Baru Pertama Kali Dinas ke Luar Negeri? Jangan Lakukan 7 Hal Ini

by akbar 483 views0

ke luar negeri

Berkesempatan dinas ke luar negeri merupakan pengalaman yang berharga. Ini juga merupakan salah satu tanda kalau kamu telah dipandang sebagai orang yang bisa dipercaya di perusahaan.

Selain positif buat karier, momen ini juga bisa kamu manfaatkan untuk refreshing. Jalan-jalan sambil bekerja, kenapa gak? Asal jalan-jalannya jangan sampai mengganggu kerjaan ya.

Buat kamu yang baru pertama kali dinas ke luar negeri, tentu hal ini bisa bikin sumringah. Tapi bisa juga bikin deg-degan. Maklum, baru pertama kali ke negeri orang. Sendirian pula.

Tapi jangan khawatir. Yang penting jangan lakukan 7 hal di bawah ini supaya supaya perjalanan dinasmu lancar:

1. Jangan sampai gak riset soal negara atau kota yang akan kamu sambangi

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah googling tentang negara, dan khususnya kota yang akan kamu datangi. Pelajari rute dan akses dari bandara tempatmu tiba ke penginapan atau lokasi meeting yang sudah ditentukan.

ke luar negeri
Jangan sampai gak paham sama negara yang bakal kamu kunjungi. Lakukan riset terlebih dulu sebelum berangkat (lihat peta/Gravitate)

Jangan pasrah dengan berpikiran, “Nanti juga ada jemputan”. Kita gak tahu apa yang akan terjadi di sana. Gak mau kan kesasar di negara orang dan kelimpungan. So, jangan malas untuk cari tahu informasi yang lengkap.

2. Jangan membawa terlalu banyak pakaian

Sebisa mungkin, bawalah pakaian dalam jumlah yang wajar. Sesuaikan dengan musim yang tengah berjalan dan lama kamu berada di negara tersebut.

Kebanyakan membawa pakaian justru akan membuatmu kerepotan. Bahkan kamu bisa berpotensi terkena biaya kelebihan bagasi.

Jika kamu akan menetap sekitar dua pekan, kamu pun bisa memanfaatkan jasa laundry hotel. Jadi, pikir dua kali sebelum bawa terlalu banyak pakaian.

3. Jangan simpan paspor sembarangan

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan Pemerintah RI dan menjadi identitasmu saat berada di luar negeri. Ini ibarat KTP kamu selama tinggal di sana. Kapan pun dan di mana pun, jangan tinggalkan paspormu.

Saat naik pesawat, jangan simpan paspormu di koper yang nantinya dimasukkan ke bagasi. Bawalah tas kecil berbentuk selempang untuk menyimpan dompet sekaligus paspormu.

4. Jangan telat datang ke bandara

Jangan pernah menyepelekan masalah keberangkatan pesawat. Datanglah ke bandara lebih awal, kalau bisa 2 jam sebelum keberangkatan.

ke luar negeri
Selalu datang lebih awal ke bandara, jangan mepet nanti kamu yang repot sendiri (lari di bandara/cdftravel)

Proses pemeriksaan rute penerbangan internasional juga berbeda dengan domestik, terutama dalam segi waktu. Belum lagi, kamu harus mencari terminal keberangkatan dan boarding gate biasanya ditutup 45 menit menjelang keberangkatan.

5. Jangan simpan laptop atau dokumen penting di bagasi

Segala barang yang berhubungan dengan pekerjaan, termasuk laptop, dokumen, dan lainnya sebaiknya disimpan di kabin. Bawalah tas kerja harianmu dan simpan barang-barang penting di sana.

Setiap maskapai juga punya aturan masing-masing. Secara umum, yang diperbolehkan untuk masuk ke bagasi adalah barang-barang yang bukan prioritas atau berharga, seperti pakaian.

6. Jangan memotret boarding pass

Pengin kelihatan eksis di sosmed karena berkesempatan dinas ke luar negeri? Kamu bisa lakukan hal lain selain pamer boarding pass di bandara.

Memotret boarding pass bukan ide yang baik. Kamu tahu kan, di setiap boarding pass ada barcode dua dimensi dan QR code yang berisi data pribadimu sebagai penumpang.

Ketika discan dengan pembaca barcode, otomatis identitasmu bisa terpampang dengan mudah. Hal ini gak baik untuk keselamatan selama penerbangan. Gimana kalau ada orang yang menyalahgunakan barcode tersebut? Ribet deh urusannya.

7. Jangan beli banyak oleh-oleh untuk teman kantor

ke luar negeri
dari pada bikin stress gini bawaan numpuk, udah mending secukupnya aja broo (banyak bawaan/suka today)

Beli oleh-oleh boleh, tapi sewajarnya saja dan sesuai bujet. Buat apa beli banyak-banyak tapi ujung-ujungnya kamu kerepotan sendiri pas bawa pulang.

Atau belanja oleh-oleh sampai duit habis hanya karena mau nyenengin teman sekantor? Jelas ini tindakan gak bijak.

Ingat, tujuan kamu ke negara lain adalah untuk bekerja. Fokuslah pada tujuan utamamu. Urusan jalan-jalan atau beli oleh-oleh bisa dilakukan jika memang ada waktu.

Gimana guys, sudah packing baju dan lainnya? Ingat 7 tips ini ya sebelum kamu berangkat. Semoga dinas pertama keluar negerimu lancar ya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gak Usah Buang Uang untuk Hotel, Tidur di Bandara Juga Enak Kok]

[Baca: Jetlag Saat Dinas ke Luar Negeri? Atasi Dengan Hal Ini]

[Baca: 7 Cara Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com