “search”.

 

Contoh “Twitter Samsat Cinere”. Nanti akan keluar nama akun Twitter samsat tersebut kalau kantor itu sudah bikin akun Twitter.

 

 

Itulah sederet informasi yang wajib diketahui seputar pengurusan STNK online. Memang sih, belum semua daerah menerapkan sistem online ini. Sistem online ini juga baru berlaku buat membayar pajak tahunan.

 

Pastinya kita berharap sistem ini diterapkan di seluruh Indonesia dan berlaku juga buat pembayaran STNK lima tahunan. Sebab lewat sistem online ini, kita bisa terhindar dari calo-calo yang bikin masyarakat keluar duit lebih banyak. [Baca: Bye Calo, Kita Bisa Perpanjang SIM Lewat Online Tahun Ini]

 

 

 

Image credit :

  • http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/salah-satu-pelayanan-di-kantor-samsat-ilustrasi-_121025184208-776.jpg
  • http://reaksionline.com/wp-content/uploads/2015/03/Untitled-24.jpg
  • http://dispenda.jabarprov.go.id/wp-content/uploads/2014/11/e-samsat1-650×400.jpg
  • https://edorusyanto.files.wordpress.com/2011/05/samsat-drive-thru-loket-1.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/0907samsat-atm2.jpg
  • http://metrojateng.com/wp-content/uploads/2015/01/ATM-Samsat3-metrojateng.jpg
  • https://pbs.twimg.com/media/B8-yGXNIQAAOlgp.jpg:large

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com