Beli Nopol Cantik Bisa Nguras Duit Lho

by akbar 441 views0

Beli Nopol Cantik

Nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB) atau yang akrab disapa nopol (nomor polisi), nggak lagi “hanya” digunakan buat identifikasi kendaraan bermotor. Seiring berjalannya waktu, nopol pun jadi tren dan muncu pulal istilah nopol cantik.

beli nopol cantik
Rupa-rupa plat nomor cantik (plat nomor / Pertamax7)

Kadang nopol juga dipakai buat nunjukin identitas pemilik. Misalnnya pak Bagus pakai nopol B 4600 S, atau bu  Bianca nopol mobilnya, B 14 NCA.

Selain itu, nopol juga bisa jadi penanda status sosial seseorang. Lho kok bisa? Iya dong, Harga nopol cantik itu beda-beda. Nih yang patut kamu ketahui soal harga nopol cantik seperti dikutip dari Autobild.

Makin sedikit angka dan huruf belakang makin mahal

1. NRKB Pilihan 1 Angka

– Tidak ada huruf dibelakang (kosong): Rp 20 juta

– Ada huruf dibelakang angka: Rp 15 juta

2. NRKB Pilihan 2 Angka

– Tidak ada huruf dibelakang (kosong): Rp 15 juta

– Ada huruf dibelakang angka: Rp 10 juta

3. NRKB Pilihan 3 Angka

– Tidak ada huruf dibelakang (kosong): Rp 10 juta

– Ada huruf dibelakang angka: Rp 7,5 juta

4. NRKB Pilihan 4 Angka

– Tidak ada huruf dibelakang (kosong): Rp 7,5 juta

– Ada huruf dibelakang angka: Rp 5 juta

Selain semakin mahal biayanya kalau angka dan hurufnya makin sedikit. Kalau mau menghilangkan huruf di belakang angka nambah Rp 2,5 sampai Rp 5-juta lho.

Nopol cantik cuman berlaku 5 tahun

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) no. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), nopol cantik nggak bisa berlaku selamanya. Dan hanya berlaku 5 tahun saja lho.

beli nopol cantik
Pembayaran pajak sekaligus penggantian plat nomor setiap 5 tahun (kantor pelayanan samsat / beritatrans)

Artinya, ketika sudah 5 tahun, otomatis kamu harus daftar ulang dengan biaya yang tertera di atas. Misal kamu sebelumnya bayar Rp 5-juta pas bikin, ya perpanjang juga Rp 5-juta.

Nah lho, makin banyak dong biaya yang bakal kamu keluarkan kalau mau pertahanin mobilnya lebih dari 5 tahun. Kalau mobilnya dijual? Apa calon pembeli bakal mau tuh bayar daftar ulangnya?

Kalau nggak bayar terus gimana?

Kalau nggak bayar ya sederhana aja sih. Nopolnya pasti diganti sama nopol kendaraan standar yang berlaku.

Udah nggak keren lagi sih nopolnya, tapi kamu nggak bakal dibebanin biaya daftar ulang. Nggak ada beban bayar nopol deh per-5 tahun.

Nopol cantik buat apa?

Setelah baca informasi biayanya, apa kamu masih tertarik buat beli nopol cantik? Atau mendadak mengurungkan niat buat beli?

Mungkin beberapa di antara kamu berpikir kalau nopol  cantik bakal bikin hoki. Atau biar kekinian deh pakai nopol cantik.

Balik lagi bahwasannya nopol cantik itu pilihan. Mau beli ya boleh mau pakai nomor biasa juga nggak apa-apa.

beli nopol cantik
Buat apa nopolnya cantik kalo mobilnya begini, ups. (ugly car / money.id)

Tapi coba pikirkan lagi deh kalau nopol itu pada dasarnya untuk identifikasi kendaraan. Terlepas dari cantik atau jelek ya.

Sementara itu, dengan uang Rp 5 sampai Rp 20-juta apa yang bisa kamu lakukan? Pastinya bisa investasi emas, reksa dana, atau mungkin buat bayar cicilan lain.

Selain investasi, duit sebanyak itu juga bisa buat traveling dong. Lumayan kan kalau dapat tiket promo.

So, gimana guys… Jadi ke SAMSAT buat beli nopol cantik?

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tarif STNK-BPKB Naik, Yakin Mau Beli Mobil Baru?]

[Baca: Mau Beli Mobil Modifikasi? Perhatiin Dulu 3 Hal Ini]

[Baca: Mau Over Kredit Mobil? Hati-hati Asuransi Bisa Hangus Lho]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com