Benarkah Asuransi Pendidikan Unit Link Bisa Menjamin Masa Depan Anak?

by DuitPintar 4.369 views1

asuransi pendidikan unit link

Orangt ua mana yang gak peduli dengan masa depan anaknya? Pastinya tiap orang tua ingin memastikan anaknya menjalani kehidupan yang lebih baik dari mereka, termasuk dalam soal pendidikan.

 

Jika orang tua lulusan S-1, misalnya, sang buah hati diupayakan bisa tamat S-2. Paling minim ya sama-sama S-1.

Namun banyak orang tua yang bingung dengan cara apa bisa menjamin masa depan pendidikan anak. Salah satu opsi yang sering dipilih adalah asuransi pendidikan unit link.

 

Produk asuransi ini memang tersedia buat para orang tua yang mau menyiapkan dana pendidikan buat anak. Tapi, asuransi pendidikan unit link masih menimbulkan pro dan kontra.

 

Ada yang bisa produk ini bagus sebagai dana pendidikan anak. Tapi ada juga yang bilang hasil asuransi ini lumayan saja.

Orang-orang bilang lebih baik berinvestasi secara khusus demi pendidikan anak. Misalnya nanam duit di reksa dana.

 

Reksa dana bukan lagi barang asing atau ajaib bagi masyarakat yang sadar akan pentingnya investasi. Jenis investasi ini ramah buat pemula, tapi potensi hasilnya amat menggiurkan dibanding deposito atau emas.

 

[Baca: Hei Calon Investor dan Pemula, Ayo Belajar Investasi Reksa Dana Saham Biar Gak Malah Buntung]

 

 

Tapi, asuransi pendidikan unit link lebih sering dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Asuransi pendidikan adalah produk perusahaan asuransi, sedangkan tabungan pendidikan berasal dari bank. Keduanya mirip-mirip.

 

asuransi pendidikan unit linkBuat anak sih harusnya rajin cari tahu tentang produk-produk untuk penidikan anak dong, jangan rajin cari diskon aja

 

 

[Baca: 4 Fakta Kenapa Orangtua Lebih Memilih Tabungan Pendidikan]

 

 

Memang, asuransi pendidikan unit link kurang begitu populer dibanding tabungan pendidikan. Soalnya pengguna asuransi sendiri belum sebanyak mereka yang punya tabungan.

 

Orang yang punya asuransi pasti juga punya tabungan. Tapi yang memiliki tabungan belum tentu ikut asuransi. Fenomena ini adalah salah satu yang mendasari munculnya produk bancassurance, gabungan layanan bank dengan asuransi.

 

[Baca: Apa Itu Bancassurance? Apa Bedanya dengan Asuransi Biasa?]

 

 

Apa Itu Asuransi Pendidikan Unit Link

Sebenarnya asuransi pendidikan unit link itu apa sih? Apa benar bisa menjamin masa depan anak? Mari kita kupas bersama-sama.

 

Asuransi pendidikan unit link adalah gabungan layanan asuransi dan investasi. Jika mengikuti asuransi ini, duit premi yang kita bayar akan dikelola sebagai investasi oleh perusahaan asuransi, biasanya reksa dana.

 

Karena itu, ada imbal hasil yang bisa didapat ketika asuransi jatuh tempo. Hasil investasi ini bisa dicairkan sesuai dengan tahap sekolah, misalnya ketika anak masuk SD, SMP, dan SMA.

 

Namun, imbal hasil investasi di sini berbeda dengan yang didapat kalau kita investasi sendiri. Sebab biaya investasi di asuransi lebih mahal ketimbang murni berinvestasi sendiri, misalnya di reksa dana atau properti.

 

asuransi pendidikan unit link

Jangan sayang simpan uang untuk investasi kalau hasilnya bisa buat buah hati tersayang

 

 

Selain itu, keputusan soal investasi ada di tangan perusahaan asuransi. Beda jika kita pakai manajer investasi reksa dana, yang bisa diajak berkonsultasi.

