Mau Bekerja Lagi atau Gak Setelah Pensiun? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ya!

by Bunga D. Kusuma 666 views0

untuk jam 3

Finansialku

Menurut peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan pensiun, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, masa pensiun tenaga kerja dimulai saat usia 56 tahun. Tapi, tiap perusahaan bisa memiliki peraturan masa pensiunnya sendiri, sesuai dengan perjanjian kerja atau peraturan perusahaan.

Idealnya, orang yang sudah memasuki masa pensiun bisa berhenti dari pekerjaannya dan menikmati masa pensiun. Tapi kenyataannya, masih banyak pensiunan yang malah kembali bekerja setelah pensiun. Nah, ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya dana pensiun untuk memasuki masa purnatugas ini. Kok bisa? Biasanya ini disebabkan oleh perencanaan pensiun yang kurang matang. Akibatnya, pensiunan harus bekerja kembali untuk mendapatkan penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan hidup saat pensiun.

Pensiunan yang kembali bekerja tidaklah selalu dikarenakan faktor kurangnya perencanaan, tapi masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Misalnya, karena keinginan mereka untuk tetap berkontribusi terhadap lingkungan kerja atau bahkan bangsa dan negara.

Ada juga orang yang memang sudah merencanakan pensiunnya, memiliki dana pensiun yang cukup, tetap kembali bekerja setelah masa pensiun mereka. Biasanya ini karena mereka menginginkan adanya kegiatan untuk mengisi masa tua atau memiliki passion yang kuat di bidang yang digeluti.

Senior man on cell phone in home office
Ada juga pensiunan yang milih kerja biar ada kegiatan aja (pensiunan/ huffingtonpost)

Apa pun yang menjadi latar belakang seorang pensiunan untuk bekerja kembali, ada kelebihan dan kekurangannya. Yuk kita cari tahu lebih lanjut!

KELEBIHAN

Pensiunan yang kembali bekerja saat masa purnatugas, memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini di antaranya:

1. Punya penghasilan lagi

Salah satu kelebihan pensiunan yang kembali bekerja setelah pensiun adalah mereka bisa punya penghasilan tetap lagi. Penghasilan ini bisa dipakai untuk menambah dana pensiun atau bisa juga digunakan buat menambah modal bisnis maupun investasi yang mereka miliki.

Kadang, malah ada juga yang menggunakan penghasilan setelah pensiun untuk disumbangkan karena mereka sendiri telah memiliki penghasilan pasif yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Bisa terus berkontribusi kepada lingkungan sekitar

Pensiunan yang kembali lagi bekerja juga bisa terus berkontribusi terhadap lingkungan masyarakat tempat mereka bekerja. Biasanya, pensiunan yang kayak gini adalah pensiunan yang bekerja bukan karena ingin mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi karena ingin menggunakan masa pensiunan untuk hal yang positif.

Buat pensiunan, bekerja lagi juga salah satu bentuk kontribusi mereka buat masyarakat (kontribusi/ furnituredesigns)
Buat pensiunan, bekerja lagi juga salah satu bentuk kontribusi mereka buat masyarakat (kontribusi/ furnituredesigns)

3. Tetap aktif

Pensiunan yang bekerja otomatis bakal tetap aktif menggunakan waktu dan skill-nya. Banyak sekali pensiunan yang udah gak bekerja lagi, tapi bermain catur atau melakukan suatu hal yang membuat pemikiran mereka terus terasah. Kembali bekerja juga merupakan salah satu caranya.

KEKURANGAN

Meskipun ada banyak kelebihan yang bisa diperolah ketika memutuskan kerja lagi pas pensiun, ada juga kekurangannya nih. Pensiunan yang bekerja kembali tentunya gak bisa bekerja seperti layaknya saat mereka muda dulu. Kekuatan fisik pada masa pensiun memiliki batas, sehingga mereka gak bisa bekerja semaksimal dulu.

Kekurangan lainnya adalah mereka bakal menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dibandingkan untuk berkumpul bersama keluarga atau melakukan hal yang mereka impikan sedari muda dulu.

Enaknya pas masa tua bisa menghabiskan waktu bareng keluarga, kan? (tua/ blogdetik)
Enaknya pas masa tua bisa menghabiskan waktu bareng keluarga, kan? (tua/ blogdetik)

Apabila pensiunan kembali bekerja di bidang pekerjaan yang mereka sukai, tentu ini jadi poin plus. Tapi kalau sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka sebagian besar waktu pensiunnya akan digunakan untuk bekerja. Konsekuensinya, apa yang sebenarnya ingin dilakukan, belum bisa terwujud karena terpaksa harus bekerja kembali.

Menyimak penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan kembali bekerja setelah pensiun? Coba direnungkan, kamu ingin masuk ke golongan mana. Apa msih mau kerja setelah saat pensiun tiba atau memilih untuk menikmati masa tua dengan melakukan hal-hal yang kamu impikan?

Apa pun pilihannya, persiapan masa pensiun tetap wajib dilakukan. Semakin dini kamu memulainya, maka semakin terjamin pula kebahagiaan di masa pensiunmu kelak.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tetap Punya Penghasilan Saat Pensiun dengan Melakukan 5 Hal Ini]

[Baca: Sebelum Usia 50 tahun, Bahas 6 Hal Ini Sama Pasangan Agar Masa pensiun Bahagia]

[Baca: Nikmati 5 Hal Ini Saat Pensiun Nanti, Tapi…Ada Syaratnya Nih!]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com