Asuransi Jiwa Kredit Motor Itu Penting Kalau Gak Mau Mewariskan Utang

by DuitPintar 5.276 views1

Asuransi jiwa kredit motor

Gepokan duit buat bayar uang muka plus biaya-biaya tambahan lainnya. Pasti itu jawabannya kalau ditanya syarat apa saja untuk kredit motor. Kalau ditanya biaya tambahan lainnya itu apa, kemungkinan besar adalah asuransi kendaraan.

 

Sudah jamak tentunya setiap kredit motor selalu diwajibkan ikut asuransi kendaraan. Jadi kalau ada apa-apa sama kendaraanya, maka pihak asuransilah yang menanggung kerugian. Entah itu hilang dicuri atau rusak berat akibat kecelakaan.

 

Pernahkah sadar kalau asuransi pada motor yang masih kredit itu sebenarnya melindungi si pemberi kredit alias leasing atau bank?

 

Kenapa? Karena motor yang masih kredit itu statusnya ‘pinjaman’. Selama masa ‘pinjaman’ itulah, asuransi motor jadi penting. Kalau ada apa-apa sama motornya, leasing bisa tenang karena kerugian ditanggung asuransi.

 

Jadi jelas kan, asuransi kendaraan pada kredit motor itu melindungi motor jika terjadi musibah. Lalu kalau yang tertimpa musibah si empunya yang notebene punya utang kredit motor ke leasing, siapa yang menanggung sisa angsuran motornya? Enggak ada kan?

 

Terus solusinya gimana dong? Ya mesti punya asuransi jiwa kredit motor. Jawabannya karena asuransi jiwa berperan sebagai perlindungan jika tertanggung meninggal dunia.

 

Asuransi jiwa kredit motor

Walaupun sudah ada asuransi jiwa, tetap harus mengutamakan kelengkapaan berkendara yes

 

 

Asuransi jiwa sifatnya penting bagi mereka yang mengambil kredit, utamanya kredit konsumtif. Nah, kredit motor itu termasuk kredit konsumtif. Ketika seseorang setuju membeli sepeda motor secara kredit, maka dengan sendirinya yang bersangkutan punya KEWAJIBAN mengangsur selama tenor kreditnya.

 

[Baca: Pentingnya Asuransi Jiwa untuk Proteksi Keuangan di Masa Depan]

 

Lantaran ada kewajiban bayar angsuran kredit motor, maka sudah saatnya punya asuransi jiwa jika kredit itu tak dilengkapi fitur tersebut. Jika faktanya tidak ada proteksi asuransi jiwa, maka bakalan menyusahkan kerabat atau ahli warisnya jika terjadi musibah padanya.

 

Asuransi jiwa ini manfaatnya lebih untuk melindungi keluarga dan ahli waris dari kewajiban melunasi seluruh cicilan motor yang belum terbayarkan ketika si empu meninggal dunia.

 

Kebayang kan kalau memutuskan kredit motor tanpa ada proteksi asuransi jiwa? Ya sudah pasti yang ditinggalkan memiliki kewajiban penuh melunasi sisa cicilan kredit. Kan kasihan jadi terbebani.

 

Pilihan Asuransi Jiwa saat Kredit Motor

Buat penyegaran saja, ada dua kaidah yang mesti diperhatikan saat memilih asuransi jiwa. Pertama, membeli asuransi saat diperlukan. Kedua, membeli produk asuransi jiwa yang menawarkan perlindungan yang mencukupi.

 

[Baca: Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Hendaknya Diketahui]

 

Dalam konteks kredit motor, dua kadiah itu yang jadi dasarnya. Asuransi jiwa diperlukan ketika mengambil kredit motor karena ada KEWAJIBAN melunasi utang cicilan. Lalu, pilihlah produk yang perlindungannya mencukupi untuk ‘MELUNASI’ kewajiban saat terjadi musibah.

 

Asuransi jiwa kredit motor

Asuransi kredit motor memang penting, tapi jangan lupakan asuransi jiwa buat penunggangnya juga

 

 

Ada beberapa produk asuransi jiwa yang melindungi nasabah kredit motor jika terjadi musibah selama masa kredit. Cuma perlu ditekankan, sifat asuransi jiwa di sini ada yang jadi satu dengan paketan kredit motor.

 

Berikut ini contoh paket kredit motor yang menjadi satu dengan asuransi jiwa

 

1. Kredit Motor Yamaha Adira Finance

Biaya asuransi kehilangan akibat total lost only (TLO) dan Asuransi Jiwa bagi pemohon kredit (Asuransi Credit Protection/ACP) menjadi komponen yang masuk dalam harga jual motor.

 

 

2. Asuransi sepeda motor Honda Garda Oto

Ini merupakan produk asuransi PT Asuransi Astra Buana untuk sepeda motor Honda. Jaminan yang diberikan khusus untuk motor Honda berupa TLO (total lost only) dan PA (personal accident). Jaminan PA adalah jaminan kepada nasabah yang mengalami kecelakaan saat berkendara maupun tidak berkendara yang dipertanggungkan dan mengakibatkan meninggal dunia karena kecelakaan selama 24 jam.

 

3. Asuransi FIF PPSA

Merupakan asuransi yang diberikan kepada nasabah leasing PT Federal International Finance (FIF) untuk kredit motor Honda. Asuransi PPSA (Program Perlindungan Sisa Angsuran) yang memberikan jaminan pelunasan sisa kredit jika nasabah meninggal dunia disebabkan kecelakaan, entah saat menggunakan motor atau tidak.

 

Asuransi jiwa kredit motor

Jangan cuma tergiur model motor terbaru, pertimbangkan juga jenis asuransi yang cocok

 

 

Demikian beberapa contoh paketan kredit motor yang dibarengi dengan asuransi jiwa. Artinya, biaya angsuran yang dibayar itu sudah menjadi satu kesatuan dengan premi asuransi jiwa. Bahkan ketika ada promo-promo, sejumlah leasing menawarkan kredit motor dengan bonus proteksi asuransi jiwa.

 

Nah, mulai sekarang pertimbangkan masak-masak ya soal asuransi jiwa ini pas kredit motor. Jangan sampai ya bro, kredit motor nanti menyusahkan orang lain kalau tertimpa musibah. Ih amit-amit ya, semoga enggak. Tapi yang namanya jaga-jaga tetap perlu dong!

 

[Baca: Jangan Salah Tentukan Asuransi Motor ya Bro!]

 

 

 

Image credit:

  • https://tempepenyetkeliling.files.wordpress.com/2014/01/cs1-alay.jpg
  • http://ewblanch.com/wp-content/uploads/2015/09/Agar-Premi-Asuransi-Motor-Tidak-Macet.jpg
  • http://www.kreditmotorhondamurah.com/wp-content/uploads/2015/10/sales-motor-honda.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com