Begini Caranya Nabung Saat Usia Kepala Dua Biar Cepat Beli Rumah

by akbar 664 views0

untuk jam 6

Finansialku

Di usia kepala dua, menabung tentu jadi hal yang sulit dilakukan. Umumnya disebabkan karena gaji yang ngepas, alias sama atau gak jauh beda dengan upah minimum regional (UMR). Setiap muncul niat menabung, kadang muncul juga tiga alasan ini:

1. Gaji pas-pasan gimana mau punya tabungan?
2. Mau makan atau jajan aja susah, apalagi nabung?
3. Nanti aja nabungnya kalau sudah nikah.

Apa kamu punya pemikiran yang sama seperti ini? Kalau iya, coba diganti mindset-nya jadi: “Karena gaji saya kecil, saya harus bisa nabung”.

Sudah tahu kan akibatnya kalau memelihara tiga alasan di atas? Akibatnya akan kamu rasakan di masa depan. Saat teman-temanmu sudah mapan dan bisa beli rumah misalnya, kamu masih kelimpungan bayar DP alias uang muka rumah.

Bayangkan, kalau kamu sudah bisa nabung di usia 20 tahunan, pasti gak akan susah buatmu untuk punya hunian di usia kepala tiga. Apa jangan-jangan beli rumah secara cash pun mampu.

Beli rumah tunai bukan gak mungkin kalau kamu nabung sedari dini (cash/ sellhousequickcash)
Beli rumah tunai bukan gak mungkin kalau kamu nabung sedari dini (cash/ sellhousequickcash)

Lupakanlah tiga mindset sesat itu, dan aplikasikan lima hal ini. Dijamin deh, nabung gak lagi jadi angan-angan doang.

1. Buka tabungan auto-debit

Dengan membuka tabungan ini, kamu bakal punya dua rekening. Rekening pertama dijadikan untuk rekening utama dan yang kedua untuk menabung.

Bank akan mentransfer uang dari rekening pertama dalam jumlah yang kamu setujui ke rekening kedua. Jangka waktu transfernya juga bisa kamu atur sendiri kok.

Sistem ini bakal memaksamu untuk menabung lho. Pastinya, jangan sampai tergiur untuk menarik uang tunai dari rekening kedua, nanti program menabungmu bakal kacau balau.

2. Manfaatkan program auto-investasi atau reksadana

Zaman sekarang, sudah ada platform yang bisa digunakan untuk bertransaksi reksadana. Kamu bisa membeli, menjual atau mengalihkan, hingga memanfaatkan fitur autodebit untuk pembelian produk investasi tersebut.

3. Investasi lewat program cicil emas

Kalau gak mau ngambil risiko, investasi emas aja (emas/ telegraph)
Kalau gak mau ngambil risiko, investasi emas aja (emas/ telegraph)

Emas memang jadi investasi yang paling aman meski keuntungannya juga gak besar-besar amat. Tapi emas bisa dikatakan sebagai investasi yang likuid dan gak mudah tergerus inflasi.

Dan walau belum punya uang yang cukup, beberapa bank punya fasilitas cicil emas. Selain itu, emas juga bisa dibeli dengan cicilan kartu kredit lho. Program cicilannya bervariasi, ada yang bertenor 12 bulan juga.

4. Beli asuransi unit link

Sudah tahu belum sama unit link? Unit link adalah produk asuransi yang memungkinkan kamu untuk memperoleh manfaat perlindungan asuransi jiwa sambil sekaligus berinvestasi.

Tiap bulan kamu diwajibkan bayar premi, nah beberapa persen dari premi yang dibayarkan akan dimasukan ke porsi investasi. Investasinya sendiri punya instrumen yang sama dengan reksadana. Jadi kamu bakal dapat proteksi dan investasi.

5. Auto-debit menabung saham

Sekarang, nabung juga bisa dalam bentuk saham lho! (saham/ kiplinger)
Sekarang, nabung juga bisa dalam bentuk saham lho! (saham/ kiplinger)

Sekarang sudah ada program yang namanya YNS alias Yuk Nabung Saham. Tujuannya adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya investasi pasar modal.

Nabung saham adalah cara lain dari menabung di tabungan, karena uang yang kamu keluarkan bakal diinvestasikan di pasar modal. Investasinya bisa dimulai dari Rp 100 ribu lho.

Caranya gampang, tinggal buka rekening efek di perusahaan sekuritas dan tentukan nominal yang kamu alokasikan. Dan ada juga fitur auto-debitnya, jadi gak perlu takut kelupaan saat setor uang ke sana.

Itulah tadi lima cara menabung di usia kepala dua yang efektif. Bila kamu konsisten melakukan hal ini, beli rumah gak akan jadi mimpi belaka.

Tentunya saat nabung ya kamu harus hemat juga dong. Bukan berarti mentang-mentang sudah auto-debit, pengeluaran bisa jor-joran.

Semoga bermanfaat, dan selamat menabung!
Yang terkait artikel ini:

Punya Gaji UMR? Gini Caranya Ngatur Duit Biar Bisa Nabung dan Investasi

Hai Para Karyawan, Simak Nih 9 Jurus Ampuh Menabung untuk Membeli Rumah Idaman

Masih Usia Kepala 2, Nabung Buat Traveling atau Nyicil Rumah?

Masih banyak lagi dari duitpintar.com