Apa Itu Bancassurance? Apa Bedanya dengan Asuransi Biasa?

by DuitPintar 5.313 views0

apa itu bancassurance

Niat di hati sudah menggebu-gebu mau ikut asuransi pribadi. Buka Internet mau cari asuransi yang pas, eh, malah kebingungan melanda karena banyak jenis asuransi.

 

Asuransi jiwa, unit link, pendidikan, semua cukup akrab di telinga. Tapi lalu terselip kata “bancassurance” di laman Mbah Google. Apa itu bancassurance?

 

Berbeda dengan asuransi jiwa dan kawan-kawan itu, bancassurance bukanlah jenis asuransi biasa dari perusahaan asuransi. Jenis asuransi ini ada berkat kerja sama perusahaan asuransi dengan bank. Karena itulah namanya nyerempet-nyerempet “bank” dan “asuransi”.

 

Sebenarnya, bancassurance adalah metode pemasaran produk asuransi. Metode lainnya adalah keagenan. Jadi, produk asuransi bancassurance ditawarkan bank kepada nasabahnya.

 

[Baca: Kenali Jenis Asuransi Kesehatan Dan Metodenya Biar Ga Bingung Waktu Klaim]

 

Bancassurance merupakan produk simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara perusahaan asuransi, bank, dan nasabah sendiri. Keuntungan bagi nasabah antara lain:

 

– Lebih gampang mencari perusahaan asuransi

– Mendapat dua pelayanan sekaligus di satu tempat

– Sejumlah bank memberikan kemudahan kredit, seperti kartu kredit dan kredit pemilikan rumah, bagi nasabahnya yang ikut bancassurance

 

Menurut laporan The Finance, bisnis bancassurance di Indonesia terus bertumbuh. Ini artinya semakin banyak nasabah yang menjadi peserta bancassurance.

 

apa itu bancassurance

Bancassurance sedang naik daun nih. Selain praktis kamu nggak perlu sibuk memilih asuransi

 

 

Bancassurance diperkenalkan di Indonesia oleh Bank Lippo. Pada 1990-an, Bank Lippo bersama Lippo Life (sekarang AIG Life) meluncurkan Warisan. Kini, sudah banyak bancassurance di Tanah Air, di antaranya:

 

1. BRI-BRIngin Life

2. BCA-AIA

3. Bank Mandiri-AXA Mandiri Life

4. Bank Victoria-Jiwasraya

5. Bank Danamon-Manulife

6. BNI-BNI Life

 

Masing-masing produk bancassurance memiliki fitur sendiri-sendiri. Yang pasti, konsumen utama mereka adalah nasabah bank masing-masing.

 

Perbedaan dengan Asuransi Biasa

Seperti disebutkan sebelumnya, bancassurance adalah metode pemasaran produk asuransi. Jadi, produk yang ditawarkan kurang-lebih sama dengan produk asuransi pada umumnya.

 

Di antaranya

 

– Asuransi jiwa

– Asuransi pendidikan

– Asuransi unit link

– Asuransi properti

 

Yang membedakan adalah nasabah bancassurance akan memperoleh manfaat lain. Bukan hanya dari perusahaan asuransi, tapi juga dari bank.

 

apa itu bancassurance

Selain menabung, kamu bisa menikmati fitur asuransi dari bank kesayanganmu

 

 

Misalnya untuk membayar premi. Nasabah bisa melakukan pendebetan otomatis dari tabungannya di bank. Jadi, gak perlu takut telat bayar premi, selama duit di tabungan cukup.

 

Selain itu, saat klaim asuransi, pihak bank bisa membantu pengurusan. Biasanya pihak perusahaan asuransi akan menempatkan petugasnya di bank untuk mengurusi klaim ini.

 

[Baca: Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan, Tanyakan dan Pertimbangkan 10 Hal Ini dengan

Matang]

 

Adapun syarat dan ketentuan dalam polis umumnya sama. Seperti nominal uang pertanggungan dan periode asuransi.

 

Cara Ikut Bancassurance

Untuk menjadi peserta bancassurance, tentunya kita mesti terdaftar sebagai nasabah bank yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Di cabang-cabang bank tersebut biasanya tersedia booth khusus dari perusahaan asuransi yang bekerja sama.

 

Di booth ini kita bisa bertanya-tanya apa pun seputar produk bancassurance yang ditawarkan. Termasuk keuntungan menjadi nasabahnya.

 

Jadi, gak perlu menuju perusahaan asuransi terkait. Gak perlu juga berhadapan dengan agen asuransi. Data kita sebagai nasabah bank bisa langsung disalin oleh petugas asuransi, sehingga prosesnya lebih cepat.

 

[Baca: Infographic: Pahami Jenis-Jenis Asuransi yang Anda Butuhkan]

 

Sebelum memutuskan ikut bancassurance, sebaiknya melihat dulu kualitas finansial pribadi. Selain itu, lihat kira-kira apa yang harus diproteksi dari diri kita, apakah kesehatan, jiwa, properti, dana, atau yang lain.

 

apa itu bancassurance

Jatah premi per bulan asuransi bisa diatur sesuai kemampuanmu

 

 

Hitung jatah premi per bulan yang disetorkan untuk disesuaikan dengan penghasilan. Jangan sampai karena ngebet ikut bancassurance lalu keuangan malah keteteran karena sebagian dialokasikan untuk membayar premi.

 

Jika memungkinkan, berkonsultasilah dengan orang yang punya pengalaman dengan produk bancassurance tertentu. Siapa tahu ada pencerahan yang bisa membantu kita menentukan pilihan.

 

[Baca: Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.cpjobs.com/hk/sites/default/files/styles/large/public/photos/content/case_0.jpg?itok=JHdWXzLw
  • http://www.intermediachannel.it/wp-content/uploads/2014/12/Bancassurance-Salvadanaio-Imc.jpg
  • https://media.licdn.com/mpr/mpr/AAEAAQAAAAAAAANBAAAAJGQ5MDYyYzU0LWUwMTMtNDllMS04YmEyLWNiZTJjY2U2Yzk2MA.png

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com