 

[Baca: 6 Cara Memilih Manajer Investasi Reksa Dana]

 

 

Tujuan utama asuransi ini adalah melindungi anak dari risiko gagal melanjutkan sekolah karena orang tua selaku pembayar premi tak bisa lagi memperoleh penghasilan. Misalnya meninggal atau cacat parah.

 

Jadi, yang ditanggung asuransi ini adalah orang tua, bukan si anak. Jika nama anak yang tercantum sebagai penerima perlindungan, berarti ketika orang tua meninggal uang pertanggungan gak bisa cair.

 

Uang itu bisa diklaim hanya jika anak yang meninggal. Karena itu, harus dipastikan bahwa uang ditanggung adalah orang tua.

 

Jika hanya melihat penjelasan di atas, asuransi pendidikan unit link sangat bisa menjamin masa depan anak. Tapi, ada soal lain yang harus diketahui:

  • Berapa uang pertanggungan yang diberikan?
  • Berapa preminya?

Uang pertanggungan harus dipastikan sesuai dengan laju inflasi pendidikan yang diperkirakan sebesar 10 persen per tahun. Misalnya biaya masuk SD sekarang Rp 5 juta, berarti tahun depan Rp 5,5 juta.

 

Adapun premi mestinya dicocokkan dengan kemampuan keuangan dan prediksi biaya pendidikan kelak. Jadi, jangan sampai memilih premi kecil dengan hasil yang kecil pula terus biaya pendidikan gak terpenuhi. Tapi juga hindari memaksa membayar premi melebihi kapasitas finansial demi mengejar hasil.

 

asuransi pendidikan unit link

Jangan over pede sebelum lihat isi dompet ya bro!

 

 

Yang pasti, agen asuransi pasti memberikan perhitungan hasil investasi yang menggiurkan dan seperti sudah pasti kita akan dapat sekian puluh atau juta rupiah. Padahal hasil investasi tidak pernah pasti, tergantung pasar dan kemampuan investor itu sendiri.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan soal keuntungan dan risiko asuransi pendidikan unit link.

 

Keuntungan

– Melindungi anak dari risiko putus sekolah karena tak ada biaya ketika orang tua berhalangan

– Memberikan hasil investasi

– Beberapa produk memberikan manfaat dana bulanan tunai yang bisa dipakai untuk membeli buku anak, kursus, dan lainnya

 

Risiko

– Imbal hasil lebih kecil ketimbang investasi murni langsung

– Hasil investasi bisa kurang untuk menutup biaya pendidikan jika kita salah memprediksi biaya itu atau performa investasi jeblok

 

Terlihat bahwa risiko asuransi pendidikan unit link malah berada di sektor investasinya. Karena itulah ada pendapat bahwa sebaiknya asuransi dipisahkan dengan investasi.

 

Jadi, orang tua membeli produk asuransi jiwa sendiri untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu padanya. Kemudian juga berinvestasi sendiri untuk biaya pendidikan anak kelak.

 

Namun asuransi pendidikan unit link memberikan jawaban buat mereka yang gak mau ribet beli asuransi dan investasi sendiri. Bagaimanapun, keputusan kembali ke pribadi masing-masing.

 

asuransi pendidikan unit linkAyo lompat, raih cita-cita setinggi langit! 

 

 

Mungkin buat orang tua A produk ini cocok sekali. Tapi orang tua B merasa tidak cocok. Yang pasti, jangan sampai keliru melangkah ya, karena taruhannya adalah masa depan pendidikan anak.

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.manulife.co.id/sites/default/files/styles/interstitial_phablet/public/Program_Dana_Pendidikan_Produk_Asuransi_Pendidikan_Manulife_Indonesia.png?itok=lV9UNyru
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/684683/big/ilustrasi-properti-rumah-140531-andri.jpg
  • http://images.detik.com/content/2013/08/29/5/124435_35.jpg?w=500&q=90
  • http://1.bp.blogspot.com/-Qw1FwHRXZk0/Vj8cg-pmkMI/AAAAAAAAWOc/uv3rvxBP9gg/s800/Asuransi%2BPendidikan%2B3.jpg

 

Masih banyak lagi dari duitpintar.com