Asuransi Properti Itu Penting, Namun Jangan Sampai Salah Beli

by Tifanny 800 views0

Asuransi properti itu penting

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

Asuransi properti itu penting

Rumah merupakan salah satu aset dengan nilai yang sangat tinggi, sehingga gak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan aset yang satu ini. Hal ini jugalah yang menjadi alasan, kenapa rumah seringkali dijadikan sebagai ukuran kesuksesan seseorang di dalam hidupnya.

Jika menilik harganya yang sangat tinggi, maka sangat wajar jika kita menginginkan perlindungan yang paling maksimal untuk rumah. Bukan kita saja, barangkali semua orang juga akan memiliki harapan yang sama.

Dibutuhkan waktu yang panjang dan juga kerja keras untuk bisa memiliki sebuah rumah, apalagi jika ternyata kita menginginkannya sebagai sebuah hunian yang nyaman. Besar kemungkinan kita harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan rumah tersebut.

Aset yang mahal ini tentu akan memiliki sejumlah risiko yang juga terbilang sangat tinggi, itulah mengapa sangat penting bagi kita semua untuk melindunginya dengan menggunakan layanan asuransi properti.

4 Hal Penting Sebelum Membeli Asuransi Properti

Tingginya harga sebuah rumah, seringkali menjadi alasan dalam menggunakan layanan asuransi untuk aset yang satu ini. Harga sebuah rumah bisa saja mencapai ratusan bahkan hingga milyaran rupiah.

Sehingga wajar jika kita menginginkan sebuah layanan asuransi terbaik untuk melindunginya. Kita tentu tidak ingin mengambil risiko yang besar dan mengalami kerugian yang bisa saja timbul setiap saat atas rumah tersebut, bukan?

asuransi properti itu penting
Harga rumah itu mahal, apakah kamu siap buat nanggung segala resiko yang muncul tanpa ada tanggungan asuransi? (rumah/Tribun Lampung)

Jika membeli sebuah rumah dengan menggunakan layanan KPR dari bank, maka kita wajib menyertakan layanan asuransi ini di dalam pembelian tersebut. Hal ini diwajibkan oleh pemerintah di dalam fasilitas KPR.

Hal yang sama juga berlaku ketika membeli sebuah apartemen dengan cara kredit, di mana diwajibkan untuk menyertakan layanan asuransi dalam pembelian tersebut. Secara khusus, pemerintah mengatur hal tersebut dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No 124/PMK.010/2008 Tahun 2008, tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship.

Pada dasarnya, membeli dan memiliki rumah dengan cara apapun (pembelian kredit ataupun tunai), pembelian asuransi adalah hal yang wajib untuk dilakukan pada rumah tersebut. Aset ini memiliki nilai yang sangat tinggi, yang tentu saja akan berbanding lurus dengan risiko kerugiannya. Untuk itu, selalu upayakan menggunakan layanan asuransi pada rumah.

Saat ini, banyak sekali perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi properti, sehingga banyak pilihan yang bisa dijadikan pertimbangan. Namun, memilih layanan asuransi yang tepat tentu saja bukan perkara yang mudah. Karena asuransi memiliki beberapa jenis perlindungan yang bebeda.

Bukan hanya rumah saja, maka sejumlah barang berharga di dalam rumah tersebut juga bisa dilindungi asuransi. Hal-hal seperti inilah yang patut dicermati dengan baik sejak awal, agar penggunaan layanan asuransi bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Simak 4 hal penting berikut ini, yang wajib Anda cermati sebelum memilih layanan asuransi properti:

1. Luas perlindungan

Asuransi rumah memiliki beberapa jenis perlindungan, sehingga sangat penting untuk memahami hal ini dengan baik sejak awal. Dalam layanannya, perusahaan asuransi tidak serta merta menjamin risiko atas rumah beserta semua isinya. Sebab rumah dengan isinya bisa saja dipisahkan dalam jaminan perlindungan yang berbeda oleh mereka.

asuransi properti itu penting
Asuransi properti itu beragam, coba pahami dulu perlindungan yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk beli (ilustrasi asuransi rumah/Tribun Palembang)

Jadi sangat penting untuk menanyakan jenis perlindungan apa yang akan didapat atas asuransi tersebut. Jangan lupa untuk memilih perlindungan yang paling tepat dan maksimal, agar terhindar dari risiko kerugian yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

2.Pertimbangkan untuk menggunakan perusahaan asuransi yang sama

Jika telah menggunakan asuransi jenis lain dari perusahaan tertentu, maka ada baiknya menggunakan parusahaan yang sama untuk asuransi rumah. Hal ini bisa dilakukan jika ternyata perusahaan tersebut memiliki semua jenis layanan asuransi dibutuhkan.

Gak lagi repot pastinya dalam mengurus berbagai hal terkait dengan asuransi ini. Mungkin kita berpeluang mendapatkan penawaran yang lebih baik, jika menggunakan perusahaan asuransi yang sama untuk beberapa kebutuhan sekaligus.

3. Lakukan Pengecekan dan Juga Perbandingan

Jangan mudah percaya pada informasi yang didapatkan dari agen asuransi. Bisa saja agen menyampaikan informasi yang kurang tepat dan akurat. Hal itu bisa menyebabkan kerugian atas pembelian asuransi yang kita lakukan.

Upayakan untuk selalu mengecek informasi yang didapatkan dari agen asuransi, sehingga kamu yakin akan produk yang akan dibeli. Hal ini bisa dilakukan secara online melalui internet, atau bahkan dengan mendatangi langsung kantor asuransi tersebut.

4. Gunakan yang Paling Penting Saja

Asuransi rumah memiliki sejumlah perlindungan yang kompleks, seperti: asuransi kebakaran, tanah longsor, gempa, bahkan banjir. Namun, semakin luas perlindungan yang digunakan, maka akan semakin mahal juga premi yang wajib dibayarkan.

Untuk itu, ada baiknya memilih jenis perlindungan utama yang benar-benar dibutuhkan saja. Terutama jika ternyata keuangan memang tidak mendukung untuk menggunakan semua perlindungan yang komplit tersebut.

asuransi properti itu penting
Ingat lho semakin banyak proteksinya ya semakin mahal. Mending beli yang penting saja daripada nggak bisa nabung (menabung/Topsy))

Asuransi properti akan memberi rasa aman dan tenang, di mana aset berharga akan terlindungi dengan baik olehnya. Gunakan layanan ini untuk rumah, agar bisa terhindar dari berbagai risiko kerugian yang sewaktu-waktu mungkin saja terjadi.

Jangan Asal Beli Asuransi Properti, Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan

Asuransi properti adalah produk yang penting bagi pemilik rumah (home owner). Jangan sampai sudah beli asuransi properti, namun tidak sesuai dengan kebutuhan. Entah luas perlindungan yang kurang, uang pertanggungan yang kurang dan lainnya. Diskusikan dengan agen asuransi atau perencana keuangan saja untuk mengetahui kebutuhan asuransi.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 4 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Beli Asuransi Properti Terbaik]

[Baca: Apa Bedanya Produk Asuransi Kebakaran dengan Asuransi Properti? Ini Jawabnya..]

[Baca: Kenalan Dulu Dengan Asuransi Banjir untuk Rumah, Ketimbang Kena Zonk]

 

 

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com