Bayar Tagihan Bulanan Makin Gampang dengan 5 Kartu Kredit Ini

by Hardian 1.362 views0

bayar tagihan bulanan

Berani taruhan, di antara pembaca pasti ada yang pernah lupa bayar tagihan bulanan. Entah itu telepon, listrik, air, atau Internet.

Pas ingat, eh, sudah lewat tenggat. Akhirnya harus bayar denda keterlambatan.

Meski mungkin denda yang dibebankan gak seberapa, tetap saja harus keluar duit. Pengeluaran yang gak perlu ini bisa kita cegah jika menggunakan kartu kredit untuk bayar tagihan bulanan.

Sebagai sarana transaksi, kartu kredit sangatlah berguna untuk pengaturan finansial. Makanya, ada yang sampai berburu kartu kredit lebih dari satu.

Soal tagihan bulanan, ada sederet kartu kredit yang memang dirancang untuk kebutuhan itu. Salah satu kelebihan kartu kredit ini adalah bisa digunakan untuk bayar tagihan bulanan secara otomatis.

bayar tagihan bulanan
Zaman serba canggih, jangan bikin ribet yang bisa dipermudah bro! (bayar tagihan otomatis / moneyprime)

Caranya, daftarkan kartu kredit ke billing tagihan. Gak bakal lagi ada cerita lupa bayar tagihan dan kena denda. Berikut ini daftar kartu kredit yang direkomendasikan untuk bayar tagihan bulanan.

1. Bank Mega

Kartu kredit Bank Mega punya layanan Mega Bill. Layanan ini mencakup pembayaran tagihan listrik, air, telepon, Internet, ponsel, dan TV berlangganan.

Ada biaya administrasi untuk beberapa tagihan, antara lain PLN Rp 3.500, PDAM/Palyja/AETRA Rp 2.500, dan Telkom Group Rp 2.000 per transaksi. Selain itu, tak ada biaya tambahan.

Yang lebih menyenangkan, ada point rewards yang diberikan untuk tiap transaksi pembayaran tagihan ini. Lumayan, kan.

2. Danamon

Kartu kredit Danamon juga bisa didaftarkan untuk bayar tagihan bulanan. Mana saja tagihan yang bisa dibayar, bisa hubungi pihak Danamon.

Yang pasti, ada cashback 5 persen jika menggunakan fasilitas Bill Payment Danamon. Tapi sayang cashback gak berlaku untuk pembayaran tagihan listrik PLN.

3. BCA

Dengan kartu kredit BCA, ada layanan AutoPay untuk bayar tagihan bulanan otomatis. Layanan ini mencakup pembayaran tagihan listrik, telepon, ponsel, Internet, asuransi, dan TV kabel.

bayar tagihan bulanan
Ttagihan sudah dibayar semua, tinggal nyantai aja keless! (Santai / youthmanual)

Tidak ada biaya administrasi yang diterapkan, kecuali untuk Telkom Group sebesar Rp 2.500, PLN Rp 5.000, dan Palyja Rp 3.000 per transaksi. Tapi ada point reward yang diberikan untuk tiap transaksi.

4. BNI

Dari BNI, ada Smart Bill Payment buat bayar tagihan bulanan. Layanan yang bisa dibayar mulai dari air, listrik, Internet, sampai pulsa seluler.

Namun, mulai 2017 ada biaya administrasi sebesar Rp 5.000 untuk transaksi otomatis ini. Sebelumnya, tak ada ongkos tambahan apa pun.

5. Mandiri

Mandiri Power Bills dari Bank Mandiri menutup daftar kita ini. Layanan auto-debit kartu kredit Mandiri ini meliputi tagihan listrik, air, Internet, TV, bahkan koran atau tabloid langganan.

bayar tagihan bulanan
Emang paling pusing ya kalau sudah menyangkut tagihan bulanan! (Pusing karena telat bayar / hellodoctor)

Jika menggunakan Power Bills untuk membayar biaya langganan media terbitan Kompas Gramedia Group, ada harga khusus yang lebih murah. Donasi ke yayasan dan gerakan di Indonesia pun bisa diberikan lewat layanan ini lho.

Meski menawarkan sejumlah kemudahan untuk bayar tagihan bulanan, fasilitas auto-debit kartu kredit ini mesti diperhatikan. Memang, gak perlu antre buat bayar tagihan.

Tapi mungkin saja kelak malah antre di loket customer service penyedia layanan Internet, telepon, atau listrik. Penyebabnya, masih dilakukan autodebet meski sudak gak berlangganan layanan tersebut.

Makanya, ketika sudah gak menggunakan layanan yang sebelumnya dibayar pakai fasilitas auto-debit, segera beri tahu pihak bank. Jangan sampai bank terus-terusan potong saldo kartu kredit untuk bayar tagihanan bulanan, padahal sudah gak menikmati layanan yang dibayar itu.

CTA Mega Tagihan Gampang

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kartu Kredit Tambahan Itu Rezeki, tapi Bisa Juga Jadi Bencana]

[Baca: Saat Dibutuhkan, Bayar Tagihan Rumah Sakit dengan 4 Kartu Kredit Ini]

[Baca: Bayar Tagihan Bulanan Listrik Dkk Pakai Kartu Kredit Berbahaya! Loh, Kenapa?]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com